Honda Brio Urbanite Edition, Varian Sporty Mengambil Tema Small RS Concept

PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung tancap gas mengeluarkan tiga produk sekaligus. Paling penting adalah model terlaris mereka saat ini. Tanpa ada spekulasi apapun, Honda memberikan varian baru untuk Brio. Bernama Brio RS Urbanite Edition dengan penampilan paling sporty yang bakal memikat kaum muda.


“New Honda Brio RS Urbanite Edition terinspirasi dari gaya hidup anak muda modern yang ekspresif, stylish dan tentunya up to date. Jadi merupakan suatu model yang paling sporty dari seluruh jajaran di line up Honda Brio kami,” papar Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy pada kesempatan konferensi pers digital (18/2/2021).


Boleh dibilang RS Urbanite Edition merupakan bumbu tambahan pada varian yang paling terasa sporty di keluarganya. Rasa itu pun jelas semakin kuat di Urbanite Edition. Salah satu elemennya berupa eksekusi perhiasan ekstra di sekujur tubuh. Misal di fasad depan, wajah agresif RS dengan permainan trim grille hitam dan aksen honeycomb diramaikan spoiler tambahan berkelir hitam di sisi terbawah. Ditempel utuh berlanjut hingga membingkai area apron. Terlihat lebih berhasrat –atau setidaknya bersolek – untuk menjadi pembalap dari lahir.


harga honda brio urbanite


Tapi tak hanya itu, perhiasannya terus berlanjut hingga ke belakang. Di area samping, ditemui keberadaan side skirt hitam menjembatani kedua roda. Dari foto, desain tidak terlalu gondrong dan cenderung mirip model RS hanya saja dikelir hitam. Baru ketika melirik buritan, ornamen bokong dibuat benar-benar berbeda dan lebih sibuk. Berwujud seperti diffuser agresif dengan hiasan rongga plus bezel perak di sisi terluar.


Lalu, penyesuaian edisi istimewa berlanjut ke seleksi warna dan aksen tubuh. Jika sebelumnya opsi two tone hanya tersedia dalam perpaduan Phoenix Orange, kini Carnival Yellow juga kebagian atap hitam. Itu juga merupakan opsi warna pada Urbanite Edition. Di samping itu, penegas dwiwarna ikut berlanjut ke batok spion serta handle pintu.


Jika diingat kembali, seluruh eksekusi terlihat begitu mirip rancangan Honda Small RS Concept. Sempat dipamerkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2018. Kuat terasa pada aplikasi bodikit. Andai fender dan bonnet ikut dillubangi dan kemudian ditempel roof spoiler agresif, kurang mirip apa lagi?


Meski begitu, eksekusi Brio RS Urbanite Edition sebatas dandanan. Secara fitur, seluruh komponen identik dengan model RS standar. Misal di lampu depan, tetap tertanam unit pendar halogen dengan pancaran sinar via reflektor. Di belakang, lampu rem ketiga pada spoiler sudah memanfaatkan unit LED. Pun secara dimensi, dipastikan Brio Urbanite Edition tetap menawarkan kabin lapang dalam paket tubuh kompak.


Brio urbanite edition


Dalam kabin, diferensiasi Honda Brio RS terletak di sisi material dan aksen warna. Memainkan dominasi warna hitam dengan detail oranye. Ditemukan pada jahitan material serta lis penghias dasbor. Soal fitur pasti paling lengkap di keluarganya, Contoh sarana hiburan, menganut sistem infotainment touchscreen 6,2 inci lengkap USB, AUX, dan Bluetooth. Kontrol audio dan telepon dapat terlaksana lewat palang setir. Telinga pun lantas dimanja oleh keberadaan tweeter. Di samping itu, panel AC digital ditugaskan sebagai alat pengatur suhu dengan sensasi modern.


Tingkat keselamatan penumpang tetap sama. Mengandalkan rangka G-CON +ACE dengan perlindungan kabin berupa Dual SRS Airbag. Penjaga lain selama berkendara diisi oleh peranti pengereman ABS+EBD. Juga tidak berubah adalah potensi memacu. Tapi tidak perlu kecewa sebab di kelasnya, enjin Brio merupakan unit yang unggul. Tertanam jantung empat silinder 1.200 cc SOHC 16 Katup i-VTEC. Sanggup melontarkan tenaga sekuat 90 PS di 6.000 rpm dan diawali dorongan akselerasi 110 Nm di 4.800 rpm.


HPM belum merilis harga Brio RS Urbanite Edition. Produksi dan pengiriman sendiri disebut baru berlangsung Maret. Kendati begitu, diekspektasikan lebih tinggi dari Brio RS yang kini sudah tembus Rp 200 juta. Sebagai gambaran, Honda Brio RS standar diberi label Rp 188,5 - Rp 204 juta tergantung transmisi (manual atau otomatis CVT). (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Honda Brio

Tampak Depan Bawah Honda Brio
Honda Brio Rp 148,4 - Rp 202,2 Juta Cicilan Mulai : Rp 3,39 Juta
Lihat Promo