Ini Keistimewaan Triumph Tiger 900 Terbaru yang Perlu Anda Ketahui

HINKLEY, 6 Desember 2019 - Pada bulan November silam, Triumph merilis video teaser Tiger 900 berdurasi 18 detik saja. Meski singkat, sontak video itu menggoda iman kami. Otak kami berputar kencang dan benak kami bertanya-tanya seperti apa sosoknya, bagaimana spesifikasinya, hingga sedahsyat apa performanya. Bagi kami, dibutuhkan sekadar motor baru untuk menggantikan Triumph Tiger generasi sebelumnya. Mengapa? Karena racikan Triumph untuk Tiger sudah sangat mewakili ekspektasi pencari motor petualangan berkapasitas 800-an cc; motornya ringan, fiturnya menarik, dan value for money-nya numero uno. Jadi, jika Triumph ngotot membuat Tiger generasi baru so it’s better be good, atau semua yang dibangun Triumph sejak meluncurkan Tiger pertama kali pada tahun 2010 akan hancur. Mari kita cari tahu apa sih yang ditawarkan Tiger 900? Di sektor mesin, Tiger terbaru menggunakan mesin tiga silinder, 900 cc. Menariknya, firing order (urutan pembakaran pada mesin dengan lebih dari satu silinder) mesin baru ini -1-3-2- yang menurut Triumph membuat motor lebih responsif. Hasilnya, performa mesin baru ini naik 9% menjadi 93 hp pada 8.750 rpm. Torsinya naik 10% menjadi 87Nm pada 7.250rpm.
Tiger GT Pro
Guna meneguhkan posisi Triumph Tiger terbaru di segmen motor adventure kelas menengah, sekarang mereka menghadirkan sistem ABS dan kontrol traksi (dikontrol IMU) yang dikembangkan Continental, pada GT, GT Pro, varian Rally dan Rally Pro. Seperti Tiger yang lama, Tiger 900 yang baru dibekali sejumlah mode pengendaraan yang menyesuaikan peta throttle, ABS, dan pengaturan kontrol traksi untuk mendapatkan performa dan kontrol yang optimal. Untuk Tiger 900 Rally Pro, mode pengendaraan yang tersedia adalah Rain, Road, Sport, Off-Road, Rider configurable dan Off-Road Pro. Tiger 900 GT Pro: Rain, Road, Sport, Off-Road & Rider configurable & Off-Road Pro. Sementara Tiger 900 Rally dan Tiger 900 GT menyediakan Rain, Road, Sport & Off-Road. Khusus Tiger 900 tersedia: Rain & Road saja. Model GT, GT Pro, Rally dan Rally Pro juga dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan seperti cruise control, dan heated grip. Model GT Pro dan Rally Pro spesifikasi atas juga mendapatkan jok berpemanas, dan sistem pemantauan tekanan ban sebagai fitur standar.
Rally Pro
Tiger 900 entry level sekarang dilengkapi dengan layar informasi TFT 5 inci, sementara model di atasnya menggunakan layar berukuran 7 inci. Triumph mengklaim bahwa sistem ini akan siap digunakan dengan sistem konektivitas My Triumph Bluetooth - memungkinkan kontrol telepon handsfree, pemilihan musik MP3 dan navigasi pada versi GT Pro dan Rally Pro. Mesinnya didudukkan pada rangka trellis baru. Rangka ini diklaim lebih ringan karena menggunakan subframe model bolt-on alumunium. Melengkapinya, pada varian entry level, suspensi depan menggunakan USD berdiameter 45 mm (non-adjustable) dan  preload-adjustable monoshock di belakang. The GT and GT Pro, menggunakan garpu depan USD 45 mm dengan pengaturan kompresi dan rebound. Suspensi belakangnya juga dapat diatur preload dan rebound-nya. Jarak main suspensi depan itu mencapai 18 0mm , sementara suspensi belakang memiliki travel 170 mm. Rally dan Rally Pro mendapatkan suspensi Showa 45 mm yang dapat disesuaikan. Travelnya mencapai 240 mm di depan dan 230 mm di belakang. Sementara untuk pengeremannya menggunakan Brembo Stylema dengan kaliper empat piston dengan diameter 320 mm di depan serta kaliper 1 piston dengan cakram 255 mm di belakang. Versi GT dan Rally mendapatkan pengaturan yang sama namun dengan tambahan cornering ABS. Bannya menggunakan ukuran 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Sementara Rally dan Rally Pro memakai velg jari-jari berukuran 21 inci di depan. REZA ERLANGGA [gallery link="file" size="medium" td_select_gallery_slide="slide" ids="40642,40645,40644,40643,40641">  

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Triumph Luncurkan Speed Triple 1200 RX Edisi Terbatas
    Triumph Luncurkan Speed Triple 1200 RX Edisi Terbatas
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Norton Motorcycles Bangkit dari Kehancuran, Siap Gebrak Pasar Motor Kelas Menengah
    Norton Motorcycles Bangkit dari Kehancuran, Siap Gebrak Pasar Motor Kelas Menengah
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Alva Perluas Jangkauan, Resmikan Experience Center Pertama di Bali
    Alva Perluas Jangkauan, Resmikan Experience Center Pertama di Bali
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Honda CB125F MY 2026 Baru Rilis, Punya Fitur Jauh Lebih Keren dari Verza
    Honda CB125F MY 2026 Baru Rilis, Punya Fitur Jauh Lebih Keren dari Verza
    Anjar Leksana . 13 Mei, 2025
  • MotoGP Prancis 2025: Balapan Kacau Buat Johann Zarco Menang Sekaligus Pecah Rekor
    MotoGP Prancis 2025: Balapan Kacau Buat Johann Zarco Menang Sekaligus Pecah Rekor
    Zenuar Yoga . 12 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Zenuar Yoga . 09 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025