Bebek Mungil Unik Honda ST125 Dax Mengaspal di Indonesia

Honda ST125 Dax

 

KEY TAKEAWAYS

  • Ukuran Honda ST125 Dax sangat mini

    Panjangnya 1.761 mm, lebar 762 mm, dan tinggi 1.019 mm. Jarak sumbu rodanya diset di 1.198 mm, ground clearance 178 mm, dan tinggi jok 778 mm
  • Bertambah lagi portofolio motor ikonik dalam jajaran line-up PT Astra Honda Motor (AHM). Kali ini publik Tanah Air bisa memiliki Honda ST125 Dax. Harganya fantastis, menyentuh Rp81,75 juta on the road Jakarta.

    President Director PT AHM Keiichi Yasuda mengatakan. Honda ST125 Dax tetap mempertahankan DNA layaknya pada generasi pertama di 1969. Motor ini juga akan dibawa serta dipajang di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11 hingga 21 Agustus 2022.

    "Kami menghadirkan Honda ST125 Dax yang ikonik dan memberikan sensasi nostalgia. Model ini memiliki daya pikat tersendiri sebagai bagian dari gaya hidup dan hobi bagi pecinta sepeda motor di Indonesia. Secara spesial, kami hadirkan produk ini secara perdana pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, dan kami mengajak Anda hadir di sana untuk melihat serta menjawab rasa penasaran terhadap produk ikonik ini," ungkap Yasuda dalam keterangan resmi yang OTO.com terima.

    Honda ST125 Dax membawa konsep yang disebut pabrikan sebagai 'iconic leisure bike. Mengusung visual khas seperti generasi pertamanya menggunakan rangka unik T-shape. Aura klasiknya sengaja dibuat kental, seluruh sistem penerangan pakai bentuk membulat di sisi depan, belakang, dan penanda sein. Hal yang menarik lainnya adalah penggunaan tangki bensin yang dipasang secara internal.

    Kemudian layout penempatan knalpot juga dibuat menjuntai ke atas mirip Honda CT125. Desain knalpot sukses membuat visual dari motor bebek ini lebih menggoda mata.

    Keseluruhan motor ini membawa bentuk tubuh mungil, mirip-mirip dengan Honda Monkey. Honda ST125 Dax memiliki panjang 1.761 mm, lebar 762 mm, dan tinggi 1.019 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya diset di 1.198 mm, ground clearance 178 mm, dan tinggi jok 778 mm. Adapun untuk berat kering tanpa cairan berada di 107 kilogram.

    Baca Juga: Honda Monkey x One Piece Limited Edition, Hanya 300 Unit

     

    Honda ST125 Dax

    Untuk sistem kaki-kaki, di depan dibekali dengan suspensi berjenis upsidedown garapan Showa berdiameter 31 mm. Sementara belakangnya menggunakan model ganda yang sudah mendukung pengaturan pre-load.

    Kedua pelek mengemas ukuran mini berukuran 12 inci, di depan dikawal dengan profil ban 120 per 70 dan di belakang pakai ban ukuran 130 per 70. Untuk memaksimalkan penggunaan semua ban sudah pakai tipe tubeless.

    Untuk kelengkapan fitur, selain sudah berbekal penerangan full LED, motor bebek ini juga disematkan digital panel meter dengan negatif display yang memberikan kesan sederhana namun tetap informatif,

    Guna menunjang sisi keselamatan, roda bagian depan sudah tersemat dengan sensor ABS (Anti-lock Braking System) dengan Inertial Measurement Unit (IMUT) untuk mencegah ban belakang terangkat ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.

    Honda Dax dipersenjatai mesin 125 cc, SOHC, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi. Di atas kerta rancang jantung pacu ini mampu menghempaskan tenaga maksimal 6,6 kW atau setara 8.8 daya kuda pada 7.000 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di 5.000 rpm.

    Output mesin tersebut kemudian disalurkan lewat transmisi manual 4-percepatan. Untuk mengimbangi performanya, roda depan disematkan dengan cakram tunggal berukuran 220 mm dan 190 mm di roda belakang. (Kit/Odi)

     

    Baca Juga:  Honda Super Cub 110 Pro, Unik dan Lucu Karena Dibekali Keranjang

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test