Lexus Bakal Garap Segmen Lebih Murah, Toyota Yaris Cross Mungkin Jadi Basisnya

Toyota Yaris Cross

Line-up elektrifikasi Lexus terus dimatangkan hingga 2025. Opsi varian hybrid, plug-in hybrid dan elektrik murni dipastikan terus bertambah. Ranah brand mewah ini memang selalu berada di segmen atas. Namun muncul selentingan kabar, kasta bawah pun bakal digarap. 

Sebagai salah satu produsen mobil premium asal Jepang, Lexus cukup identik dengan suatu hal berlebih. Umumnya mengambil basis produk atau rancang bangun Toyota untuk kemudian dibuat kontestan mewah dan penuh kharisma. Standarnya pun jelas tidak dapat dipandang sebelah mata. Contoh saja kelahiran model seperti LX, LS, hingga LM yang berbasis famili kasta atas.

Tapi nampaknya strategi pengembangan juga akan mengarah ke bawah. Menggali potensi segmen lebih membumi. Seperti dilaporkan Mag-X, yang dilansir dari Carscoops, Lexus dikabarkan tengah menyiapkan satu pemain baru. Bukan flagship melainkan adik paling bontot jajaran SUV lantaran berbasis Toyota Yaris Cross. Didesain khusus untuk menarik minat pasar Eropa, Jepang, dan Australia.

Baca Juga: Toyota Aqua Generasi Terbaru Mengenalkan Teknologi Hybrid Paling Inovatif

Toyota Yaris Cross

Rumor Lexus untuk menggarap kendaraan berukuran mungil sendiri sudah beredar cukup lama. Diawali kehadiran konsep LF-SA pada 2015 sebagai perwujudan mobilitas kompak kelas atas – lihat saja desain berlekuk atraktif penuh hasrat. Begitu Yaris Cross berkenalan, potensi realisasi seakan meningkat. Belum lagi mereka patenkan nama LBX yang konon bakal menjadi nama sang pemain baru.

Andai benar demikian, LBX akan duduk persis di bawah UX sebagai perwakilan berbasis platform TNGA-B. Kabarnya pula memiliki dimensi tubuh sepantaran Yaris Cross dengan Panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm. Sebagai gambaran, pengukuran ini sedikit saja lebih besar dari duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dengan torehan 4.030 x 1.710 x 1.635 mm (PxLxT).

Disebut juga LBX mengusung powertrain hibrida serupa Yaris Cross. Gendong enjin 1.500 cc VVT-i plus dua motor listrik untuk mencipta velositas model berpenggerak roda depan atau tiga unit khusus sistem All-wheel Drive(AWD). Dikombinasi, ia siap gelontorkan tenaga 116 PS dengan torsi 120 Nm.

Entah akan seperti apa Yaris versi jangkung yang akan disulap pabrikan kelas kakap ini. Namun ekspektasikan saja penyesuaian desain dengan identitas seperti spindle grille di moncong dengan lampu menyipit. Selain itu, bisa diharapkan pula penambahan fitur canggih hingga sentuhan mewah dalam kabin. Ketika sudah di tangan Lexus, bisa dipastikan tampil lebih mewah. (Krm/Odi)

Sumber: Carscoops, Mag-X

Baca Juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Dikabarkan Meluncur November

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang