Komparasi Yamaha Xabre Vs Honda All New CBR150R
JAKARTA, 7 Maret 2016 – Pasar motor di Indonesia tengah dimanjakan di awal tahun 2016 ini. Beberapa model baru langsung diperkenalkan pabrikan, dua di antaranya adalah jagoan di segmen 150cc, Yamaha Xabre dan Honda All New CBR150R. Mana yang lebih baik? Berikut komparasinya.
Desain kedua motor ini memang berbeda. Xabre adalah naked street fighter sedangkan All New CBR150R adalah sport fairing. Secara desain perbedaan jelas sangat berbeda. Persamaan antara lain adalah DNA yang digunakan yaitu sama-sama terinspirasi dari Motor Gede alias Moge.
Seperti ditulis otorider.com, Xabre terinspirasi dari keluarga naked bike Yamaha MT Series. Hal ini nampak dari desain street fighternya yang agresif. Tampilannya sekilas mengingatkan kita pada Yamaha MT-09 atau MT-07. Penggunaan suspensi depan up-side down dan swing arm asimetris, membuat tampilan Xabre makin gagah.
Untuk All New CBR150R, kini tak lagi terinspiras pada desain dari CBR1000RR. Model ini, mengacu pada sosok CBR500R. Bedanya, All New CBR150R punya wajah lebih futuristik dan agresif. Sudut-sudut bodi yang lebih tajam dan aplikasi lampu LED merupakan contohnya.
Fitur Yamaha Xabre dilengkapi lampu LED, mulai dari headlamp hingga stop lamp. Juga ada panel indikator LCD full digital dan selongsong gas spontan dengan engine switch off yang diambil dari MT-09. Untuk lampu, All New CBR150R kurang lebih sama. Lampu mulai dari headlamp, sein dan stop lamp sudah mengandalkan LED. Panel indikator pun sudah mengusung model full digital yang kompak dan slim. Tapi Honda belum memasang tombol engine switch off.
Mesin yang berbeda membuat tenaga yang dikeluarkan keduanya juga berbeda. Yamaha Xabre menggunakan mesin 150cc SOHC pendingin cair 4 valve 6-speed yang diambil dari saudaranya, R15. Karakternya over stroke yang efisien dan galak di putaran bawah. Diimensi bore x stroke 57,0 x 58,7 mm yang menghasilkan tenaga 16 dk.
Sedangkan All New CBR150R didukung mesin 150cc DOHC liquid cooled 6-speed. Settingan yang merata di putaran mesin rendah dan tinggi, motor ini memiliki dimensi bore x stroke yakni 57,3 x 57,8 mm dengan tenaga 16,9 dk.
Harga, keduanya berbeda tipis sehingga cukup bersaing. Yamaha Xabre dijual Rp 29,8 juta dan All New CBR150R dibanderol antara Rp 32,5 juta hingga 33,3 juta.
SPESIFIKASI YAMAHA XABRE:
DIMENSI
Panjang X Lebar X Tinggi : 1959mm X 795mm X 1065mm
Jarak sumbu roda : 1350mm
Jarak terendah ke tanah: 164mm
Tinggi tempat duduk : 805mm
Berat: 135 kg
Kapasitas tangki : 10.2 L
MESIN
Tipe mesin : 4 Langkah berpendingin cairan, SOHC
Jumlah / Posisi silinder : Silinder tunggal / Tegak
Diameter X Langkah : 57,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi : 10,4 : 1
Daya maksimum : 16 dk/8500 rpm
Torsi maksimum : 14.3 Nm/7500 rpm
Sistem starter : Elektrik starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : Total = 1,15 L ; Berkala = 0,95 L ; Ganti filter oli = 1,00 L
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Tipe kopling : Basah, Kopling manual , Multiplat
Tipe transmisi : Constant mesh 6-kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6
RANGKA
Tipe rangka : Delta Box
Suspensi depan : Up Side Down
Suspensi belakang : Swingarm
Ban depan : 110/70-17
Ban belakang : 130/70-17
Rem depan : Single disc brake
Rem belakang : Single disc brake
KELISTRIKAN
Ssistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V / YTZ4V
Tipe busi : NGK/CR9E
SPESIFIKASI ALL NEW HONDA CBR150R:
DIMENSI
Panjang X Lebar X Tinggi: 1.983 x 694 x 1.039 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.311 mm
Jarak terendah ke tanah: 166 mm
Berat kosong: 135 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar: 12 Liter
MESIN
mesin: 4-Langkah, DOHC, 4-Katup Silinder Tunggal
Kelas: 150
Volume Langkah: 149.16 Cc
Diameter X Langkah: 57,3 x 57,8 mm
Perbandingan Kompresi: 11,3 : 1
Daya Maksimum: 17,1 dk / 10.500 rpm
Torsi Maksimum:13,7Nm / 7.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin:1.0 Liter
Tipe Kopling:Wet Multiplate with Coil Springs
Tipe Transmsi: Manual, 6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi:1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
Tipe Starter:Starter Elektrik
RANGKA
Tipe rangka: Diamond (Truss) Frame
Tipe suspensi depan: Teleskopik
Tipe suspensi belakang: Suspensi Tunggal dengan Sistem Suspensi Pro-Link
Ukuran Ban Depan: 100/80 - 17 M/C [Tubeless>
Ukuran Ban Belakang: 130/70 - 17 M/C [Tubeless>
Rem Depan: Cakram Hidrolik dengan Piston Ganda
Rem Belakang: Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
KELISTRIKAN
Tipe Battery: MF 12V - 5.0 Ah
Busi: NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9
Pengapian: Full - Transistor
RAJU FEBRIAN
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test