Hyundai Staria Disulap Jadi Mobil Antar-Jemput Anak Sekolah

Hyundai Staria Kinder

Hyundai Staria bertubuh gambot dan mampu menampung banyak penumpang. Di pasar Indonesia sendiri tersedia varian Signature 9 yang mampu memboyong 9 orang sekaligus. Semua bisa duduk nyaman sendiri-sendiri, plus masih banyak sisa ruang kargo. Saking besarnya Staria, memberi banyak gambaran fungsi yang bisa dimanfaatkan. Contohnya dijadikan mobil antar-jemput anak sekolah.

Kalaupun Staria Anda ingin beralih fungsi jadi mobil antar-jemput bisa-bisa saja. Tapi Hyundai di Korea mengeluarkan varian bernama Staria Kinder dengan rancangan khusus transportasi anak sekolah. Tampilannya mirip bus sekolah. Seluruh bodi dikelir kuning mencolok, lengkap tambahan lampu strobo di atap plus palang stop di pintu.

Ukuran bodi tercatat panjang 5.253 mm dengan wheelbase 3.273 mm. Lebar bodi 1.997 mm serta tinggi 1.990 mm. Nyaris 2 meter dan berbentuk kotak persegi. Menghasilkan interior superlapang yang bisa dimaksimalkan untuk mengangkut banyak penumpang. Ada dua varian: 11 kursi dan 15 kursi. Semuanya dilengkapi seatbelt dengan fitur pengatur ketinggian agar bisa pas untuk tubuh anak kecil. Biar lebih aman, ada alarm peringatan sebagai pengingat untuk pengemudi kalau ada penumpang yang belum pakai sabuk pengaman.

Meski dirombak layaknya mobil komersial untuk transportasi umum, fitur safety lain wajib lengkap. Cenderung tidak dikurangi, tersedia Front Collision Avoidance Assist, Lane-keep Assist, Blind-spot Collision Avoidance dan Rear Cross-traffic Collision Prevention. Semua menjadi penting mengingat penumpangnya adalah anak-anak. Keselamatan tetap nomor satu.

Baca Juga: Lima Keunggulan Hyundai Staria yang Patut Dipertimbangkan

 

Hyundai Staria Kinder

Hyundai tidak menyebut spesifik data teknis Staria Kinder. Kemungkinan besar tetap ditawarkan dalam pilihan mesin bensin dan diesel seperti pasar Korea Selatan. Versi bensin berkapasitas 3,5-liter naturally aspirated menghasilkan 268 hp dan torsi 331 Nm. Hanya dipasangkan transmisi otomatis 8-percepatan untuk mesin ini.

Sementara varian diesel serupa seperti Staria beredar di Indonesia. Memakai unit R2.2 CRDi 2.200 cc 16 katup. Tenaga dihasilkan sebesar 177 hp di 3.800 rpm dengan torsi berlimpah 430 Nm di 1.500-2.500 rpm. Semua tersalur ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan atau manual 6-percepatan.

Harga untuk Hyundai Kinder 11-seat senilai 34,78 juta won (Rp412 juta). Varian 15 seat berbanderol 37,41 juta won (Rp443,5 juta). Kata Hyundai, ada subsidi yang membuat harga bisa dibawah 20 juta won (Rp237 juta).

Staria semakin menunjukkan kemampuan serbabisa. Tak hanya cocok dijadikan transportasi anak sekolah, kabin besar juga sangat fungsional sebagai mobil barang oleh Staria Load. Berupa blind van dengan layout dua atau lima kursi saja. Kegunaan utama bersumber dari ruang kargo seluas 4.935 liter. Banyak fungsi lain lagi yang bakal bermunculan. Kelak juga ada model camper van. (Odi)

 

Baca Juga: Alasan Memilih Hyundai Staria Dibanding Lawan-lawannya

Jelajahi Hyundai Staria

Model Mobil Hyundai

Mobil Hyundai
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Tren MPV

  • Yang Akan Datang