Nissan Kicks e-Power Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 449 Juta

Nissan Kicks e-Power

JAKARTA -- Nissan Motor Indonesia akhirnya benar-benar membuat kejutan dengan melansir Kicks e-Power secara resmi hari ini, Selasa (2/9/2020). Kenapa dibilang kejutan? Pasalnya mobil ini punya beberapa teknologi yang terbilang baru untuk publik otomotif Tanah Air.

Dalam bahasa ringkasnya, Nissan Kicks e-Power adalah mobil listrik, tapi tidak perlu mengecas baterai. Mobil ini juga hanya menggunakan satu pedal, bukan dua seperti mobil bertansmisi otomatis pada umumnya. Sangat unik kan?

"Debut all-new Nissan Kicks e-Power di Indonesia adalah pionir dan solusi inovatif bagi konsumen yang menginginkan sensasi berkendara dan efisiensi mobil listrik, tanpa perlu repot dengan charging. Berkat teknologi e-Power yang diciptakan Nissan, Kicks memiliki tiga poin utama. Torsi instan, kedap dan fuel efficiency," kata Presiden Direktur Nissan di Indonesia, Isao Sekiguchi saat rilis virtualnya via Youtube.

Nissan Kicks e-Power

Teknnologi e-Power

Nilai jual utama Nissan Kicks e-Power ini terletak di balik kapnya. Kicks e-Power menggunakan enjin pembakaran yang sebenarnya bukan barang baru. Berkode HR12DE, unit dapat ditemukan pada beberapa produk Nissan. Juga digunakan anak perusahaan, Datsun pada GO dan GO+. Spesifikasinya tiga silinder sejajar berkubikasi 1,2 liter. Diameter langkah disetel 78,0 x 83,6 mm dengan rasio kompresi 12:1. Semburan tenaga memang tak mumpuni, 79 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 103 Nm pada rentang 3.600 - 5.200 rpm. Walau begitu, output tak digunakan memutar roda seperti biasa. Melainkan bertindak sebagai penghasil tenaga listrik.

Motor listrik berkode EM57 inilah yang menjadi jantung pacu utama. Kinerja ini disebut e-Power. Kombinasinya menghasilkan energi tertinggi 129 PS pada rentang 4.000 - 8.992 rpm. Akselerasi instan sebesar 260 Nm tersedia sejak dini, 500 - 3.008 rpm. Angka segini cukup untuk melesatkan crossover di berbagai kondisi jalan.

Suplai daya berasal dari baterai lithium-ion 1,57 kWh. Terbilang kecil, tapi sudah cukup untuk bertualang jauh, lantaran di-charging dapur pacu konvensional. Jadi tak perlu mengisi daya layaknya HEV biasa. Makin menyenangkan karena performa dapat disetel sesuai kebutuhan lewat mode berkendara : Normal, S, Eco dan EV.

Teknologi e-Power sendiri diklaim dapat memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik. Karena energi dari mesin bersilinder tak ditranslasikan langsung ke roda. Ini turut berpengaruh pada emisi gas buang yang jauh rendah dibanding mobil biasa.

Nissan Kicks e-Power cara kerja

One-Pedal Operation

Selanjutnya, inovasi lain yang diboyong Nissan adalah one-pedal operation. Jadi hanya ada satu pedal yang pelu dioperasikan pengemudi. Pedal akselerator juga bisa mengaplikasikan deselerasi.
Cara kerjanya sederhana. Ketika diinjak, mobil berjalan atau dipercepat lajunya. Namun, bila dilonggarkan pijakan perlahan maka sistem mengaplikasikan pengereman bertahap. Saat benar-benar dilepas, mobil pun bakal berhenti. Persis seperti mobil listrik mainan.

Nissan Kicks e-Power interior

Desain

Soal desain, Kicks e-Power tak beda dengan model-model masa kini. Ia sudah menerapkan konsep V-Motion pada grille. Tampangnya galak berkat kisi-kisi masif berbingkai tebal, mirip tameng.

Kabin mobil ini dapat mengangkut hingga lima penumpang. Pilihan atraktif untuk penggunaan di jalan perkotaan. Tak hanya terfokus pada sistem penggerak, fitur terpasang lengkap dan terkini. Memasuki kabin sudah pasti memanfaatkan teknologi keyless. Begitu juga menyalakan mobil pakai start/stop button. Dasbor diramaikan head unit 8 inci berkonektivitas Apple CarPlay untuk smartphone.

Nissan Kicks e-Power pilihan warna

Fitur dan Harga

Berbagai fitur sudah dimiliki. Perlindungan diperkuat ragam perangkat. Yang standar seperti Anti-lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution System dan Brake Assist. Fitur keselamatan canggih seperti Intelligent Cruise Control, Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking diberikan.

Lantas berapa harga yang dipasang? Nissan melegonya sangat kompetitif di Rp 449 juta (OTR DKI Jakarta). Hanya satu varian dengan empat pilihan warna : Monarch Orange-atap hitam, Storm White-atap hitam, Black Star dan Gun Metallic. Banderol sudah termasuk Nissan Care Package, berupa gratis biaya servis dan suku cadang untuk perawatan berkala 4 tahun atau 50 ribu km. Masih ketambahan garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100 ribu km. Dan jaminan baterai maupun komponen kelistrikan 5 tahun/100.000 km. Unit sudah bisa dipesan saat ini, dengan pengiriman ke konsumen mulai Oktober 2020. (Hfd/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Nissan Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Nissan dari Carvaganza

  • BEIJING AUTO SHOW 2024: Empat EV Baru Nissan Gempur Pasar Cina
    BEIJING AUTO SHOW 2024: Empat EV Baru Nissan Gempur Pasar Cina
    Setyo Adi . 28 Apr, 2024
  • Ini Hal-Hal Menarik Yang Wajib Diketahui dari Nissan Kicks e-Power
    Ini Hal-Hal Menarik Yang Wajib Diketahui dari Nissan Kicks e-Power
    Alvando Noya . 06 Apr, 2024
  • Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman Dan Irit Banget
    Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman Dan Irit Banget
    Alvando Noya . 06 Apr, 2024
  • The Arc, Rencana Besar Nissan Lahirkan Puluhan Mobil Elektrifikasi
    The Arc, Rencana Besar Nissan Lahirkan Puluhan Mobil Elektrifikasi
    Setyo Adi . 30 Mar, 2024
  • Nissan Indonesia Berikan Diskon Hingga 60 persen Selama Ramadhan 2024
    Nissan Indonesia Berikan Diskon Hingga 60 persen Selama Ramadhan 2024
    Zenuar Yoga . 22 Mar, 2024

Artikel Mobil Nissan dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Nissan Memperlihatkan Empat Model NEV Baru untuk Pasar Tiongkok
    Nissan Memperlihatkan Empat Model NEV Baru untuk Pasar Tiongkok
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2024
  • Poin Menarik yang Ditawarkan Nissan Kicks e-Power
    Poin Menarik yang Ditawarkan Nissan Kicks e-Power
    Alvando Noya . 06 Apr, 2024
  • Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman dan Irit Banget
    Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman dan Irit Banget
    OTO . 06 Apr, 2024
  • Nissan Ungkap The Arc, Langkah Strategis untuk Bersaing Global
    Nissan Ungkap The Arc, Langkah Strategis untuk Bersaing Global
    Setyo Adi Nugroho . 01 Apr, 2024
  • Nissan Siapkan Bengkel Siaga dan Layanan Darurat 24 Jam Selama Musim Mudik 2024
    Nissan Siapkan Bengkel Siaga dan Layanan Darurat 24 Jam Selama Musim Mudik 2024
    Zenuar Yoga . 25 Mar, 2024
  • Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mei, 2023
  • Toyota All New Voxy atau Nissan All New Serena, Pilih Mana?
    Toyota All New Voxy atau Nissan All New Serena, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 18 Feb, 2022
  • 5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    Setyo Adi Nugroho . 02 Sep, 2021
  • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
  • Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Ahmad Karim . 18 Mei, 2021
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Setelan Baru Mengejar Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Setelan Baru Mengejar Efisiensi
    Wahyu Hariantono . 29 Nov, 2023
  • First Drive New Nissan Kicks e-Power 2023: Performa Masih Idaman, Efisiensi Jadi Bonus
    First Drive New Nissan Kicks e-Power 2023: Performa Masih Idaman, Efisiensi Jadi Bonus
    Setyo Adi Nugroho . 13 Apr, 2023
  • Realita Nissan Leaf Dibawa Pergi Jauh: Mumpuni dan Nikmat Namun Dibatasi Kondisi
    Realita Nissan Leaf Dibawa Pergi Jauh: Mumpuni dan Nikmat Namun Dibatasi Kondisi
    Ahmad Karim . 09 Sep, 2021
  • First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    Ahmad Karim . 14 Jan, 2021
  • Road Test Nissan Kicks e-Power, Konsumsinya Bisa 25 Km/Liter
    Road Test Nissan Kicks e-Power, Konsumsinya Bisa 25 Km/Liter
    Wahyu Hariantono . 13 Okt, 2020