Penyegaran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize bukan kabar baru. Juli lalu pernah kami beritakan soal rencana minor change sekaligus tambahan varian hybrid. Dijadwalkan pengenalan resmi pada 1 November 2021 di pasar Jepang. Benar saja, kabar itu valid setelah informasinya bocor dari diler Daihatsu di sana. Rocky akan menyandang emblem e:Smart dan mendapat sedikit ubahan pada wajah.
Sepertinya tidak sengaja terbuka ke dunia maya lewat Creative311. Berupa tampilan teaser yang direncanakan untuk pengumuman pada 1 Oktober 2021 atau sebulan sebelum peluncuran. Terlihat siluet muka Rocky dengan grafis mesin di bonnet. Tapi belum memperlihatkan wajah baru hasil minor change. Lalu terpampang jelas Rocky e:Smart beserta tanggal peluncuran. Sekaligus ditegaskan logo Daihatsu berlatar biru sebagai penanda varian hibrida.
Muka baru Daihatsu Rocky terlihat di gambar berikut. Tak banyak, cuma mengubah pola grille menjadi model honeycomb. Menggantikan bentuk garis horizontal yang terlalu sederhana. Selebihnya masih sama seperti Rocky versi Jepang. Ingat, tidak total sama dengan rakitan lokal. Muka Rocky Jepang dapat dibedakan dari area fog lamp. Terdapat Daytime Running Light (DRL) LED dalam bentuk batang vertikal. Sementara di sini tidak ada. Lalu ada emblem e:Smart menempel di fender.
Baca Juga: Ketahui Lagi Keuntungan Teknologi ASA dan Sistem Penggerak D-CVT Milik Daihatsu Rocky
Sistem hybrid yang dipakai merupakan pengembangan terbaru. Sekaligus menjadikan produk Daihatsu pertama pengguna e:Smart Hybrid. Menyajikan mode berkendara listrik 100% layaknya BEV murni. Meski belum ada data jarak yang bisa ditempuh. Sistem mampu bekerja cerdas mengombinasikan daya dihasilkan baterai dan mesin ICE untuk menyuplai energi listrik ke motor tergantung kondisi berkendara. Sehingga efisiensi bahan bakar meningkat drastis tanpa perlu kapasitas baterai terlalu besar.
Pendamping sistem hybrid berupa enjin 3-silinder 1,2-liter. Ya, mesin baru yang sudah bisa dinikmati konsumen Indonesia lewat Rocky trim 1.2L. Memang disiapkan untuk model hybrid ini sekaligus tersedia dalam trim sendiri. Berarti New Rocky menyajikan dua opsi powertrain anyar selain unit 1,0-liter turbo. Di e:Smart Hybrid, mesin 1.2L berperan sebagai generator penyuplai listrik. Kapasitas kecil dan putaran mesin relatif stabil, paling pas untuk mengisi ulang energi listrik di baterai. Tujuan utama memang lebih ke efisiensi.
Jadi, e:Smart mirip e-Power garapan Nissan. Di pasar lokal terkenal lewat Kicks e-Power. Bahkan terungkap pula fitur baru Smart Pedal yang perannya persis seperti e-Pedal punya Nissan. Membuat operasional berkendara makin mudah hanya memakai satu pedal saja, baik untuk akselerasi maupun deselerasi. Pengereman langsung berfungsi ketika injakan throttle dikurangi. Tersedia dalam beberapa model sebagai pengatur kekuatan deselerasi. Bisa pilih mode Normal atau Eco. Kalau belum terbiasa dengan sistematis pedal semacam ini, bisa saja dimatikan.
Trim 1.2L dan 1.2L Hybrid masuk sebagai varian baru New Rocky di Jepang. Jumlah tipe semakin beragam selain line-up 1,0L turbo. Bahkan harganya pun sudah tertera, berikut detailnya: (Odi)
Sumber: Creative311
Baca Juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Dikabarkan Meluncur November
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.