FIRST IMPRESSION: BMW C 400 X, Skutik Super Asik

BMW C 400 X
JAKARTA, 21 Februari 2019 – Tingginya peminat skutik premium dengan kapasitas mesin di atas 300cc, membuat PT Maxindo Moto Nusantara, pemegang merek BMW Motorrad Indonesia, memperkenalkan BMW C 400 X di flagship store BMW Motorrad Indonesia, Jakarta, Sabtu, 16 Februari 2019 kemarin. Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto Nusantara mengatakan skutik mid-size dengan mesin di kisaran 400cc memang tengah naik daun dibandingkan dengan yang bermesin besar. Dengan kata lain peluangnya di pasar Indonesia cukup besar. “Permintaan di pasar Asia tumbuh tinggi. BMW C 400 X merupakan skuter matik dengan fitur-fitur canggih,” kata Joe Fans. Usai perkenalan, jurnalis yang datang – termasuk Motovaganza -- mendapat kesempatan menjajalnya. Rutenya memang pendek, dan kurang bikin puas, yaitu dari markas BMW Motorrad di Fatmawati memutar menuju Cilandak dan kembali lagi. Tapi nggak papalah, setidaknya saya bisa merasakan kenyamanan dan performa motor ini meski singkat. Kualitas C 400 X ini, khas BMW, sangat rapi dan apik. Model ini diimpir langsung dari fasilitas BMW di Lonchin, Cina, yang juga memproduksi F650GS. Desain mid-size scooter ini memang dibuat untuk berkendara di perkotaan – simpel, ringan dan mudah bermanuver. Bodinya lurus dan langsing bahkan dibandingkan model lain seperti Yamaha XMax 400, Suzuki Burgman 400, Kymko Xciting 400i, atau SYM 400i. Bagian depan mirip-mirip BMW GS yang bisa dilihat dari front mudguard dan headlight asimetris dengan full LED dan DRL. Bagian belakangnya ramping sehingga memudahkan saat menghadapi jalanan sempit atau berada di tengah-tengah kemacetan. Bagian depan dilengkapi windscreen yang bisa menahan angin. Tapi windscreen ini paten tidak bisa dinaikkan atau diturunkan. Setelah mengenakan protector lutut dari ROB 1 dan helm, saya duduk di jok C 400 X. Jok empuk dibuat bertingkat sehingga penumpang belakang tidak akan melorot-melorot ke depan. Di sebelahnya terdapat besi untuk pegangan atau mengikat barang. Tinggi tempat duduk 775 mm, sangat pas bagi postur kebanyakan orang Indonesia. Menghidupkan mesin sangat mudah karena sudah menggunakan teknologi Keyless Ride. Anda cukup menekan satu tombol yang berada di bawah handlebar untuk membuat motor stand by. Untuk menghidupkan motor cukup tekan tombol starter di bagian kanan handle bar. Oh ya, tombol yang ada di tengah ini punya banyak fungsi seperti mematikan mesin, mengunci setang, membuka tangki bensin, dan storage compartement. Begitu starter ditekan, mesin menyala. Suara yang dikeluarkan knalpot tidak terlalu besar. Satu fitur inovatif di motor ini adalah penggunaan BMW Motorrad Connectivity. Anda bisa menghubungkan smartphone milik Anda dengan motor dan helm lewat penggunaan Bluetooth. Dihadirkan lewat layar TFT berukuran 6.5 inci yang bisa diatur menggunakan controller di handlebar sebelah kiri. Jadi, Anda bisa mendengarkan musik atau mengetahui rute dengan navigasi. Bahkan jika dikombinasikan dengan BMW Motorrad communication system Anda bisa berkomunikasi dengan pengendara lain atau bahkan melakukan panggilan telpon. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store untuk iOS, maupun Google Play untuk Android. https://youtu.be/0u7VqXw7pfU Ketika mulai keluar ke jalan, mesin satu silinder berkapasitas 350cc yang dipasang pada C 400 X terasa cukup responsif. Mesin ini disebut BMW mampu menghasilkan tenaga 34 hp (25 kW) pada 7500 rpm dan torsi 35 Nm pada 6000 rpm. Namun penggunaan transmisi CVT (continous variable transmission) memang membuat tuas gas harus ‘diurut’ untuk mengeluarkan tenaga. BMW menyebut motor ini mampu melakukan sprint 0-100 km/jam dalam 9.5 detik. Sedangkan maximum speed mencapai 149 km/jam. Jalanan yang cukup ramai pagi tersebut membaut Motovaganza harus berhati-hati. Sempat mendapat ruang kosong, tuas gas dipuntir dalam-dalam. Speedometer dengan cepat mencatat angka 121 km/jam, pengendaliannya stabil. Dengan bobot 204 kg atau 6 kg lebih ringan dibandingkan Yamaha XMax, membuat motor ini cukup mudah dikendalikan di jalan sehingga kita tidak merasa tengah membawa motor berukuran ‘besar’. Kenyamanannya ditunjang swingarm yang tingkat keempukannya pas. Tidak terlalu keras ketika berada di jalanan bergelombang. Sistem pengereman C 400 X sudah dilengkapi dengan ABS and Automatic Stability Control (ASC). Rem Bybre (ByBrembo) caliper dikombinasikan dengan disk berukuran besar sangat mumpuni. Saat dikendari di kecepatan 100 km/jam, kemampuannya menghetikan laju motor sangat baik. Two-channel Continental ABS bekerja dengan baik, apalagi velg – 14 inci di depan dan 15 inci di belakang – dengan ban bertapak lebar membuat kontak dengan permukaan aspal tetap terjaga. Oh ya, ada satu fitur lagi yang menarik yaitu bagasi yang sudah dilengkapi dengan Flex Case. Saat Anda membuka bagasi, Anda akan mendapatkan ruang panjang tepat di bawa jok. Di bagian depan bisa memuat helm half face. Nah menariknya, di bagian belakang bisa diperlebar sehingga muat helm full face. Rahasianya, di bagian bawah belakang ada soft case yang bisa diturunkan sehingga mendapatkan bagasi lebih besar. Tapi Flex Case ini berfungsi saat berhenti saja. Jika digunakan, maka motor tidak bisa dihidupkan. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan yaitu Zenith Blue Metallic, Alpine White dan Black Storm. Sedangkan untuk harga dijual Rp 259.000.000 off the road Jakarta. RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Anjar Leksana . 14 Jul, 2025
  • Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • MotoGP Jerman 2025: Marc Marquez Menang Mudah dan Selebrasi Aura Farming
    MotoGP Jerman 2025: Marc Marquez Menang Mudah dan Selebrasi Aura Farming
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025