IIMS Hybrid 2021: Motor Listrik BL-SEV01 Garapan Universitas Budi Luhur Tampil Perdana

Motor listrik BL

Motor listrik karya anak bangsa unjuk gigi di IIMS Hybrid 2021. Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) tampil perdana setelah perkenalan awal tahun lalu. Dikembangkan oleh civitas akademika Universitas Budi Luhur, didukung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desainnya. Selain BL-SEV01, pengunjung pameran bisa menyaksikan sejumlah motor listrik lainnya, yakni Budi Luhur 40 (BL-40) dan Budi Luhur Charge Electric Vehicle 01 (BL-CEVO1).

Jajaran motor listrik yang ditampilkan merupakan bentuk konkrit sumbangsih institusi pendidikan terhadap ilmu pengetahuan, khususnya pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Seluruh teknologi yang dipamerkan ini merupakan hasil studi mahasiswa dan dosen Universitas Budi Luhur yang tergabung di Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik.

“Indonesia International Motor Show sebagai ajang menunjukkan kendaraan listrik karya dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur. Setelah melakukan riset di Universitas, karya ini harus diperkenalkan ke masyarakat salah satunya pameran IIMS ini. Ini merupakan kedua kalinya Universitas Budi Luhur ikut IIMS, sebelumnya kita pamerkan mobil listrik Neo BLITZ. Ini bukti kami konsisten untuk pengembangan kendaraan listrik,” ucap Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Baca Juga: Deretan Motor Listrik Penyita Perhatian, Paling Murah Mulai Rp11 Jutaan

Sebelum ditampilkan di IIMS Hybrid 2021, BL-SEV01 telah melakukan serangkaian uji coba. Test ride pertama pada 11 Januari di Sirkuit Internasional Sentul Bogor. Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur terus melakukan perubahan dan penyesuaian sejumlah bagian, dimaksudkan untuk bisa memaksimalkan performa BL-SEV01 di atas aspal.

Kepala pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengakui pihaknya masih belum puas di sejumlah sektor usai menjalani test ride pertama. Sejumlah bagian yang menjadi perhatian dalam pengembangan kali ini meliputi kaki-kaki seperti gear set, suspensi, ban, dan swing arm.

“Pengetesan pertama BL-SEVO1 mengalami kendala di bagian kaki-kaki karena tidak cukup mumpuni menopang tenaga motor listrik yang cukup besar. BL-SEV01 kembali kami riset di Laboratorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk disempurnakan selama dua bulan Lebih, khususnya di sektor Kaki-kaki, dan akhirnya siap diuji kembali di Sirkuit Sentul Internasional Bogor,” jelas Sujono.

Test ride kedua pun kembali dilakukan pada 13 April di Sirkuit Internasional Sentul. Kali ini yang menjadi ridernya ialah pembalap profesional sekaligus Alumni Universitas Budi Luhur, M. Galih Aji Prakoso. Galih langsung melakukan uji coba dengan memaksimalkan BL-SEV01 selama 10 putaran dan hasilnya performa meningkat jauh jika dibandingkan dengan test ride pertama pada awal 2021.

“Saya merasa lebih percaya diri karena motor listrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 meningkat drastis dan stabil, khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah. Baru pertama kali saya mencoba motor listrik sport di lintasan balap dan ini semakin spesial karena hasil karya kampus Universitas Budi Luhur yang saya cintai,” ungkap Galih.

Baca Juga: Duo Skuter Listrik Kompak Paling Menarik di IIMS Hybrid 2021, Pilih Mana?

Usai melewati 10 putaran, motor langsung masuk ke pit stop untuk melakukan pengecekan kondisi dan performa baterai. Sujono memastikan kondisi BL-SEV01 tidak mengalami permasalahan apapun dan performa bisa meningkat dengan baik. Perubahan di sektor kaki-kaki ini ternyata berpengaruh banyak terhadap performa BL-SEV01, termasuk meningkatkan top speed BL-SEV01 dari 100 km/jam menjadi 135 km/jam.

"Daya tahan, performa, serta kemampuan baterai yang ada sekarang sudah memenuhi standar minimal sebuah kendaraan motor sport listrik. Ia mampu bertahan di lintasan balap dengan kecepatan maksimal hingga 135 km/jam. Selanjutnya kami berencana untuk meningkatkan baterai sehingga memiliki daya tahan yang lebih baik dan mampu melewati banyak putaran lagi di sirkuit," jelas Sujono.

Spesifikasi BL-SEV01 saat ini didukung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, serta didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 135 km untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian baterai 4 jam untuk 0-100 persen.

Kehadiran BL SEV-01 menjadi bukti konsistensi Universitas Budi Luhur dalam mengembangkan kendaraan listrik melalui Pusat Studi Kendaraan Listrik yang dinaungi Fakultas Teknik Elektro. Pusat Studi Kendaraan Listrik ini juga sukses membuat mobil listrik Neo BLITZ, dan kini dilanjutkan dengan motor listrik terbaru BL-SEVO1.

”Universitas Budi Luhur konsisten mengembangkan kendaraan listrik riset dan inovasi untuk dosen serta mahasiswa. Walaupun sedang dilanda pandemi Covid-19 tetapi kami dosen dan mahasiswa tetap menghasilkan karya, salah satunya motor listrik BL-SEVO1. Risetnya pun meliputi pengetesan performa di lintasan balap serta pengujian baterai jarak jauh sampai turing Mandalika. Selain itu saya mendukung terus kegiatan penelitian ini, nantinya berguna untuk negara di masa depan,” tegas Kasih Hanggoro. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Rangkaian Promo Penjualan Motor, Banyak Diskon Bertebaran

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • ZPT Nimbuzz, Motor Listrik Paling Murah di PEVS 2024
    ZPT Nimbuzz, Motor Listrik Paling Murah di PEVS 2024
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Keeway Rilis 4 Motor Listrik di PEVS 2024, Termahal Rp113 Juta
    Keeway Rilis 4 Motor Listrik di PEVS 2024, Termahal Rp113 Juta
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Dapat Warna Baru, Cek Harga dan Cicilan Suzuki Nex II 2024
    Dapat Warna Baru, Cek Harga dan Cicilan Suzuki Nex II 2024
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Sepeda Motor Listrik VMove Kasih Garansi Dinamo dan Rangka di PEVS 2024
    Sepeda Motor Listrik VMove Kasih Garansi Dinamo dan Rangka di PEVS 2024
    Zenuar Yoga . 01 Mei, 2024
  • Volta Pajang Mandala dengan Warna Baru yang Stylish di PEVS 2024
    Volta Pajang Mandala dengan Warna Baru yang Stylish di PEVS 2024
    Setyo Adi Nugroho . 01 Mei, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023