Zaiser Motors Persiapkan Cruiser Elektrik dengan Jarak Tempuh Lebih dari Mobil

zaiser motors

Berapa ekspektasi Anda soal kemampuan jarak tempuh sebuah motor elektrik? Kami kira apa yang ditawarkan Zaiser bakal berkali lipat dari bayangan. Sebab sebuah cruiser tengah dipersiapkan untuk menempuh jarak lebih jauh dari roda empat listrik sekalipun. Secara bersamaan, ia juga sanggup melesat cepat dengan penggerak dua rodanya.

Zaiser Motors sendiri bukan merek lama. Mereka merupakan startup asal Colorado, Amerika Serikat. Tapi amunisi yang ditajuk electrocycle ini tak bisa dipandang sebelah mata. Malah sekelas Harley-Davidson saja belum bisa mengklaim kemampuan sehebat ini.

Sebagai perbandingan, Livewire milik H-D dikatakan bisa meraih 234 km sekali isi daya. Dan Hyundai Kona Electric, masih di kisaran 345 km. Cruiser buatan pabrik baru ini, diklaim bisa berjalan jauh sampai 482 km sekali isi. Sudah memenuhi kriteria dengan status cruiser-nya bukan?

Baca Juga: Kymco Gunakan Nama Ionex sebagai Merek Skuter Listrik

zaiser motors

Jarak segitu, jika kita bandingkan dengan kemampuan mesin bakar konvensional pun sudah setara. Bahkan untuk performa sebesar ini pun rasanya enjin bensin tidak bakal bisa lari selama itu. Dan tentunya menggebrak kritisi soal elektrifikasi: Tak mampu berjalan jauh sehingga repot isi ulang daya.

Tak terhenti di situ, waktu dibutuhkan untuk isi ulang listrik memakan waktu cukup singkat. Diklaim 0-80 persen bisa tuntas dalam 40 menit jika menggunakan akses fast charging. Sementara kalau tegangan standar, kosong sampai penuh berkisar 8 jam pengisian. Normal. Semua ini berkat baterai 17,3 kWh yang cukup besar dan bisa ditukar.

Baca Juga: Okinawa Scooters Bakal Rilis Naked Bike Listrik Mirip Ducati Monster

zaiser electrocycle

Untuk memacu motor, Anda pun bakal dikejutkan oleh instannya torsi motor elektrik. 0-100 kpj dikatakan hanay butuh waktu 3,6 detik. Resultan yang begitu memukau buat sosok bongsor seperti ini. Apalagi, kecepatan puncak mampu menembus 193 kpj. Benar-benar cukup memuaskan.

Lucunya, bukan hanya roda belakang yang bergerak. Dua hub motor elektrik didistribusi pada roda depan dan belakang. Atau sederhananya 2WD. Hanya saja, ada pembagian porsi. Di depan sepuluh persen, sementara sembilan puluh persen pergi ke ban belakang. Tentunya, hal ini dilakukan demi motor tetap aman. Tidak liar.

Fiturnya? Tak kalah hebat. Sistem stabilisasi otomatis sudah menjadi paket dari sosok baru ini. Fungsinya, menjaga keseimbangan motor yang notabene berat dan besar. Adapun sensor jarak untuk mendeteksi keberadaan objek lain. Dan segala sensor asisten lain layaknya sebuah kendaraan roda empat.

Tapi memang, wujudnya mungkin tak mudah diterima oleh masyarakat. Ini benar-benar brutal. Boleh jadi pantas berseliweran di kota Gotham, tempat Batman beraksi. Sebab tarikan garis motor agak aneh, menggembung dan cenderung tidak proporsional. Apalagi, jarak sumbu rodanya sangat panjang. Dalam rencananya, ia akan resmi dijual pada akhir 2021 atau awal 2022. Dengan estimasi harga Rp300 jutaan. (Hlm/Odi)

Sumber: Visordown

Baca Juga: Motor Hybrid Listrik-Hidrogen Rancangan Segway Akan Dirilis 2023

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang