Modifikasi Toyota GR Yaris, Gunakan Mesin GR Supra

TOKYO -- Daigo Sato, drifter papan atas Jepang, sepertinya kesengsem berat dengan Toyota Yaris. Ia lagi-lagi membuat sebuah proyek modifikasi menggunakan hatchack kebanggaan Toyota itu. Yang digarap adalah GR Yaris. Tak hanya tampilan, jantung pacunya juga diganti agar lebih sangar.


Toyota Yaris memang menjadi salah satu hatchback yang kerap dijadikan objek modifikasi. Jika di Indonesia Toyota Astra Mmotor melansir New Yaris, di Jepang sana Toyota Corporation juga tak lama memperkenalkan GR Yaris terbaru. Versi di kedua negara tersebut hadir lebih sporty.


Sebelumnya, Daigo mengerjakan proyek memodifikasi Toyota GR Supra. Ia menjejalkan mesin legendaris 2JZ-GTE ke dalam Toyota GR Supra berkode bodi A90. Sekarang ia kembali melakukannya. Mesin 6 silinder legendaris tersebut dimasukkan ke dalam Toyota GR Yaris. Nantinya mobil GR Yaris garapannya ini akan dijadikan mobil drifting.


Daigo Saito GR Yaris modifikasi


Mesin 2JZ yang dimasukkan tersebut aslinya berkapasitas 2.997 cc. Tapi, drifter porfesional ini men-stroke up mesinnya menjadi 3.400 cc. Mesin besar itu disokong dengan turbocharger berukuran besar buatan HKS. Mantan juara D1GP itu mengklaim mesin milik GR Yaris yang dikerjakannya memiliki tenaga sebesar 1.000 hp.


Fat Five Racing milik Daigo Saito ini rela melepas mesin asli Toyota GR Yaris. Padahal, sebagai informasi mesin aslinya sudah terbilang kencang. Mesin yang dipreteli adalah mesin G16E-GTS 1.6 liter Turbo 3 silinder. Mesin bawaan GR Yaris itu punya tenaga sebesar 272 Hp dan torsi 370 Nm. Lantas, setelah dimodifikasi gak kebayangkan bukan berapa besar torsinya.


Daigo Saito GR Yaris modifikasi


Sistem penggerak dan transmisi tetap dipertahankan oleh Fat Five Racing. Toyota GR Yaris dibekali penggerak FWD (Front Wheel Drive) dan transmisi CVT. Padahal seharusnya standar mobil untuk drifting minimal RWD (Rear Wheel Drive).


Untuk eksterior, Fat Five Racing memasangkan body kit Pandem Rocket Bunny yang baru-baru ini juga muncul di berbagai media international. Body kit ini dirancang oleh Kei Miura dari Tra-Kyoto.


Daigo Saito GR Yaris modifikasi


Seluruh bodi dilapisi livery Sunoco-Monster Energy. Livery yang sama pada Toyota GR Supra. Tampil semakin eye catching dengan penggunaan velg besar. Toyota GR Yaris ini dibekali velg milik Work Emotion CR3P ELGs yang cukup lebar. Sayangnya tidak ada informasi detailnya, tapi pastinya velg yang digunakan berdiameter 18 inci. Kemudian, untuk warna, hijau menjadi pilihan Daigo agar lebih eye catching. 


GR Yaris, mencoba untuk menjawab nostalgia pecinta kecepatan. Terutama mereka yang suka dengan kesederhanaan mobil kencang Toyota. Bermodal dimensi compact tiga pintu, lincah, bertenaga dan praktis. Mirip Toyota Starlet Turbo di era 80-90an. Klaimnya, mereka hanya akan membuat 25.000 unit setahun untuk seluruh pasar otomotif dunia. Jumlah itu adalah demi memenuhi homologasi World Rally Championship (WRC), ajang yang Toyota sedang getol mengikutinya. (Valdo)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda