Sepanjang Januari–Oktober 2022. Pasar otomotif nasional mengoleksi penjualan retail sekitar 822 ribu unit. Angkanya naik sekitar 21 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sekitar 677 ribu unit. Selama periode itu, Astra Daihatsu Motor catatkan pengiriman ke tangan konsumen sebanyak 157.327 unit. Naik sekitar 33 persen dibandingkan 2021, sejumlah 118.089 unit. Posisi pertama terus ditempati Sigra dan Ayla keempat.
Tebar-tebar promo dan suguhan aneka program menjadi salah satu taktik marketing penyumbang penjualan. Nah, kalau dilihat dari persentase, raihan penjualan retail ADM selama 10 bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19,1 persen. Sedikit naik 1,7 persen dibandingkan YTD Oktober 2021 sebesar 17,4 persen. Artinya penguasaan pasar nasional semakin meluas.
Jika dilihat lebih detail. Secara volume dan kontribusi model, penjualan retail Daihatsu hingga Oktober 2022 tetap didominasi oleh top 3 model. Urutan pertama selalu diamankan oleh mobil keluarga LCGC tujuh penumpang Sigra. Perusahaan sanggup menyalurkan sebanyak 38.628 unit ke tangan konsumen. Angka ini berkontribusi sekitar 24,6 persen dari total penjualan. Mesin kecil, konsumsi bahan bakar irit dan suku cadang mudah jadi aspek utama pilihan konsumen.
Baca Juga: Penjualan Daihatsu Sigra Belum Tergoyahkan Sepanjang Januari–September 2022
Posisi kedua selalu dihuni segmen pasar komersial lewat penjualan Gran Max PU (Pick Up). Mobil niaga ringan ini laku 37.713 unit dan memberi kontribusi 24 persen. Terus ketiga, ada Xenia (kombinasi) dengan raihan 20.660 unit, serta menyumbang 13,1 persen. Berkat total model change, posisinya bisa naik. Padahal model lawas pada tahun-tahun lalu, berada di urutan kelima setelah Terios.
Kemudian model LCGC lain yang terus bertahan ialah Daihatsu Ayla. Terjual sebanyak 17.706 unit dan berkontribusi 11,2 persen. Perlu jurus sakti untuk menaikan performa penjualan. Ia sudah waktunya berganti generasi agar mampu membendung dominasi Honda Brio series. ADM punya platform DNGA, mesin 1,2 liter 3 silinder baru dan D-CVT. Cocok bila disatukan menjadi All New Ayla.
“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan penjualan dengan capaian positif. Raihan ini bahkan masih melebihi capaian Daihatsu pada periode yang sama dua tahun lalu sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Semoga raihan positif ini terus berlanjut, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam laporan penjualan bulanan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Promo Akhir Tahun Astra Daihatsu, Kesempatan Dapat Motor dan Grand Prize Rocky
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.