Kemenperin: Sebanyak 35 Pabrikan Motor Listrik Produksi 1 Juta Unit Saban Tahun

produksi motor listrik

 

KEY TAKEAWAYS

  • Produsen kendaraan listrik ditekankan untuk terus mengoptimalkan penggunaan komponen dalam negeri

    Kemudian dapat meningkatkan potensi pasar kendaraan akibat diterbitkannya Inpres No 7 Tahun 2022
  • Pemerintah menargetkan produksi motor listrik lokal 2 juta unit hingga 2025. Melihat hal itu, Kementerian Perindustrian optimis bisa tercapai. Sebab klaim mereka, kapasitas produksi sepeda motor listrik dari 35 produsen, mencapai satu juta unit per tahun. Hal ini menjadi bagian untuk menurunkan emisi karbon sebanyak 29 persen pada 2030 dan mencapai target emisi nol atau net zero emission pada 2060.

    “Kami terus melakukan pendalaman terkait dengan industri kendaraan electric vehicle. Baik itu untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Khusus untuk roda dua, ada target dari Bapak Presiden dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit pada 2025,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam rilis resmi kepada Zigwheels.

    Agus menekankan kepada produsen kendaraan listrik untuk terus mengoptimalkan penggunaan komponen dalam negeri. Sehingga secara langsung meningkatkan nilai TKDN. Kemudian dapat meningkatkan potensi pasar kendaraan akibat diterbitkannya Inpres No 7 Tahun 2022. “Dengan demikian, kendaraan listrik yang telah memenuhi batasan minimal TKDN sesuai Perpres 55 Tahun 2019. Maka dapat mengisi permintaan kendaraan dinas dan operasional pemerintah sesuai Inpres 7/2022,” paparnya.

    Dalam kesempatan itu, Menperin berkunjung ke fasilitas produksi Viar Motor. Pabrik berdiri sejak 2000, berlokasi di Kawasan Terboyo Semarang. Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis usaha. Mereka melakukan relokasi ke Kawasan Industri Bukit Semarang Baru (BSB) pada Maret 2011. Tujuannya untuk meningkatkan sistem produksi, kapasitas produksi dan kualitas produksi.

    Baca Juga: Kekurangan Motor Listrik Secara Umum yang Banyak Dijual di Indonesia

     

    produksi motor listrik

    “Pabrik baru seluas 20 hektare ini memiliki kapasitas produksi hingga 1.000 unit per hari. Sehingga menjadikan kami sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia. Tak hanya itu. Perusahaan juga terus meningkatkan hilirisasi industri komponen dalam negeri untuk menjadi bagian dari rantai pasok Viar,” ucap Dimas Tommy Radityo, General Manager Viar Motor.

    Viar Motor meluncurkan sepeda motor listrik dengan merek Q1 pada 2017. Lebih dari 6.000 unit telah digunakan oleh Grab sebagai armada operasional di delapan kota besar. Dimas berharap, produk anak bangsa, bisa diterima masyarakat luas di Indonesia. “Triangle Motorindo pada saat ini sudah memproduksi kendaraan roda dua berbahan bakar bensin maupun yang berbasis Battery (EV). Juga, sepeda motor roda tiga angkutan barang dengan peruntukan pelaku usaha UMKM dan pertanian. Saat ini, kami bekerja sama dengan IKM lokal Jawa Tengah untuk menjadi bagian supply chain. Dalam rangka peningkatan kandungan TKDN. Kami berharap ada keberpihakan,” imbuhnya.

    Ia menambahkan, pihaknya membutuhkan dukungan dari stakeholder terkait. Termasuk pemerintah agar edukasi dan sosialisasi terus dijalankan bersama-sama dengan industri. Lalu dukungan infrastruktur agar penempatan Battery Swap Station di public space bisa digratiskan. Sehingga memberikan stimulan bagi industri kendaraan dan industri baterai di Indonesia. “Ke depan, kami yakin dengan banyaknya battery swap station dan SPKLU. Maka dapat meyakinkan masyarakat untuk konversi menggunakan kendaraan listrik,” Dimas memungkasi. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Kementerian Perhubungan Upayakan Subsidi Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Murni

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
      Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
      Zenuar Yoga . 19 Des, 2025
    • Maxi Unstoppable Journey: Kisah Inspiratif Biker Xmax Touring 12 Negara Demi Umrah ke Makkah
      Maxi Unstoppable Journey: Kisah Inspiratif Biker Xmax Touring 12 Negara Demi Umrah ke Makkah
      Zenuar Yoga . 19 Des, 2025
    • Niterra Tambah Brand Baru di Bengkel Points dan Jaringan Distribusi Nasional
      Niterra Tambah Brand Baru di Bengkel Points dan Jaringan Distribusi Nasional
      Zenuar Yoga . 18 Des, 2025
    • Waspada Oli Palsu, Yamaha Infokan Dampak Negatif ke Sepeda Motor
      Waspada Oli Palsu, Yamaha Infokan Dampak Negatif ke Sepeda Motor
      Bangkit Jaya Putra . 18 Des, 2025
    • Tutup Tahun 2025, Yamaha Rev Festival Hadirkan Musik, Komunitas, dan Aksi Sosial
      Tutup Tahun 2025, Yamaha Rev Festival Hadirkan Musik, Komunitas, dan Aksi Sosial
      Zenuar Yoga . 17 Des, 2025
    • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
    • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
      Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
      Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
    • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
      Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
      Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
    • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
    • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
      5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
      Ardiantomi . 15 Okt, 2025
    • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
      Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
      Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
    • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
      Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
      Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
    • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
      Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
      Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
    • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
      Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
      Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
    • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
      Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
      Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
    • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
      Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
      Ardiantomi . 04 Des, 2025
    • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
      First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
      Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
    • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
      Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
      Ardiantomi . 17 Sep, 2025
    • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
      First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025