Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Melirik Nissan Juke Seken, Crossover Kece yang Makin Terjangkau

    Nissan Juke pertama kali eksis di Indonesia pada 2011. Bentuknya yang unik, seketika langsung disukai. Salah satu pionir segmen crossover juga sebelum seramai sekarang. Sangat disayangkan, kiprahnya sudah berhenti. Belum ada probabilitas apakah generasi terbaru bakal meneruskan jejaknya. Posisi dalam lini Nissan Indonesia sekarang malah sudah diisi Kicks e-Power.


    Unit bekas bisa menjadi opsi bila menginginkan Juke. Harganya makin terjangkau, bahkan lebih murah dari LCGC. Pantas menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mobil berpenampilan berbeda.


    Contoh model awal edaran 2011, harganya berkisar Rp 90 - Rp 125 juta. Ada dua varian yang ditawarkan: 1.5 CVT dan 1.5 CVT RX. Keduanya memakai mesin sama, hanya fiturnya berbeda. RX menjadi kasta tertinggi, karena dilengkapi lampu Xenon dengan levelling, parking sensor, start/stop engine, intelligent key, mud guard dan spion lipat elektronik dengan I-Key.


    Model ini bertahan hingga mendapat penyegaran pada 2013. New Juke saat itu, memiliki varian RX dan RX Red Edition. Lebih kepada ubahan minor dan head unit, yang bisa dilepas dan difungsikan bak gawai tablet. Harganya juga menarik. Namun, kembali dibenahi lagi pada 2015. Sekaligus menambah varian Revolt yang menjadi pilihan tertinggi. Tipe RX sudah tidak ada lagi, digantikan Revolt. Meski minor, tapi wujudnya menjadi semakin atraktif, terutama pada wajahnya. Berdasarkan pantuan di laman jual beli mobil bekas, bisa dilego antar Rp 145 - Rp 180 juta.


    Lampu masih bulat tapi Revolt diberi aksen warna kontras dengan bodi. Di atasnya terdapat lampu kombinasi LED dan bentuknya lebih dinamis, mirip bumerang. Detail grille dan bumper dibuat lebih tegas untuk memperkuat kesan sporty dan tangguh.


    Pilihan varian semakin dilengkapi pada 2017. Nissan menambah trim Revolt II. Penampilan kian sporty berkat penyematan aksesori, termasuk pelek 17 inci warna baru. Kemudian head unit yang lebih lengkap fiturnya. Harga bekas keluaran 2017 sekitar Rp 160 - Rp 190 juta.


    Bicara jantung mekanis, unit HR15DE 4-silinder 1,5 liter serupa milik Grand Livina. Menghasilkan output 114 PS dan torsi 150 Nm, tergolong kompetitif di kelasnya. Seluruh daya dorong disalurkan melalui transmisi CVT XTronic. Menariknya, ia sudah dilengkapi mode berkendara (Eco, Sport dan Manual) untuk menghasilkan performa sesuai kebutuhan pengemudi, baik itu hemat bahan bakar maupun penuh tenaga. 


    Gimmick di head unit pun menarik. Tersedia sistem voice command dengan fitur yang tergolong lengkap seperti aux-in, USB Port, Ipod compatible, SD card, bluetooth, dan yang paling menarik adalah wifi ready internet connection yang memungkinkan untuk berselancar internet.


    Harap teliti sebelum memutuskan membeli Nissan Juke bekas. Jangan hanya melihat dari penampilan atraktifnya saja dan kondisi bodi masih bagus. Pastikan juga mesin, transmisi CVT dan suspensi dalam kondisi terawat. Faktor girboks ini cukup krusial. Terlambat mengganti oli CVT bisa mengakibatkan kerusakan internal. Catatan servis berkala di bengkel resmi sebuah nilai plus. Kelemahan mendasar dari Juke ini, visibilitas buruk. Tak lain disebabkan desain nyelenehnya yang cukup mempengaruhi daya pandang samping hingga belakang. (Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda