Honda CB300F Resmi Meluncur, Street Fighter Perawakan Tangguh

Honda CB300F

Sebelumnya Honda global telah meluncurkan CB300R yang secara tampilan lebih mengarah pada motor sport retro. Kali ini, Honda motor India melepas produk anyar di segmen naked sport kelas menengah dengan meluncurkan CB300F. Honda menyebut CB300F sebagai motor Advanced Street Fighter. Sementara huruf F di bagian belakang memiliki singkatan dari Formidable yang artinya tangguh bisa diandalkan di berbagai medan.

KEY TAKEAWAYS

  • Honda CB300F Meluncur di India

    Berbekal sassis dan mesin yang berbeda dengan CB300R di pasar global
  • Honda CB300F ditawarkan dengan harga Rs 2,26 lakh atau Rp42,3 juta buat varian standar dan Rs 2,29 lakh atau Rp42,8 juta untuk varian tertinggi. Lantas apa saja keistimewaan CB300F? Selengkapnya di bawah ini.

    Desain

    Dari sektor tampilan, boleh dibilang visual yang diusung oleh CB300F sesuai dengan selera konsumen Indonesia. Dia punya banyak tarikan garis tegas dengan beberapa spot bodi yang meruncing. Desainnya mengambil inspirasi dari sang kakak motor gede (moge) Honda CB500F, pakai headlamp LED V shape berbentuk tajam dengan desain shroud bodi samping yang sporty.

    Honda CB300F

    Kemudian bagian tangki BBM dilapisi agar dimensinya membesar dan terlihat kekar. Bagian samping motor ini terlihat ramping dengan jok terpisah dan di sisi buritan pakai behel tanduk yang memperkuat identitas tangguhnya.

    Kedua pelek sudah dibekali ukuran 17 inci yang desain palang-nya mirip dengan kepunyaan CB150R Street Fire di pasar domestik. Visual paling mencolok dan sukses membuat tampilannya makin macho berkat penggunaan suspensi depan berjenis inverted alias upside down. Dengan kelir emas yang khas dan diameter yang cukup besar.

    Baca juga: Bebek Mungil Unik Honda ST125 Dax Mengaspal di Indonesia

    Fitur

    Untuk bersaing di segmen motor sport naked kelas menengah, CB300F dibekali perlengkapan memadai. Selain dibenamkan lampu full LED, juga sudah mengadopsi panel meter full digital yang berisi informasi rpm, speedometer, posisi gigi, jam, indikator bensin, konsumsi BBM, hingga yang lainnya. Motor ini juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth smartphone Honda yang memungkinkan pemilik bisa memantau segala informasi penting soal kendaraan dari layar gawai saja.

    Sektor keselamatan juga andal, roda depan dan belakang sudah tersemat dengan sensor ABS (Anti-lock Braking System) yang kemudian dipadu peranti kontrol traksi HSTC (Honda Selectable Torque Control).

    Honda CB300F

    Rancang Bangun

    Uniknya meski memiliki kapasitas mesin yang serupa dengan CB300R, ternyata versi CB300F dibekali dengan sasis pengembangan baru dari Honda yang diklaim lebih rigid dan memiliki keseimbangan yang baik.

    Suspensi upside down didepan kemudian dikawinkan dengan suspensi belakang jenis monoshock yang sudah memiliki opsi pengaturan pre-load 5 tingkatan. Kelebihannya pemilik bisa mengatur sesuai kebutuhan dan kondisi jalan yang dilalui.

    Pelek racing 17 inci di Honda CB300F dibalut dengan ban berukuran 110 per 70 di depan dan 150 per 60 di belakang. Sementara cakram rem depan pakai ukuran 276 mm dengan kaliper besutan dari Nissin.

    Spesifikasi

    Mesin yang digunakan juga ternyata berbeda dengan CB300R. Di India motor ini menggunakan enjin 1-silinder berkubikasi 393,5 cc, 4-katup, DOHC, pendingin oli, dan berpengabut injeksi. Rancang mesin itu mampu memproduksi tenaga maksimal 24,5 hp dan torsi puncak di 25,6 Nm. Outputnya lebih rendah jika dibandingkan dengan CB300R yang punya tenaga 31,1 hp dan torsi 27,5 Nm.

    Honda CB300F

    Tenaga dan torsi yang dimiliki CB300F pasar India kemudian didistribusikan pada transmisi manual 6-percepatan yang sudah berbekal dengan teknologi assist slipper clutch. Fungsinya peranti ini untuk mencegah roda belakang tergelincir atau selip ketika pengendara melakukan engine brake dan membuat tuas kopling jadi lebih enteng.

    Lantas seberapa besar peluangnya untuk masuk pasar Indonesia? Sejauh ini belum ada tanda-tanda Astra Honda Motor (AHM) ingin meniagakannya di pasar domestik. Sebab dari keseluruhan portofolio mereka di kelas sport menengah hanya menawarkan produk dengan kapasitas mesin 250 cc. Selain pertimbangan isi kubikasi, layout mesin yang hanya mengusung 1-silinder rasanya cukup sulit buat motor ini bertarung di market dalam negeri. (Kit/Tom)

    Sumber: Autocar India

    Baca juga: Royal Enfield Hunter 350 Meluncur di Thailand

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test