GIIAS 2021: 4 Motor Baru Paling Menyita Perhatian

Suzuki Gixxer SF 250

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 diikuti 6 merek sepeda motor. Terdiri dari Honda, Benelli, SYM, SM Sport, WMoto dan CF Moto. Beberapa diantaranya mengeluarkan produk baru. Setidaknya ada 4 model motor terbaru yang meluncur. Sontak menjadi perhatian para pengunjung. Berikut Pilihannya

 

Honda New CB150X

Honda CB150X design

CB150X berstatus world premier dan merupakan motor sport adventure turing 150 cc pertama di Indonesia. Ia dijual dengan kisaran harga Rp32 juta hingga Rp35 juta. Desain adventure touring mirip CB500X, terutama bentuk area tangki bahan bakar yang menyatu dengan shroud, membuatnya tampil sangat gagah. Bagian tata cahaya lampu bagian depan, belakang, dan lampu sein telah menggunakan teknologi All LED Lighting System yang modern.

Ia dibekali mesin 150 cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan. Didukung sistem pembakaran injeksi PGM-FI, menjadikan model ini ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

CB150X Dibekali beragam fitur penunjang petualangan. Seperti windscreen berukuran tinggi untuk menahan terpaan angin dari depan. Selain itu, bisa memberi perlindungan dari debu atau kerikil saat berkendara. Kemudian posisi setang dirancang lebih tinggi dan berprofil lebar. Begitu pula risernya yang mengarah ke pengendara. Membuat badan rider jadi lebih tegak dan rileks saat berkendara, dan gaya ini tentunya ideal untuk perjalanan jauh.

Pabrikan menyematkan undercowl atau engine guard yang menutupi banyak sekali bagian mesin depan dan bawah. Lalu Kaki depan, menggunakan skema suspensi upside down. Agar lebih mewah, tabung suspensi berdiameter 37 mm disepuh kelir emas. Fork ini juga diberi travel yang panjang. Selain tampak gagah, penambahan jarak main suspensi membuatnya lebih nyaman saat melibas beragam kontur jalan. Otomatis membuat ground clearance CB150X lebih tinggi, yaitu 181 mm.

Untuk kemudahan berkendara, panel meter sudah full digital. Desainnya futuristik dan ringkas serta punya visibilitas yang sangat baik. Isinya lengkap, semacam speedometer, tachometer, indikator bahan bakar dan indikator posisi gear.

Walau banderol resminya belum ditetapkan, AHM menyatakan sudah membuka keran pemesanan untuknya. Menurut tenaga penjual di sana, untuk tanda jadi New CB150X cukup setor Rp1 juta. Artinya, hanya dengan uang segitu sudah bisa memboyongnya. Tapi buat delivery unit, kemungkinan baru tersedia di minggu kedua Desember 2021.

 

Suzuki Gixxer SF 250

Gixxer SOHC engine

Produk kedua yang menyedot perhatian pengunjung GIIAS 2021 adalah Suzuki Gixxer SF 250. Sebetulnya sudah meluncur duluan sebelum pameran dimulai. Namun kemunculannya di pameran ini tetap menarik perhatian. Menurut Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, motor ini sudah bisa langsung dipesan dengan harga Rp49.300.000 (on the road DKI Jakarta). Tersedia pilihan warna Triton Blue/Silver (100th Year Anniversary Edition), dan Metallic Triton Blue dan Metallic Matte Black.

Gixxer SF 250 mewarisi DNA GSX-R dan Hayabusa. Menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan tampilan premium dan eksklusif. Motor ini masuk ke dalam segmen motor sport touring, dan tetap mengedepankan unsur sporty. Lampu depan terlihat sipit dan agresif. Bentuk fairing samping cukup menarik perhatian dan mengimpretasikan aerodinamika.

Sementara di belakang, pakai stoplamp minimalis. Lantaran posisinya sebagai sport touring, hadir sebuah behel tanduk untuk pegangan tangan pembonceng maupun memudahkan pengendara ketika menggeser kendaraan. Secara keseluruhan, tampilan motor ini tak berbeda dengan unit yang diniagakan di India. Bahkan masih hadir komponen mudguard (spakbor ban).

Dari sisi fitur, Gixxer SF 250 sudah dibenamkan penerangan LED di depan, dan LED di lampu belakang. Namun untuk sinyal belok masih menggunakan tipe bohlam konvensional. Bagian kokpitnya diisi dengan panel meter full digital. Informasi tentang kondisi motor tampak jelas. Seperti speedometer, tachometer, posisi gigi, indikator fitur, indikator lampu, dan sebagainya. Lebih lanjut sudah dibekali fitur keamanan ABS (Anti-lock Braking System) yang sudah terintegrasi di seluruh roda.

Secara umum, Suzuki Gixxer SF 250 punya bentuk tubuh kompak. Memiliki panjang 2.010 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.035 mm, ground clearance 165 mm. Sementara untuk bobot mencapai 161 kg dengan volume tangki BBM mencapai 15 liter.

Untuk kenyamanan pengendara dan penumpang, Suzuki menyematkan Split Seat yang empuk dan nyaman. Lalu untuk menunjang tampilan sport touring, diberikan Clip-on Handle Bar yang membantu posisi berkendara lebih ergonomis.

Jantung mekanisnya berkubikasi 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah injeksi. Klaim pabrikan, ia mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 25,6 PS pada 9.000 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Beda dari motor sport lain, tipe enjin SOHC. Selain itu, ia juga tak dibekali dengan sistem pendinginan radiator. Namun pabrikan menggantinya dengan pendingin oli atau yang mereka sebut sebagai Suzuki Oil Cooling System (SOCS). Teknologi ini dipercaya memberikan impresi performa dan durabilitas tinggi. Membuat total bobot mesin menjadi lebih ringan, sehingga berpengaruh pada kemampuan manuver yang mudah bahkan pada kecepatan tinggi.

Dari lembar spesifikasi, Gixxer SF 250 dibekali dengan suspensi depan berjenis teleskopik dan ban ukuran 110/70 ring 17. Sementara di belakang menggunakan suspensi tunggal-swing arm dengan profil ban 150/60 ring 17.

 

Benelli Keeway SCR 250V

Keeway SCR250

Produk baru selanjutnya ada Keeway SCR (Scrambler) 250V. Bagi yang belum tahu, merek motor ini sudah resmi dinaungi Benelli Motor Indonesia (BMI) sejak tahun lalu. Model anyar ini diniagakan seharga Rp57,3 juta on the road (OTR) DKI Jakarta dan sudah mengacu pada NIK dan NJKB tahun 2022. Meski sudah meluncur di GIIAS 2021, unitnya saat ini belum tersedia di diler dan baru tersedia di pasar mulai Februari 2022.

Secara visual, Keeway SCR250V mengadopsi gaya Scrambler. Pakai lampu bulat, setang fatbar, tangki bensin besar, dan jok rata yang memiliki tekstur. Sistem penerangan headlamp masih mengandalkan bohlam konvensional. Pun untuk lampu belakang dan penanda sein yang masih pakai jenis halogen biasa. Mungkin saja alasan tak mengaplikasikan LED untuk memenuhi gaya klasiknya.

Keeway SCR250V dibekali mesin 250 cc, V-Engine (2-silinder), SOHC, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi. Dipadukan dengan transmisi 5 kecepatan dengan asupan bahan bakar sistem injeksi. Racikan mesinnya mampu menghempaskan tenaga maksimal sampai 16,7 daya kuda pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 17 Nm di puntiran mesin 5.500 rpm. Enjin ini masih satu platform dengan Keeway V250 Fi yang sudah meluncur di Oktober 2020. Dari data teknis, tak ada perbedaan output sedikitpun, bahkan bore x stroke (49x66 mm) dan racikan kompresi sama, di 10:1.

Untuk rancang kaki-kakinya, motor ini mengaplikasikan peredam kejut tipe teleskopik di depan dan suspensi monoshock di bagian belakangnya. Kedua roda dipasangi velg tipe jari-jari serta ban dengan ukuran belang yakni 100/80 ring 17 dan 130/90 ring 15. Pabrikan juga menyematkan peranti keamanan dual ABS (Anti-lock Braking System).

Keeway SCR 250V ditawarkan dalam tiga pilihan warna: Dynamic Silver, Cool Black, dan Passionate Orange. Untuk diketahui, varian Keeway SCR 250V merupakan produk global dari Keeway International. Untuk pasar Asia Tenggara, Indonesia dipercaya sebagai negara pertama yang melakukan distribusi untuk varian ini.

 

 WMoto Neutron

WMoto Neutron

Tak hanya motor konvensional saja, di GIIAS 2021 juga kedatangan skuter listrik WMoto Neutron. WMoto merupakan merek asal Malaysia yang kini di pegang oleh PT Mforce Indonesia. Sudah bisa dipesan konsumen dengan tanda jadi Rp500 ribu saja. Dijanjikan unit tiba di garasi pembeli pada Januari atau Februari 2022 mendatang.

Unit WMoto Neutron mengusung konsep skuter modern minimalis. Bagian depan punya wujud membulat dengan tampilan headlight menyerupai segitiga. Headlight sudah mengusung teknologi LED, pun untuk lampu belakang, dan penanda sein-nya.

Melihat dari samping, bentuknya juga menarik, tak banyak tarikan garis tegas sesuai konsepnya. Mundur ke buritan, spot ini yang paling dijual. Dia punya bentuk menyerupai motor Vespa namun tampil lebih modern.

Skuter bebas polusi ini dibekali dinamo listrik berkapasitas 1.200 watt dan ditanamkan baterai berdaya 72 Volt 20 Ah. Tipe baterainya menggunakan model Gripen yang berisikan 6 slot baterai. Komponen itu diklaim lebih unggul ketimbang Lithium-Ion. Terletak di bawah dek atau foot rest-nya.

Selain pencahayaan full LED, WMoto Neutron juga mengaplikasikan panel meter jenis digital LCD. Menampilkan beberapa informasi penting dari kendaraan, salah satunya adalah indikator daya baterai. Efek baterai yang diletakkan di bawah dek, ia memiliki kapasitas bagasi besar. Bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan yang cukup banyak. Selebihnya, sama seperti motor listrik kebanyakan, Neutoron dilengkapi juga dengan fitur Ride Mode sampai 3 tingkatan yang mempengaruhi kecepatan larinya.

WMoto Neutron mampu menjelajah sampai 60 kilometer dalam keadaan baterai terisi penuh. Durasi mengisi ulang sekira 8 jam dari kondisi nol. Harga skuter niremisi ini dibanderol Rp18.800.000. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Mejeng di GIIAS 2021, Begini Impresi Pertama Suzuki Gixxer SF 250

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang