Toyota Aqua Generasi Terbaru Mengenalkan Teknologi Hybrid Paling Inovatif

Toyota Aqua

Satu lagi kontestan hybrid datang dari Toyota. Generasi terbaru Aqua akan menambah perbendaharaan mobil irit perkotaan khusus konsumen Jepang. Punya ambisi menjadi “mobil kompak untuk 10 tahun mendatang” sama seperti pendahulu. Tentu membawa teknologi lebih canggih berikut semakin mendukung keberlanjutan lingkungan.

Energi alternatif memang menjadi tajuk utama pengembangan kendaraan di masa mendatang. Banyak solusi tengah digali pabrikan besar mulai dari hybrid, full electric, hingga bahan bakar sintetis. Kendati begitu, tampaknya Toyota masih melihat hybrid merupakan jawaban di segmen mobil kompak untuk satu dekade ke depan. Sebagaimana mereka menciptakan Aqua dengan tujuan “menciptakan mobil kompak untuk 10 tahun mendatang”.

Toyota Aqua

Namun jelas tidak sebatas membawa teknologi pemacu lama yang sudah terpercaya lalu disudahi packaging baru. Tidak sesederhana itu, Aqua teranyar diklaim sebagai mobil pertama dengan baterai bipolar nickel-hydrogen sebagai tenaga untuk motor listrik penggerak roda. Disebut sanggup gelontorkan output dua kali lebih besar. Cara ini sekaligus juga meningkatkan respons akselerator berikut menyuguhkan pengantaran tenaga lebih halus dan linear dari kecepatan rendah.

Di samping itu, baterai anyar memungkinkan Aqua mengeksploitasi motor listrik untuk berjalan lebih jauh. Bisa beroperasi dengan senyap dan bersih tanpa perlu mengaktifkan unit M15A-FXE 1,5 liter Dynamic Force Engine. Pun sinergi ini memberikan penghematan bahan bakar sampai sekitar 20 persen lebih irit. Mencatatkan konsumsi BBM di angka 35,8 km/liter.

Baca Juga: Kehebatan Toyota New Global Architecture (TNGA), Fondasi Pengembangan Kendaraan Toyota Mendatang

Toyota Aqua

Mau seberapa canggih atau hebat teknologi powertrain tadi, pada akhirnya ia ditujukan sebagai kendaraan harian nan praktis. Mendukung hal ini, sang hatchback hybrid jadi famili Toyota pertama yang mengadopsi fitur Comfort Pedal. Bukan barang baru sebetulnya, merupakan fitur berkendara satu pedal untuk melakukan akselerasi dan deselerasi. Dalam mode Power+, pengemudi hanya perlu mengurangi tekanan pedal agar fungsi regenerative braking dapat menghela laju dengan halus. Selain itu juga, Aqua versi termutakhir ini perdana kebagian sistem penggerak empat roda elektrik E-Four.

Juga mendukung penggunaan harian adalah sederet fitur keselamatan termutakhir Toyota Safety Sense. Fungsinya kini lebih pintar. Misal fungsi pre-collision yang kini dapat meminimalisir risiko celaka saat mau berbelok di persimpangan. Belum lagi Lane Tracing Assist untuk terus menjaga mobil berada di tengah jalur serta Plus Support demi memitigasi risiko tabrakan akibat salah injak pedal gas.

Toyota Aqua

Selain itu, pertama di mobil kompak Toyota, Aqua kebagian Toyota Teammate Advanced Park and Parking Support Brake. Menyuguhkan kemampuan parkir otomatis sepenuhnya tanpa perlu berinteraksi dengan alat kemudi. Sementara itu, Parking Support Brake mengurangi kemungkinan menabrak saat parkir lewat peringatan hingga bantuan pengereman.

Toyota Aqua mungkin bukan mobil Plug-in Hybrid (PHEV) dengan baterai ekstra besar. Kendati begitu, baterai bawaan dapat dimanfaatkan untuk memberikan suplai listrik ke luar. Sudah berbekal power outlet AC 100 V/1.500 W plus Emergency Power Supply Mode, berfungsi terutama di saat genting. Bisa memberikan daya untuk perabot sejenis kompor listrik atau pengering rambut.

Ia bakal segera menyapa publik 24-25 Juli di Jepang. Akan hadir empat tingkatan trim dengan masing-masing ditawarkan dalam spek penggerak roda depan dan AWD E-Four. Banderolnya sendiri dimulai dari 1,98 juta hingga 2,598 juta Yen atau sekitar Rp261 jutaan hingga Rp342 jutaan. Selain versi standar, Aqua juga dipasarkan dengan format Welcab khusus penyandang disabilitas. (Krm/Odi)

Baca Juga: Lexus NX 2022 Debut Global, Kenalkan PHEV Pertama Pabrikan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

  • LEBARAN DRIVE 2024: Pakai Toyota Yaris Cross HEV Mudik ke Tegal, Ini Benefit Dari Mesin Hybrid
    LEBARAN DRIVE 2024: Pakai Toyota Yaris Cross HEV Mudik ke Tegal, Ini Benefit Dari Mesin Hybrid
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • Jakarta - Malang dengan Mobil Hybrid All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV
    Jakarta - Malang dengan Mobil Hybrid All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV
    Anindiyo Pradhono . 07 Apr, 2024
  • Lebaran Drive 2024: Mudik Raya Libatkan 10 Mobil Termasuk Elektrifikasi
    Lebaran Drive 2024: Mudik Raya Libatkan 10 Mobil Termasuk Elektrifikasi
    Alvando Noya . 06 Apr, 2024
  • Tertarik Toyota Rush Facelift, Bisa Dicicil Mulai Rp4 Jutaan
    Tertarik Toyota Rush Facelift, Bisa Dicicil Mulai Rp4 Jutaan
    Setyo Adi . 05 Apr, 2024
  • Toyota Rush Dapat Facelift Jelang Lebaran, Harga Naik Rp2 Jutaan
    Toyota Rush Dapat Facelift Jelang Lebaran, Harga Naik Rp2 Jutaan
    Alvando Noya . 02 Apr, 2024

Artikel Mobil Toyota dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Ragam Fitur Penunjang Perjalanan Mudik dari All New Toyota Yaris Cross
    Ragam Fitur Penunjang Perjalanan Mudik dari All New Toyota Yaris Cross
    OTO . Hari ini
  • Road Trip Jakarta - Surabaya Bersama All New Toyota Yaris Cross S HV
    Road Trip Jakarta - Surabaya Bersama All New Toyota Yaris Cross S HV
    OTO . 15 Apr, 2024
  • Bedah Kelengkapan Toyota Yaris Cross Hybrid, Irit Dipakai Mudik
    Bedah Kelengkapan Toyota Yaris Cross Hybrid, Irit Dipakai Mudik
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • Siapkan Dana Sebesar Ini untuk Kredit Toyota Yaris Cross GR Hybrid
    Siapkan Dana Sebesar Ini untuk Kredit Toyota Yaris Cross GR Hybrid
    Anjar Leksana . 12 Apr, 2024
  • Manfaatkan Posko Siaga Toyota untuk Rehat dan Cek Kondisi Mobil
    Manfaatkan Posko Siaga Toyota untuk Rehat dan Cek Kondisi Mobil
    Anjar Leksana . 08 Apr, 2024
  • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
  • Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2023
  • Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 09 Jun, 2023
  • Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mei, 2023
  • Komparasi New Honda Brio RS Lawan All New Toyota Agya GR Sport, Mana Lebih Menarik?
    Komparasi New Honda Brio RS Lawan All New Toyota Agya GR Sport, Mana Lebih Menarik?
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2023
  • First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
    First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
    Anjar Leksana . 26 Des, 2022
  • First Drive Toyota All New Vios: Transformasi dan Fitur Bikin Naik Kelas
    First Drive Toyota All New Vios: Transformasi dan Fitur Bikin Naik Kelas
    Muhammad Hafid . 18 Nov, 2022
  • First Drive Toyota bZ4X: Layak Punya Banderol Rp1 Miliar?
    First Drive Toyota bZ4X: Layak Punya Banderol Rp1 Miliar?
    Setyo Adi Nugroho . 10 Nov, 2022
  • Lebaran Drive: Silaturahmi Ke Rumah Saudara Naik Toyota Veloz Q CVT TSS
    Lebaran Drive: Silaturahmi Ke Rumah Saudara Naik Toyota Veloz Q CVT TSS
    Zenuar Yoga . 10 Mei, 2022
  • Test Drive Toyota Fortuner GR Sport: Mesin 2,8 Liter Jelas Mendongkrak Performa
    Test Drive Toyota Fortuner GR Sport: Mesin 2,8 Liter Jelas Mendongkrak Performa
    Alvando Noya . 25 Apr, 2022