Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition Sisa Satu Unit

    Ini dia unit terakhir Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition. Ada di salah satu showroom di Malaysia dengan kondisi gres masih nol kilometer. Banderolnya 90 ribu ringgit Malaysia atau setara Rp 317 jutaan (1 Ringgit Malaysia = Rp 3.527,17 per 29 Oktober 2020). Bukan hanya edisi terbatas, tapi juga sudah stok terakhir. Pastinya banyak keistimewaan.


    Sesuai tema, pabrikan menggandeng nama pembalap jawara World Superbike Championship. Sejak Ducati berkompetisi di WSBK, mereka terus berusaha untuk menguasai lintasan. Sebagai upaya untuk meningkatkan persaingan di sirkuit, akhirnya mereka menciptakan motor dua silinder V-twin. Kesempatan itu muncul pada 2007 dengan memproduksi Ducati 1098 dan 1098R, yang juga memiliki sebutan “Ten-nine eight” sebagai penerus model 999. Di kelas serupa, kompetitor terberatnya kebanyakan berasal dari pabrikan Jepang seperti Honda CBR1000RR, Yamaha R1, Suzuki GSX-R1000 dan Kawasaki ZX-10R.


    Hasilnya, pabrikan asal Italia ini memenangi ajang Superbike World Championship edisi 2008 dan 2011 dengan model Ducati 1098. Selain itu, di ajang British Superbike Championship musim 2009, mereka juga meraih kemenangan. Secara keseluruhan, Ducati sendiri telah memenangi setidaknya 17 kejuaraan dunia sejak ajang Superbike World Championship dikenalkan pertama kali pada 1988 silam.


    Ducati 1098R Troy Bayliss


    Tidak hanya dibuat khusus untuk balap, Ducati juga merancang 1098R buat kebutuhan jalan raya. Sejak awal muncul, banyak para pecinta kecepatan tertarik untuk meminangnya. Motor berkapasitas 1198,4 cc ini pun didapuk sebagai motor terbaik di kelasnya kala itu. Produk global ini disukai para penggila Ducati karena memiliki bodi yang proposional dan dinamis.


    Bicara mengenai Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition, sebenarnya sudah ada sejak 2009. Peluncuran edisi spesial Ducati 1098R sebagai bentuk perayaan gelar juara dunia World Superbike (WSBK) musim 2008 yang diraih oleh Troy Bayliss. Pembalap asal Australia itu berhasil memenangi kejuaran WorldSBK sebanyak 3 kali bersama Ducati. Untuk menghormati rider yang kini sudah menjadi legenda, model ini hanya diproduksi sebanyak 500 unit dan hingga sekarang tinggal menyisakan satu.


    Antara 1098R standar dengan versi edisi spesial, memiliki beberapa perbedan detail. Paling mencolok tentu saja livery yang terpasang. Kombinasi warnanya serupa dengan motor balap milik Troy Bayliss pada seri terakhir WSBK 2008 di Sirkuit Portimao, Portugal. Motif itu juga terbilang istimewa karena dirancang langsung oleh desainer perlengkapan balap kondang Aldo Drudi. Bercorak yang didominasi warna putih, merah dan biru.


    Ducati 1098R Troy Bayliss


    Bagian Fairing, tangki dan buntut didominasi putih. Di sayap aerodinamisnya diberikan setengah gambar bendera Australia lengkap dengan number plat ‘21’ di tiap sisi dan di atas lampu. Tak lupa juga terpasang identitas 1098R dan Ducati Corse. Sisanya warna merah khas Ducati, yang tentu saja terlihat di bagian rangka, sayap bawah dan di beberapa list bagian bodi. Kombinasi itu sukses membuat tampilan superbike ini lebih atraktif.


    Uniknya, panel instrumen pada Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition dibuat sama dengan versi balap. Panel instrumen tersebut bisa menampilkan spidometer, rpm mesin, temperatur udara dan pendingin, tekanan oli, sampai lap time.


    Ducati 1098 sebenarnya membawa desain yang mengambil basis dari perpaduan seri Ducati 998 dan juga Ducati 999. Termasuk lampu depan berdesain horizontal dan juga exhaust system yang tidak terintegrasi. Motor yang dirancang oleh Giandrea Fabbro (desainer Ducati) ini juga membawa komponen single-sided swing arm yang serupa dengan seri Ducati 998.


    Pada 2009 atau sebelum 1098R Troy Bayliss Limited Edition dirilis, Ducati melakukan penyegaran untuk meningkatkan kinerja kuda besi tersebut. Perubahan utama meliputi upgrade mesin Testastretta Evoluzione V-twin 90 derajat dan fitur Ducati Traction Control untuk penangan motor yang lebih baik.


    Di bagian jantung pacu, motor ini membawa mesin tipe 4-stroke, L-twin cylinder 90 derajat, DOHC, Desmodromic, 4 katup per silinder, berkapasitas 1.099 cc. Dengan modal tersebut, Ducati 1098 mampu meniupkan tenaga maksimal 180 Hp pada putaran 9.750 rpm dan torsi puncak menembus 134 Nm di putaran 8.000 rpm. Untuk penyalur tenaga menggunakan girboks 6-percepatan dengan fitur hidraulic control slipper clutch. (Bgx/Odi)


    Sumber: Top Speed, Bikes Republic

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda