Felo FW06, Cerminan Masa Depan Italjet Dragster Tapi Berjantung Modern

Banyak purwarupa motor listrik muncul dari Cina, India dan Jepang. Karena di sana sedang terus berinovasi dalam hal infrastruktur transportasi untuk menuju ke arah lebih baik. Seperti yang dilakukan oleh Felo, perusahaan asal Tiongkok yang baru saja merilis FW06. Bila dilihat dari wujudnya, skuter listrik sporty itu punya kemiripan dengan Kymco F9.


Kesamaan produk ini bukan hasil plagiat, lantaran memang kedua perusahaan sudah menjalin kerja sama. Kemitraan itu menghasilkan pengembangan produk, jaringan baterai, kolaborasi merek, dan OEM. Termasuk pula mengintegrasikan teknologi inovatif seperti platform bodi kendaraan, penggerak listrik dan modul integrasi kontrol elektronik, serta modul daya baterai.


FW06 sebetulnya telah dipamerkan di EICMA 2019. Desain bagus, warna mencolok, dan finishing rapi mengubah persepsi orang mengenai skuter listrik. Sayangnya saat itu masih berupa purwarupa. Memiliki wujud agresif dan futuristis, banyak yang beranggapan ia merupakan cerminan masa depan Italjet Dragster tapi dengan jantung modern.


Felo SW06


Boleh dibilang FW06 tidak seperti kebanyakan skuter listrik lain di pasaran saat ini. Yang membedakan tentu saja dalam hal gaya dan teknologi. Ramah lingkungan yang dihasilkan juga tidak bisa disamakan. Tapi kalau dilihat dari dimensi, ia persis skutik berkapasitas 125 cc. Panjang 1.755 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.050 mm. Ditilik dari bobotnya juga lebih ringan, hanya 107 kg. Reduksi itu tak lepas dari pabrikan yang menggunakan material pilihan. Sebagai contoh, pakai pelek dari bahan aluminium alloy berdiamater 14 inci.


Sama seperti Kymco F9, Felo FW06 dilengkapi dengan transmisi dua kecepatan. Dengan pengaturan ini, pengendara dapat memilih akselerasi sesuai kebutuhan. Pertama meningkatkan respons dan kelincahan saat di dalam kota. Setelah jalanan agak lengang, pengendara dapat pindah ke gigi yang lebih tinggi untuk mengoptimalkan efisiensi pada kecepatan. Tapi tentu saja, ini berpengaruh dalam hal jangkauan baterai.


Felo SW06


Skuter eksentrik ini ditawarkan dalam dua varian GL dan DX. Keduanya hanya dibedakan dari kapasitas baterai. Versi standar mengemas baterai Lithium-ion 80Ah yang dikatakan mampu berjalan sejauh 110 km. Sedangkan trim paling tinggi mendapat 88Ah dan bisa menempuh jarak sampai 140 km dengan sekali pengisian daya.


Felo FW06 mendapat motor listrik yang mampu memompa daya sebesar 10kW. Itu setara dengan 13,4 tenaga kuda. Memungkinkan dirinya bisa mencapai kecepatan tertinggi 110 kpj. Output yang dihasilkan itu mirip seperti skuter konvensional berkapasitas 125 cc hingga 150 cc. Bedanya ia punya getaran lebih halus, tenang dan mampu melesat seketika.


Untuk memastikan keselamatan pengendara, FELO FW06 dilengkapi dengan rem cakram di roda depan dan belakang. Serta ABS saluran tunggal untuk pengendalian yang lebih baik di jalan. Tugas suspensi pada skuter listrik ini diurus oleh garpu teleskopik di sisi depan dan unit mono-shock di bagian belakang.


Yang menarik, ia dilengkapi dengan instrument cluster TFT 5,0 inci dengan konektivitas smartphone dan pengaturan pencahayaan all-LED. Memiliki apron depan besar dengan lampu utama sipit. Kursi tipe datar dengan rel pegangan pembonceng, dan ditawarkan kunci kontak model keyless.


Di Cina, varian GL dan DX dari FELO FW06 masing-masing dibanderol dengan harga CNY 26.800 (sekitar Rp59 jutaan) dan CNY 28,800 (setara Rp64 jutaan). Tersedia dalam dua warna: Fluorescent Green dan Graffiti. (Bgx/Odi)


Sumber: Ride Apart, News bytesapp

Artikel yang direkomendasikan untuk anda