Katalis EV.500, Motor Listrik Bergaya Pesawat Tempur PD II

JAKARTA, Motovaganza.com – Batalnya gelaran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, 9-19 April, karena wabah COVID-19 tak bisa menyurutkan kreasi dan inovasi. Katalis Company meluncurkan karya modifikasi motor bertajuk Katalis EV.500 secara virtual di akun Instagram IIMS 2020.

Katalis Company merupakan studio desain dan branding yang berbasis di Fatmawati, Jakarta Selatan. Mereka membangun motor untuk ikut serta dalam sub program Indonesia Custom E-Motor Expo & Championship.

“Bersamaan dengan kompetisi modifikasi motor listrik dari Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, kami meluncurkan karya modifikasi bertajuk Katalis EV.500. Motor ini mengambil landasan desain dari pesawat tempur khas Perang Dunia ke-2,” ucap Principal Designer Katalis Company, Julian Palapa dalam keterangannya.

Ini merupakan karya pertama Katalis Company. Mereka menggunakan basis Selis Garuda. Pengerjaannya dilakukan mitra fabrikasi dan assembling kendaraan bermotor di Garuda Motorsport Cibubur dan juga Frontwheel MC di Bogor.

Baca juga: Xiaomi Kenalkan Motor Listrik Seharga Smartphone


Ubahan Total


Bicara soal dimensi, motor ini boleh dikatakan bertubuh mungil. Micro mobility ini memiliki pajang 1.650 mm, lebar 180 mm dengan ground clearance atau jarak ke tnah 210 mm. Untuk bergerak, Katalis EV.500 ditopang velg 14 inci dan ban 18” x 2.50. Kemampuan motor ini disebutkan bisa mengangkut beban hingga 150 kg.

Tak ada sama sekali wajah Selis, Katalis EV.500 mengganti keseluruhan rangka dan swing-arm dengan bahan baru. Rangka dibuat dari aluminium dengan seri 6061. Praktis yang masih tersisa hanyalah motor listrik, baterai dan kotroler.

Julian mengatakan motor ini terinspirasi dari pesawat tempur Jepang Perang Dunia II. Sehingga tampilannya mendapat sedikit elemen visual khas Jepang. “Kami rasa cukup langka ada desain motor listrik yang body atau shield-nya menggunakan bahan metal,” tambah Julian.

Baca juga: Falcon, Motor Listrik Cleveland Cyclewerks Seharga Avanza

https://www.instagram.com/p/B-wSmp1F9zl/

Motor Selis


Meski demikian, teknologi listrik masa depan menjadi sajian utama. Pengendaranya dimanjakan berbagai panel instrument yang bergaya retro, namun fungsional. Mulai dari voltmeter analog hingga saklar lampu.

Sebagai penggerak, tetap digunakan motor Selis tipe Garuda. Motor berkekuatan 500 Watt ini bisa mencapai kecepatan maksimal 40 km/jam. Jarak tempuh mencapai 40 km. Tenaga didapatkan dari baterai 48 Volt 12 Ah yang bisa diisi ulang. Bult-in fast charginya disebutkan paling lama 3 jam.

Motor modifikasi ini rencananya akan dilelang usai peluncuran bersama IIMS. “Berminat membeli motor ini, silakan hubungi Katalis melalui email atau Instagram,” tutup Joseph.



RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda