Motor 150 cc yang Enak Diajak Touring, Ini Dia Pilihannya

hondanews.com

Beberapa pabrikan menawarkan produk yang bisa diandalkan buat touring. Umumnya dirancang agar di nyaman dikendarai selama perjalanan panjang. Biasa didominasi motor jenis sport dan naked. Banyak juga diisi oleh kelas bermesin 150 cc. Ada apa saja? Berikut pilihannya. 

 

Honda CB150X

Honda CB150X

Honda CB150X punya aura big bike adventure. Desainnya mengambil DNA dari CB500X, terutama di area lampu utama. Kemudian bentuk area tangki bahan bakar yang menyatu dengan shroud, membuatnya tampil sangat gagah. Selaras dengan tampilan motor adventure, cover tangki bahan bakar dibuat besar. Bagian atasnya terdapat lubang yang bisa difungsikan sebagai pengait tank bag. Sementara, bagian belakangnya masih menampilkan ciri khas motor sporty yang meruncing ke belakang.

Agar piawai melibas medan beragam, fork ini diberi travel yang panjang. Selain jadi tampak gagah, penambahan jarak main suspensi tersebut membuatnya lebih nyaman saat melibas beragam kontur jalan. Otomatis membuat ground clearance CB150X lebih tinggi, yaitu 181 mm. Ia juga dilengkapi berbagai komponen penunjang perjalanan jauh. Salah satunya windscreen tinggi untuk menahan terpaan angin dari depan. 

Sumber tenaga motor ini adalah unit 1-silinder 150cc DOHC 4-katup PGM-FI berpendingin cairan. Performa unggul pada putaran mesin rendah ke menengah, sehingga kemampuan untuk menanjaknya lebih baik, sesuai dengan karakter pengendara yang menyukai touring. Banderol CB150X sebesar Rp32,95 juta. Sementara ada varian Special Edition (SE) senilai Rp33,45 juta

 

Honda ADV150

Honda ADV150

Astra Honda Motor (AHM) juga punya motor adventure kelas 150 cc, tapi model ini bertransmisi otomatis, ya Honda ADV150. Walau jenis skutik, kuda besi ini dapat diandalkan buat touring. Sebab disematkan peranti dan fitur penunjang untuk perjalanan jauh.

Ada Windscreen yang sangat fleksibel dengan dua posisi ketinggian dan setang lebar model telanjang. Lalu punya sistem penerangan yang full LED, DRL (daytime running light), panel meter serbadigital, ABS dan CBS, Honda Smart Key with alarm system), power charger, idling stop system (ISS) serta twin subtank rear suspension. Dan terpenting punya bagasi luas.

Jantung mekanisnya berkapasitas 150 cc 4 langkah, SOHC, eSP dengan PGM-FI. Menghasilkan tenaga sebesar 14,3 Hp pada 8,500 rpm dan torsi 13,8 Nm di putaran 6,500 rpm. Honda ADV150 dipasarkan dengan dua tipe, ABS-ISS yang dijual Rp38,251 dan CBS-ISS dilego Rp35,186 OTR Jakarta.

 

Honda CB150R Streetfire

review honda CB150R Streetfire

Masih dari pabrikan sama, ada Honda CB150R Streetfire yang mampu diajak touring. Ia punya modal rangka teralis yang diklaim menunjang stabilitas saat dipakai. Lalu setang model lebar bikin posisi berkendara lebih rileks. Kemudian didukung raiser lumayan tinggi dan dikasih karet damper di antara segitiga atas. Serta suspensi upside down tipe SFF-BP berdiameter 37mm.

Buat fiturnya ada instrument cluster full digital. Selain beri kesan modern, ia mampu menampilkan berbagai informasi penting. Mulai dari gear position, kecepatan kendaraan, putaran mesin, jam digital, trip meter, sampai dengan konsumsi bahan bakar.

Mesinnya satu silinder berpendingin cairan, 149,16 cc, PGM-Fi, berkompresi 11,3:1. Menghasilkan daya 16 hp di 9.000 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm. Penyalur tenaganya ditangani oleh transmisi manual 6-speed. Pas untuk berkendara di jalur perkotaan, sekaligus asyik diajak touring. Harganya variatif dibedakan motif warna. Buat varian cat standar dijual Rp29,7 juta dan grafis special edition dibanderol Rp30,7 juta OTR Jakarta.

 

Suzuki GSX-150 Bandit

Suzuki GSX150 Bandit

Bandit dibuat untuk konsumen pecinta touring. Meski tergabung dalam keluarga GSX dan banyak mengambil komponen sama dengan GSX-S150, Bandit memiliki beberapa perbedaan desain. Salah satunya jok yang dirancang pakai model menyatu, sehingga dapat digunakan sebagai transportasi sehari-hari bahkan perjalanan jauh atau touring.

Buat jantung pacu yang diusung tak berbeda dengan GSX-S150. Berkapasitas 147,3 cc, mesin 1 silinder DOHC 4-valve Fuel Injection yang mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 19,1 Hp pada putaran 10.500 rpm dan torsi puncak 14 Nm di 9.000 rpm. Angka itu cukup besar untuk melesatkan motor berbobot kosong 135 kg.

Saat ini dijual Rp27,3 juta (on the road DKI Jakarta). Untuk memberi penampilan touring yang menarik, GSX-150 Bandit bisa ditingkatkan melalui penyematan aksesori Suzuki Genuine Accessory. Ketersedian komponen tambahan itu melingkup seluruh sektor, antara lain Cover Protector Radiator, Tank Pad, Fuel Cap, hand Guard, Bar End Plug, Windshield, Side Bag Soft dan Rim Wheel Decal Set.

 

Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 2021

Selain dari keluarga Honda dan Suzuki, Anda bisa juga melirik Yamaha MT-15. Naked bike ini ditunjang dengan beragam komponen yang mampu melintasi daerah urban atau perkotaan. Tak salah juga kalau dipakai buat touring jarak jauh. Sebut saja setang lebar, deltabox, suspensi upside down, hingga ban berprofil lebar.

Ia dibekali jantung pacu berkubikasi 155 cc 4-katup. Mampu menyemburkan tenaga sebesar 19 Hp pada 10.000 rpm dan menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Daya lalu disalurkan melalui transmisi enam percepatan. Lebih mantap dengan Variable Valve Actuation (VVA), yang menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin. Harganya Rp37,4 juta on the road Jakarta. 

 

Yamaha Vixion R

Yamaha Vixion R

Masih dengan merek yang sama, ada All New Vixion R. Ia menawarkan banyak keunggulan yang dapat dinikmati oleh pengendara. Komponen yang terpasang juga sangat mumpuni dipakai touring. Seperti tangki bensin 12 liter, deltabox, speedometer dengan shift timing light, swing arm berbahan alumunium dan pelek lebar.

Vixion R dibekali jantung mekanis 155cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan dan disematkan teknologi andalan Yamaha yaitu Variable Valves Actuation (VVA). Ia sanggup menggelontorkan tenaga sebesar 19 Hp di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 RPM. Distribusi output terasa lebih baik dengan transmisi 6-speed dan dukungan assist & slipper clutch. Tak salah jika banyak yang memilihnya untuk digunakan perjalanan jauh. Saat ini dijual Rp31,8 juta OTR Jakarta. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Cek Harga Skutik Yamaha untuk Awal 2022

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Skema Kredit Scoopy Kuromi, Angsuran Mulai Rp997 Ribu
    Skema Kredit Scoopy Kuromi, Angsuran Mulai Rp997 Ribu
    Setyo Adi Nugroho . 13 Okt, 2025
  • Pembalap Astra Honda Borong Tiga Podium di ARRC Malaysia
    Pembalap Astra Honda Borong Tiga Podium di ARRC Malaysia
    Zenuar Yoga . 13 Okt, 2025
  • Partisipasi Konsumen Federal Oil Meningkat, Program Hadiah Pulsa Jadi Ajang Edukasi Produk Asli
    Partisipasi Konsumen Federal Oil Meningkat, Program Hadiah Pulsa Jadi Ajang Edukasi Produk Asli
    Zenuar Yoga . 13 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025