Morini X-Cape 650, Motor Adventure Blasteran Italia-Cina Siap Masuk Pasar Asia

Moto Morini X-Cape

Namanya khas Italia tapi hasil pengembangan Cina. Mungkin sudah banyak yang saling jalin hubungan seperti itu agar mampu bersaing di industri otomotif. Perkenalkan, Morini X-Cape 650, Masuk dalam genre adventure yang ditenagai oleh mesin kembar paralel berpendingin cairan 650 cc. Kabarnya siap masuk pasar Asia dan Eropa.

Sebetulnya ia sudah muncul di hajatan EICMA 2019. Saat itu tampil masih berstatus konsep. Pabrikan berjanji bakal merilisnya pada pertengahan 2020. Dan ternyata itu tidak terlaksana lantaran pandemi covid-19. Sekarang ia telah melantai di Beijing Motor Show 2021. Ini suatu pertanda bahwa dalam waktu dekat unit ini masuk pasar Asia. Bahkan X-Cape 650 sudah tampil di situs web Moto Morini. Di situ dikatakan "Tersedia dalam beberapa bulan mendatang".

Untungnya, Moto Morini tetap setia pada konsep desain asli. Tidak ada ubahan signifikan saat tampil di pameran otomotif Cina. Masih terlihat identik meski kabarnya teknologi mesin berbagi dengan perusahaan Tiongkok. Walau demikian, perancangan dan pengembangan motor itu dilakukan di Bologna, Italia. Markas pusat Moto Morini.

Moto Morini X-Cape

Dari perspektif styling, X-Cape memiliki kemiripan kuat dengan Honda Africa Twin generasi pertama. Terlihat dari tangki bahan bakar yang menjulang tinggi dan jok lebih rendah. Membuat pengendaranya sulit untuk bergerak. Tetapi model kursi seperti itu menjanjikan stabilitas mumpuni. Lampu depan ganda menyatu dengan fairing. Belakangnya mengadopsi model lancip, dengan tambahan behel untuk mengakomodir penggunaan box.

Sasis pakai model teralis. Sub frame tertutup rapi dengan bodi. Ukuran tubuhnya 2.190 x 905 x 1.390 mm (PxLxT). Wheelbase 1.470 mm, ketinggian kursi 820 mm, Ground clearance 175 mm dan berat keringnya 213 kg. Makin berat kala diisi bahan bakar sebanyak 18 liter. Sayangnya knalpot dirancang sangat rendah, sedikit rentan kala dipakai bertualang. Ukuran segitu mirip KTM 790 Adventure.

Baca Juga: Zaiser Motors Persiapkan Cruiser Elektrik dengan Jarak Tempuh Lebih dari Mobil

mesin moto morini x-cape

Menengok spesifikasinya, X-Cape 650 menggendong mesin berkapasitas 649 cc DOHC paralel-twin berpendingin cairan dan sudah berstandar Euro 5. Bore x stroke: 83 x 60 mm dan kompresi 11.3:1. Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 60 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi 56 Nm pada 7.000 rpm.

Untuk menunjang penggunaan di medan tak rata, perangkat suspensi depan pakai model upside berdiameter 50 mm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Belakangnya monochock dengan swingarm berbahan alumunium yang ringan dan kuat. Roda depan berukuran 19 inci dibalut ban tubeless 110/80 dan roda belakang 17 inci dengan ban 150/70.

Peranti pengereman, Moto Morini memberinya double disc 298 mm dan 255 mm single disc. Masing-masing dijepit 2 piston. Kedua penghenti laju disematkan peranti ABS dual channel dari BOSCH tipe ABS 9.1 Mb.

Selain perangkat ABS, fitur lainnya ada pencahyaan full LED, layar TFT 7 inci dengan teknologi TMPS dan konektivitas via bluetooth. Untuk memudahkan pengendara dalam mengatur terpaan angin dari depan, windshield bisa diatur ketinggiannya hanya dengan satu tangan.

Tambahan informasi, pabrikan Italia ini didirikan Alfonso Morini pada 1937. Beberapa modelnya pernah digemari konsumen Eropa dan beberapa wilayah dunia. Namun sayang pada akhir 1990-an, masalah keuangan melanda. Untuk mengatasi hal ini, kepemilikan saham Moto Morini akhirnya diakuisisi oleh pabrikan Tiongkok, Zhongneng Vehicle Group, 2018 lalu. (Bgx/Odi)

Sumber: Visordown, Adv Pulse

Baca Juga: Felo FW06, Cerminan Masa Depan Italjet Dragster Tapi Berjantung Modern

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang