Mengenal Vespa Sprint, Varian dan Harga

Mengenal Vespa Sprint, Varian dan Harga
JAKARTA, Motovaganza.com -- Piaggio Indonesia kini mengandalkan penjualanya kepada Sprint. Bukan tanpa alasan model ini menjadi tulang punggung, Sprint mewasisi nama besar LX yang digandrungi sejak puluhan tahun silam. Meski demikian Sprint bukanlah seutuhnya pengganti LX. Bagi sebagian orang mungkin sudah paham betul, mereka sama persis. Namun terkadang ada saja yang termakan titel (Sprint), sehingga menganggap model yang baru punya performa lebih kencang. Atau bahkan masih terpaku di masa lalu. Lantaran beberapa dekade ke belakang, Primavera memangku mesin 125 cc. Sementara jenama Sprint kebanyakan mengusung dapur pacu 150 cc, meski disediakan juga beberapa tipe kecil. Makanya, kesan kencang cukup membekas. Jadi yang diwarisi Sprint bukanlah soal diferensiasi performa. Melainkan bentuk sekaligus tema lebih sporty. Tegas tercermin dari penggunaan rumah lampu utama, membentuk trapesium. Kesan tajam dari headlight ini memang merepresentasikan karakter motor agresif. Paling tidak jika dibandingkan langsung dengan Primavera - serbabulat dan cenderung elegan. Boleh dikatakan disitulah satu-satunya perbedaan mencolok. Shield, bodi samping, sampai ke belakang serupa. Pusaran tenaga juga dihasilkan jantung pacu 150 cc bertitel i-Get, tanpa ada racikan spesial. Karena itu, output sama persis. Perbedaan lain tak banyak, sekadar tertera pada aksesori dan pewarnaan. Semisal, pelek milik Sprint bernuansa gelap, mengejar gaya sporty. Palangnya pun berbeda, tampak memiliki alur asimetris. Dan urusan kelir, Piaggio menyajikan beragam corak ekspresif. Mencolok. Lain dengan Primavera, lebih banyak warna sejuk. Sisanya, dibedakan lewat bentuk spion, backlight display instrumen, serta aksesori pelindung speedometer pada Sprint. Baca juga: Piaggio Indonesia Gelar Kompetisi “Live More with Positivity”

Perbedaan Varian

Dulu, Sprint punya banyak varian. Dari mulai Veloce, Super Sprint, Sprint Kotak, Sprint Rally dan banyak lagi. Pada generasi terkini, ia dibagi jadi dua varian saja: Standar dan S. Untuk membedakannya sangat gampang. Tipe basis, memiliki bibir pelek perak dan palang hitam. Lantas opsi kelir bodi ada empat: Yellow Sole, Grey Titanio, White Innocenza, serta Red Passione. Varian S, mulai bisa dikenali dari pelek full black. Pernak-pernik berupa striping dan aksen warna kontras di beberapa titik, sampai motif jok juga lain. Berikut tiga opsi warna spesial: Grey Materia, Blue Vivace dan Black Vulcano. Hal ini berdampak pada harganya. Tipe standar sudah bisa dibeli mulai Rp 45,5 juta OTR Jakarta. Sementara yang S, ditawarkan mulai Rp 48 juta termasuk pajak, berlaku untuk DKI Jakarta. Sebetulnya, sempat hadir edisi terbatas di penghujung tahun lalu, yakni Notte dan Carbon. Harganya pun menarik, tak terpaut jauh. Hanya saja, belum tentu unitnya masih tersedia, mengingat tak diimpor banyak. Baca juga: TIPS: 6 Langkah Merawat Vespa Kesayangan Anda di Rumah

Kelebihan dan Kekurangan

Untuk mesin, Sprint sudah memakai i-Get generasi teranyar. Artinya berkubikasi bersih 154,8 cc 3-valves, injeksi. Dapur pacu ini cukup halus. Getaran yang kerap dirasa pada versi sebelumnya sangat terminimalisir, cenderung hilang. Catatan output juga memenuhi kebutuhan, 12,7 Hp/7.750 rpm dan torsi puncak 12,8 Nm/6.500 rpm. Hanya saja sistem pengereman ada sedikit kekurangan. Ia memang dibekali sensor ABS pada cakram 200 mm di depan. Tapi roda belakang, sistem penahan laju menggunakan model tromol. Meski tak menjadi bahaya, untuk motor seharga ini seharusnya sudah disediakan disc brake lengkap. Baca Juga: Pahami Aspek ini Dulu Sebelum Beli Vespa Sprint HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023