Ini Alasan Toyota Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Punya Banyak Peminat

Tampilan muka Kijang Innova Reborn

Di tengah derasnya arus model anyar, elektrifikasi, hingga migrasi platform kendaraan. Toyota Kijang Innova Reborn 2.4 G Diesel justru masih kokoh bercokol di pasar otomotif nasional. Sepanjang wholesales November 2025 saja, penjualannya menembus 1.967 unit. Angka ini jelas menarik, mengingat Toyota Astra Motor (TAM) sudah menghadirkan generasi penerus lewat Innova Zenix yang tampil lebih modern. Lalu ada opsi teknologi hybrid dan mengusung penggerak roda depan. Namun realitanya, Reborn diesel tetap punya barisan peminat loyal.

KEY TAKEAWAYS

  • Mesin bandel dan penggerak roda belakang jadi keunggulan Innova Reborn Diesel

    Aspeklain yang membuatnya sulit tergeser ialah nilai jual kembali yang sangat baik. Innova diesel sudah lama dikenal sebagai “aset berjalan”. Harga bekas relatif stabil, bahkan di tengah kondisi pasar yang fluktuatif.
  • Mesin Toyota 2GD Teruji Tangguh

    Daya tarik utama tak lepas dari karakter mesin diesel 2.4 liter berkode 2GD-FTV. Enjin ini sudah lama dikenal bandel dan minim drama. Torsi besar sejak putaran rendah membuatnya ideal untuk membawa penumpang penuh, mengangkut barang, melibas tanjakan, hingga diajak bepergian jarak jauh. Karakter tersebut sangat relevan dengan kebutuhan mayoritas konsumen Indonesia. Terutama di luar kota besar, yang lebih mementingkan fungsi ketimbang gimmick teknologi.

    Harga Kijang Innova Reborn 2025 tak berubah

    Di balik kap, terpasang mesin 2GD-FTV turbo VNT dengan intercooler, kapasitas 2.393 cc, konfigurasi 16 katup DOHC. Torsi puncak 360 Nm hadir di rentang 1.200–2.600 rpm, sementara tenaga maksimum 149 PS dicapai pada 3.400 rpm. Bahkan, powertrain ini kerap dijadikan basis swap engine dari model Toyota lain. Menandakan reputasinya yang solid di kalangan pengguna dan mekanik.

    RWD & Ladder Frame Masih Dicari

    Nilai jual berikutnya datang dari konfigurasi penggerak roda belakang (RWD) yang dipadukan sasis ladder frame. Kombinasi ini memberi rasa berkendara lebih mantap saat mengangkut beban berat atau melintasi kondisi jalan beragam. Tak heran bila Innova Reborn diesel masih jadi tulang punggung di banyak daerah. Mulai dari jalur pegunungan hingga wilayah dengan kualitas aspal yang belum ideal.

    Suspensi Nyaman untuk Keluarga

    Soal kenyamanan, Innova Reborn tetap memenuhi ekspektasi sebagai MPV keluarga sejati. Kabin lapang, posisi duduk ergonomis. Di sektor kaki-kaki, ia mengandalkan suspensi depan double wishbone with coil spring and stabilizer. Sementara belakang menggunakan 4-link with coil spring and lateral rod.

    Hasilnya, bantingan terasa empuk dan ramah untuk perjalanan jauh. Inilah alasan mobil ini masih jadi pilihan keluarga besar. Sekaligus kendaraan operasional seperti travel, rental, hingga armada perusahaan.

    Resale Value Tetap Kuat

    Faktor lain yang membuatnya sulit tergeser ialah nilai jual kembali yang sangat baik. Innova diesel sudah lama dikenal sebagai “aset berjalan”. Harga bekas relatif stabil, bahkan di tengah kondisi pasar yang fluktuatif. Bagi banyak konsumen, ini jadi pertimbangan rasional. Terutama bagi mereka yang memandang mobil bukan sekadar alat transportasi, tapi juga investasi jangka menengah.

    Biaya Perawatan Bersahabat

    Belakang Kijang Innova Reborn

    Dari sisi biaya kepemilikan, diesel Reborn juga dinilai efisien untuk pemakaian jarak jauh. Konsumsi BBM relatif irit, perawatan mudah, serta ketersediaan suku cadang melimpah. Baik di toko fisik maupun marketplace daring. Ditambah jaringan bengkel Toyota yang tersebar luas hingga pelosok, membuat pengguna merasa lebih tenang dalam jangka panjang.

    Perlu diketahui, Kijang Innova Reborn sempat “disuntik mati” alias berhenti produksi. Namun tingginya permintaan membuat TAM kembali menjualnya, meski kini hanya tersedia dalam opsi mesin diesel. Peminatnya tak cuma konsumen ritel, tapi juga segmen fleet yang sangat mengutamakan durability, kemudahan perawatan, dan ketahanan mesin. Semua itu memang tercermin pada model ini.

    Fitur yang ditawarkan boleh dibilang sederhana. Namun kombinasi mesin tangguh, struktur RWD, kabin lega, serta reputasi keandalan yang sudah teruji membuatnya tetap dipercaya. Toyota Kijang Innova Reborn 2.4 G Diesel membuktikan satu hal: tidak semua konsumen siap sepenuhnya beralih ke teknologi baru. Di Indonesia, mobil yang “siap kerja” dan gampang dirawat masih punya tempat istimewa. (ALX)

    Baca Juga: 

    Kembaran Toyota Yaris Cross Mengaspal, Harga Mulai Rp312 Jutaan

    Bakal Jadi Tipe Murah, NJKB Jetour T2 Mesin 1.5 Turbo Terpantau Rp275 Juta di Indonesia

    Jelajahi Toyota Kijang Innova

    • Tampak Depan Bawah Toyota Kijang Innova
    • Tampak samping Kijang Innova
    • Lampu depan Kijang Innova
    • lampu belakang Kijang Innova
    • Pelek Kijang Innova
    • Tampak depan medum angle Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
    Rp 416,6 - 437,5 Juta Cicilan : Rp 9,51 Juta

    Model Mobil Toyota

    Mobil Toyota
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Calya
      Toyota Calya

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova dari Carvaganza

    • Perjuangkan Diesel, Toyota Rilis Kijang Innova "Reborn" Versi Facelift 2025
      Perjuangkan Diesel, Toyota Rilis Kijang Innova "Reborn" Versi Facelift 2025
      Anjar Leksana . 12 Des, 2025
    • Innova Community Rayakan HUT ke-19 Sambil Buktikan Iritnya Hybrid Toyota
      Innova Community Rayakan HUT ke-19 Sambil Buktikan Iritnya Hybrid Toyota
      Setyo Adi . 27 Nov, 2025
    • Toyota Masih Jual Kijang Innova Mesin Diesel, Tapi...
      Toyota Masih Jual Kijang Innova Mesin Diesel, Tapi...
      Bangkit Jaya . 21 Nov, 2022
    • All New Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur Punya Teknologi Hybrid, Harga Mulai Rp 419 Juta
      All New Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur Punya Teknologi Hybrid, Harga Mulai Rp 419 Juta
      Muhammad Hafid . 21 Nov, 2022
    • Toyota Sudah Resmi Mulai Produksi Kijang Innova Zenix, Mobil Hybrid Pertama Buatan Indonesia
      Toyota Sudah Resmi Mulai Produksi Kijang Innova Zenix, Mobil Hybrid Pertama Buatan Indonesia
      Muhammad Hafid . 21 Nov, 2022

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Cocok untuk Mudik Nataru, Simak Cicilan Toyota Kijang Innova 2.4 G Diesel Terbaru
      Cocok untuk Mudik Nataru, Simak Cicilan Toyota Kijang Innova 2.4 G Diesel Terbaru
      Anjar Leksana . 17 Des, 2025
    • Toyota Segarkan Kijang Innova Reborn 2025, Harga Tak Berubah
      Toyota Segarkan Kijang Innova Reborn 2025, Harga Tak Berubah
      Anjar Leksana . 12 Des, 2025
    • Modifikasi Interior Toyota Innova Reborn Jadi Semewah Innova Zenix, Berapa Biayanya?
      Modifikasi Interior Toyota Innova Reborn Jadi Semewah Innova Zenix, Berapa Biayanya?
      Zenuar Yoga . 05 Des, 2022
    • Toyota Astra Motor Mulai Perlihatkan Sosok Produk Baru, Innova Hybrid?
      Toyota Astra Motor Mulai Perlihatkan Sosok Produk Baru, Innova Hybrid?
      Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2022
    • Toyota Innova Zenix 2023 Lagi Tes Jalan, Bagian Ini Mulai Terkuak
      Toyota Innova Zenix 2023 Lagi Tes Jalan, Bagian Ini Mulai Terkuak
      Anjar Leksana . 17 Okt, 2022
    • Kijang Lovers, Pilih Toyota Kijang Innova 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
      Kijang Lovers, Pilih Toyota Kijang Innova 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
      Anjar Leksana . Hari ini
    • 5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
      5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
      Anjar Leksana . 19 Des, 2025
    • Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
      Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
      Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2025
    • Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
      Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
      Setyo Adi Nugroho . 10 Jul, 2025
    • Catatan Persaingan MPV di 2020, Tersisa Laga Jepang Vs Cina
      Catatan Persaingan MPV di 2020, Tersisa Laga Jepang Vs Cina
      Raju Febrian . 18 Des, 2020
    • First Drive: Toyota All New Kijang Innova V 2.0 M/T
      First Drive: Toyota All New Kijang Innova V 2.0 M/T
      Ivan Hermawan . 19 Apr, 2016
    • First Drive: Toyota Kijang Innova Q 2.4 A/T
      First Drive: Toyota Kijang Innova Q 2.4 A/T
      Budityas Basuki . 23 Mar, 2016