Honda City Hatchback Makin Tercium Kehadirannya

2021 Honda City Hatchback

Sebelumnya PT Honda Prospect Motor (HPM) pernah memberi sinyal. Kata mereka karakter City Hatchback cocok untuk market sini. Lalu indikasi makin kuat saat harga sebelum pajak tertera di database NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Samsat DKI Jakarta. Apakah benar menggantikan Honda Jazz

Melansir informasi NJKB Samsat DKI Jakarta, tercantum nama City Hatchback dalam trim RS. Dua opsi transmisi tersedia dengan nilai jual mulai dari Rp 213 juta untuk transmisi manual dan Rp 221 juta untuk CVT. Perlu diingat, nominal ini belum termasuk komponen perpajakan dan marjin keuntungan. Sulit untuk diketahui pasti berapa harganya. Kendati begitu, diprediksi bakal lebih mahal ketimbang Jazz GK5.

Pasalnya kala membandingkan dengan Jazz RS CVT, NJKB City Hatchback RS CVT lebih tinggi Rp 5 juta. Sementara itu, model MT berselisih Rp 4 juta. Dengan asumsi segala komponen penentu harga sama, boleh jadi si hatchback terbaru ini dibanderol mulai dari Rp 286,3 juta untuk tipe transmisi manual dan Rp 297,5 juta di Jakarta. Mungkin lebih tinggi hingga menembus Rp 300 juta, mungkin juga kurang. Yang jelas semua ini berdasarkan asumsi, kepastiannya dapat kita tunggu nanti ketika sudah resmi mengaspal.

Baca Juga: Spy Shot Honda Civic Hatchback, Perlihatkan Bokong Fastback

Satu informasi lain bisa dikail dari database. Besar kemungkinan kita tidak kebagian pemacu 1,0 liter tiga silinder dengan sokongan pemadat udara berbasis tekanan gas buang alias turbo. Memang unit itu menjanjikan ekstraksi berlimpah hingga 122 PS dan torsi puncak 173 Nm. Menyalurkan daya ke roda depan via transmisi CVT seperti di Thailand. Bisa jadi pilihan itu disingkirkan lantaran takut terganggu paradigma payah dan kurang halus dari mesin seliter tiga silinder.

Entah sudah menjadi keputusan final atau belum, mungkin akan ada opsi lain ditambahkan belakangan. Tapi jangan terlalu banyak berharap juga, setidaknya kemampuan mesin tidak akan jauh lebih payah. Pasalnya, tertanam unit 1,5 liter DOHC i-VTEC 16 katup naturally aspirated. Gambaran kemampuannya dapat mengacu City generasi teranyar di Malaysia. Disiapkan ekstraksi sekuat 121 PS di putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.300 rpm. Melirik data ini, ada penyempurnaan kekuatan dari Jazz GK5 lewat tambahan 1 PS dan capaian puncak kekuatan memuntir 300 rpm lebih rendah.

2021 Honda City Hatchback

Nama RS sendiri mengindikasikan varian dengan kelengkapan paling komplet. Pasar Negeri Gajah Putih boleh dijadikan acuan. Misal urusan lenggokan, di luar ia menegaskan kesan sporty lewan perhiasan seperti grille hitam mengilap hingga desain bumper spesifik RS. Begitu pula di buritan, kesan sporty dipancarkan spoiler dan ornamen dekorasi hitam bak diffuser. Sumber penerangan LED menjabat di lampu utama, DRL, dan lampu kombinasi belakang. Tak hanya itu, tersemat pula akses smart key yang kini tampaknya bukan lagi sebuah barang mewah.

Dalam kabin, varian RS menegaskan kasta dan karakter lewat pemanfaatan material. Mengusung kombinasi antara fabric, suede, dan leather hitam yang dihiasi jahitan merah. Fitur mewah seperti cruise control, automatic climate control, dan one push ignition system bisa dinikmati. Ada pula fitur khusus RS berupa paddle shifter.

Baca Juga: Dongfeng Honda Akan Rilis XR-V Model 2021

Urusan kebutuhan hiburan masa kini dipenuhi oleh head unit 8 inci berisi konektivitas smartphone. Dari data spesifikasi Thailand disebutkan hanya support Apple CarPlay dan asisten suara Siri. Belum diketahui akan ada penyesuaian lewat penambahan fungsi Android Auto atau tidak. Tapi yang jelas ada peluang untuk mengusung 8 speaker untuk memanjakan telinga.

Besar harapan ia dibekali fitur keselamatan paling komplet. Sudah seharusnya APM tetapkan standar keselamatan tinggi dalam produknya. Di Thailand saja dual airbag plus bantalan udara samping depan sudah menjadi standar sementara trim RS kebagian ekstra curtain airbag. Di samping itu, sokongan berkendara berupa Vehicle Stability Assist (VSA) hingga Hill Start Assist (HSA) turut melindungi – bukan ABS dan EBD saja.

Memang kita sama sekali belum kebagian City 5th gen dalam format apapun. Nameplate City sendiri berpotensi mengisi berbagai segmen sebab tersedia model sedan, hatchback, dan hybrid. Akankah semua versi itu diluncurkan? Kita tunggu saja, minimal sudah diketahui model hatchback berpeluang membuka pintu regenerasi keluarga City. Kemunculan info NJKB menjadi pertanda bahwa momen itu semakin dekat. (Krm/Odi)

Baca Juga: Honda Prospect Motor Beri Sinyal Kehadiran City Hatchback

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang