Hyryder, Nama Kompak SUV Toyota Calon Pesaing Hyundai Creta dan Kia Seltos

SUV Toyota-Suzuki

 

KEY TAKEAWAYS

  • SUV anyar ini akan dibangun memakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture)

    Berukuran kompak untuk menjadikannya rival terdekat Hyundai Creta dan Kia Seltos
  • Demi bertarung di lahan SUV kompak. Suzuki dan Toyota kerja bareng ciptakan model baru bagi pasar India. Nomenklatur produk Toyota dengan kode D22 pun terkuak. Sumber Cardekho, yang juga merupakan kolega Zigwheels Indonesia, mengkonfirmasi pemakaian nama Hyryder. Mobil ini dijadwalkan untuk debut perdana pada Juni 2022. Sekaligus mengibarkan bendera perang ke lawan seperti Hyundai Creta, Kia Seltos dan VW Taigun.

    Kedatangan Hyryder menandai masuknya merek Jepang yang telah lama dinanti. Sebelumnya SUV ini telah banyak beredar dan melakoni serangkaian uji coba untuk penyempurnaan. Tetapi selalu memakai jubah kamuflase tebal. Toyota kemungkinan besar menawarkan pemacu hybrid kuat. Kemudian harus menawarkan kombinasi peningkatan kinerja dan efisiensi, agar sanggup bertarung dengan powertrain diesel dan induksi turbocharged dari para pesaingnya.

    Raksasa otomotif Jepang itu, telah mengumumkan investasi besar di India. Termasuk pula rencana lokalisasi komponen hybrid dan platform global nan kompak. Sehingga hal ini memastikan bahwa SUV hybrid dapat memiliki harga jual di pasar kompetitif. Bahkan dapat diposisikan sebagai alternatif kuat sebagai saingan mobil bertenaga diesel. Seperti Kia Seltos yang menjanjikan penghematan bahan bakar relatif lebih tinggi.

    Baca Juga: Suzuki-Toyota Kerja Bareng Ciptakan SUV untuk Lawan Hyundai Creta dan Kia Seltos

     

    Maruti Suzuki - Toyota

    Upaya kedua perusahaan melakukan kolaborasi dalam menciptakan mobil baru amat serius di segmen baru. Maruti Suzuki-Toyota bertaruh besar pada SUV mereka untuk memberikan pertarungan kuat terhadap si kembar Korea. Meskipun tidak memiliki opsi jantung pacu diesel. Alasannya, karena kedua pabrikan memiliki keyakinan bahwa sistem hybrid adalah masa depan. Tidak hanya membuat kendaraan mereka sangat efisien. Tapi juga memberikan gas buang lebih sedikit dan dibilang bakal semakin responsif dalam berkendara.

    Hyryder telah dikembangkan secara khusus untuk pasar sana. Perusahaan berbagai platform dengan Maruti Suzuki, yang juga bakal memperkenalkan versi mereka. Dipastikan kedua SUV akan menampilkan gaya eksterior khas masing-masing. Juga punya diferensiasi visual tubuh. Nah, dalam hal bentuk, SUV garapan Maruti Suzuki diprediksi memiliki kisi-kisi depan lebih besar dari Toyota. Desain bumper juga berbeda.

    Sedangkan punya Toyota terdapat asupan udara jembar di sekitar bumper. Namun keduanya memiliki pendar cahaya DRL LED yang dipasang tinggi dengan lampu depan di bawah. Lantas penggunaan pelek bakal memiliki desain dan finishing berbeda sebagai pembeda. Adapun sejumlah fitur diharapkan terpasang di keduanya. Seperti teknologi mobil terhubung (Toyota Connect, ADAS, kamera 360 derajat, sunroof, enam airbag dan perangkat keamanan lainnya. (Alx/Odi)

     

    Foto: Rushlane

    Baca Juga: SUV Baru Hasil Kolaborasi Toyota dan Suzuki Tertangkap Kamera untuk Pertama Kalinya

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang