Honda CB1100 Series Edisi Salam Perpisahan Diproduksi Terbatas

Honda CB1100 EX RS

Honda bakal mengakhiri kiprah CB1100 Series. Informasi itu terkuak setelah twitter resmi mereka memposting salam perpisahan. Menggambarkan pengendara sedang mendorong CB1100 EX keluar dari garasi. Lalu ditambah teks “CB1100 EX/CB1100 RS Final Edition Coming soon”.

Benar saja, untuk mengakhiri itu semua Honda mengeluarkan CB1100 series 2022 Final Edition. Terdiri dari CB1100 EX dan CB1100 RS. Keduanya bakal menjadi unit terakhir mesin empat silinder berpendingin udara dari pabrikan ‘sayap kepak’. Honda Taiwan pun juga resmi mengumumkan Honda CB1100 RS Final Edition 2021. Kembali menegaskan berakhirnya era mesin berpendingin udara berkapasitas besar, yang tidak lagi memenuhi berbagai persyaratan emisi di pasar di seluruh dunia. Sementara untuk Honda Jepang baru resmi merilis pada 8 Oktober 2021 dan mulai tersedia di diler 28 Oktober 2021.

Honda CB1100 Series Final Edition

Lantaran regulasi emisi ketat di Eropa dan Amerika Serikat, Jepang menjadi negara terakhir untuk CB1100 series. Pihaknya mengatakan bahwa pemesanan untuk model Final Edition ditutup pada 30 November, dan mungkin lebih awal jika permintaan tidak sesuai harapan. Secara total, perusahaan berencana hanya membuat 1.600 unit.

Versi EX mendapat dua skema warna, Candy Chromosphere Red yang menggunakan warna merah tua, dan Darkness Black Metallic dengan menonjolkan tampilan dasarnya. Pada tangkinya diberikan list retro. Fender depan dan belakang berlapis krom untuk meningkatkan kesan tradisional. Khusus di tipe ini menggunakan pelek model ruji.

Baca Juga: Honda CB500 Series Model 2022 Dapat Perubahan Suspensi

 

Honda CB1100 Series Final Edition

CB1100 RS Final Edition hadir dalam dua warna yang melengkapi gaya naked sport. Matte Jeans Blue Metallic yang memiliki kesan modern dengan memadukan jok berwarna cokelat dan velg depan serta belakang berkelir cokelat keemasan. Lalu ada Magna Red menggunakan kombinasi jok hitam dengan kedua roda dicat sama.

Perbedaan antara keduanya tampak di ukuran roda, model stang, shock ganda belakang, serta warna di beberapa komponen. EX lebih mencerminkan kesan klasik, sedang RS kental dengan nuansa modern. Buat komponennya masing-masing punya bekal yang sama. Rem radial Tokico, swingarm alloy, suspensi Showa dan semua versi memiliki stiker 'Edisi Terakhir' di atas tangki bahan bakar dan grafis baru.

Honda CB1100 Series Final Edition

Sementara buat jantung mekanis mengandalkan enjin 1.140 cc DOHC, 4-tak, 4-katup, 4-silinder segaris dan mengusung teknologi injeksi PGM-Fi. Ia mampu memberikan tenaga maksimum 88 Hp/7.500 rpm dan torsi 91 Nm/5.500 rpm. Powernya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan.

Honda CB1100 EX Final Edition dibanderol 1.362.900 yen (Rp170 jutaan). Sementara RS Final Edition 1.403.600 yen (Rp175 jutaan). Kedua harga itu belum termasuk pajak atau off the road di Jepang. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: AHM Beri Penyegaran Honda CB500X, Harga Kini Mendekati Brio RS CVT

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
    AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
    New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
    Zenuar Yoga . 03 Apr, 2024
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Promo Ramadan, Diler Motor Honda Ini Kasih Diskon hingga Rp5 Jutaan
    Anjar Leksana . 14 Mar, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
    Zenuar Yoga . 03 Agu, 2023
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
  • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
    Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022