Opsi SUV Hybrid Toyota, Pilih C-HR atau Corolla Cross?

ch-r hybrid vs corolla cross hybrid

Dalam sajian SUV hybrid merek Toyota, ada dua rekomendasi: Corolla Cross Hybrid dan C-HR Hybrid. Bukan hanya masuk segmen sama, keduanya adalah saudara satu platform. Memang, embel-embel nama Cross menegaskan entitas alternatif dari Corolla Altis berbasis sedan. Tapi C-HR tak serta merta dipisahkan begitu saja karena banyak menyimpan persamaan.

KEY TAKEAWAYS

  • Kedua mobil memakai platform dan masuk segmen sama meski targetnya berbeda

    Ada banyak persamaan maupun perbedaan yang bisa bikin bingung dalam menentukan pilihan
  • Kerancuan akan timbul jika sedang menimbang kelas SUV tanggung dengan rentang harga Rp500 jutaan. Dua SUV Toyota pasti masuk dalam daftar. Terutama bagi yang ingin merasakan sensasi hybrid. Keduanya menawarkan kemiripan. Menentukan Corolla Cross Hybrid atau C-HR Hybrid bisa jadi membingungkan. Sebab punya keunggulan masing-masing.

     

    Persamaan

    Toyota Corolla Cross Hybrid

    Pertalian darah keduanya amat erat, karena mereka saling berbagi struktur sasis. Memakai platform Toyota New Global Architecture khusus C-segment (TNGA-C), juga punya relasi dengan Corolla Altis, Prius dan Lexus UX. Panjang wheelbase 2.640 mm identik, jadi bukti tak terbantahkan. Kelebihan utama TNGA sebagai platform modular, memiliki fleksibilitas tinggi jadi basis ragam model baru. Sebuah keuntungan buat Toyota, mengingat banyak produknya bukan model global. Semua bisa disesuaikan kebutuhan pasar regional.

    Mekanikal hybrid serupa. Mesin 2ZR-FXE 4-silinder 1,8-liter menganut siklus Atkinson. Ukuran bore dan stroke sama seperti 2ZR-FBE, namun kompresi dinaikkan hingga 13:1. Walau kapasitas identik, luapan tenaga berbeda dari mesin NA. Tanpa bantuan motor listrik, daya Corolla Cross Hybrid cuma 98 PS/5.200 rpm dan 142 Nm/3.600 rpm. Belum ditambah 72 PS dan torsi 163 Nm dari motor. Konsumsi bahan bakar sangat irit. Dari hasil pengujian Corolla Cross Hybrid, didapat 22,6 km/liter dalam rute kombinasi.

    Seperti halnya untuk C-HR, ada penyesuaian juga. Tenaganya 100 PS/6.400 dan torsi 142 Nm/4.000 rpm, ditambah 36 PS sokongan kombinasi hibrida. Penggerak mengandalkan CVT 7-percepatan untuk mentransfer output ke roda depan. Kami tidak punya data konsumsi BBM Toyota CH-R Hybrid. Semestinya tak jauh berbeda dari Corolla Cross.

    Padanan bukan cuma dari platform, mesin dan transmisi. Fitur canggih Toyota Safety Sense (TSS) juga belum ada. Jangan harap peranti aktif pencegah kecelakaan seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Blind Spot Monitor (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Pre-collision System (PCS), Automatic High Beams (AHB) dan Lane Departure Alert (LDA) tersedia di Corolla Cross dan C-HR sini. Tak berarti minim, perangkat keselamatan standar sudah mulai umum dipakai mobil lain. Airbag 7 titik, ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist masih dianggap mencukupi. Padahal, Raize yang jauh lebih murah sudah dilengkapi TSS. Mungkin akan ada update mengarah ke sana.

    Baca Juga: Naksir Toyota Corolla Cross Hybrid Seken, Segini Harga Keluaran 2020

     

    Perbedaan

    Toyota C-HR Hybrid

    Platform dan panjang wheelbase boleh sama, tapi dimensi lainnya tentu berbeda. Ukuran Corolla Cross tercatat 4.460 x 1.825 x 1.620 mm (PxLxT). Sementara C-HR 4.360 x 1.795 x 1.565 mm. Lebih besar Corolla Cross dari segala sisi yang seharusnya diposisikan di atas C-HR. Alhasil, kabin Corolla Cross akan terasa lebih roomy. Cocok sebagai mobil keluarga seperti gambaran yang diproyeksikan Toyota. Beda dengan C-HR yang berorientasi sebagai mobil personal. Ruang kargo pun tak sebanding. C-HR seluas 377 liter, sedangkan Corolla Cross terhampar 487 liter.

    Meski berwujud crossover yang ber-DNA SUV, ground clearance mereka tidak tinggi. Corolla Cross yang tampak jangkung saja ternyata cuma terpisah 161 mm antara jarak tanah dan dek terendah. C-HR lebih pendek lagi, hanya 150 mm tak ubahnya hatchback.

    Harap diingat, Corolla Cross bukanlah produk global seperti C-HR. Versi SUV Altis merupakan hasil pengembangan khusus kawasan Asia Tenggara. Pasar negara lain yang memasarkan dua mobil ini tentu merasakan hal sama. Saling kanibal dalam satu segmen rentan terjadi. Dalih Toyota Astra Motor membedakan dari sisi target konsumen. Cross menyasar pencari kenyamanan untuk seluruh penumpang, tak hanya dari sisi pengemudi. Berbeda dengan C-HR, cocok untuk yang mementingkan desain dan pengalaman berkendara.

    Soal impresi mengemudi, mengerucut pada perbedaan paling signifikan, yaitu suspensi belakang. Corolla Cross model torsion beam ditambah stabilizer, C-HR jenis double wishbone. Bagi pengejar kenikmatan berkendara, tentu tahu milih yang mana. Struktur double wishbone dijamin lebih sakti saat diajak bermanuver. Bukan berarti torsion beam tak begitu. Kenyamanan diprioritaskan lewat struktur lebih sederhana. Lalu pola identik diterapkan di suspensi depan. Keduanya tetap McPherson Strut, umum dipakai mobil lain.

    Rancangan desain Toyota untuk Corolla Cross dan C-HR sungguh bertolak belakang. C-HR penuh daya tarik lewat lekukan ekstrem dan berani. Ibarat kaum metroseksual yang senang tampil dan jadi perhatian. Nyatanya target konsumen C-HR memang tipikal seperti itu. Garis desain tak lazim selalu jadi magnet. Beda sekali dengan Corolla Cross yang terkesan dewasa dan kalem.

    Terakhir mengenai harga. Corolla Cross Hybrid dibanderol Rp 519,2 juta Sedangkan C-HR Hybrid single tone Rp567,5 juta. Terpaut Rp48,3 juta, apakah menjadikan Corolla Cross Hybrid pilihan lebih menarik?

     

    Simpulan

    Memilih Corolla Cross Hybrid tak sekadar menghemat dana. Melainkan dapat crossover dengan akomodasi lebih nyaman untuk membawa penumpang. Sangat sesuai bila mau dijadikan mobil keluarga. Toh lebih mengejar kenyaman serta kepraktisan untuk pemakaian sehari-hari. Lain halnya bila ingin tampil mencolok di dalam kehidupan sosial. Toyota C-HR mampu memenuhi itu sekaligus hasrat mengemudi tinggi. Dengan catatan, bukan sebuah persoalan menggelontorkan Rp500 jutaan untuk sebuah SUV kompak. (Odi)

     

    Baca Juga: Sarat Fitur Canggih, Pilih Toyota Avanza 1.5 G TSS atau Daihatsu Xenia 1.5 R ASA?

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota CHR Hybrid dari Carvaganza

    • All New Toyota C-HR Lahir Berdesain Premium, Tetap Andalkan Mesin Hybrid
      All New Toyota C-HR Lahir Berdesain Premium, Tetap Andalkan Mesin Hybrid
      Setyo Adi . 27 Jun, 2023
    • Lewat Desain Prologue, Toyota Tunjukkan Calon Penerus C-HR
      Lewat Desain Prologue, Toyota Tunjukkan Calon Penerus C-HR
      Setyo Adi . 07 Des, 2022
    • Toyota C-HR Hybrid Dapat Penyegaran di Indonesia, Sekarang Punya Teknologi TSS
      Toyota C-HR Hybrid Dapat Penyegaran di Indonesia, Sekarang Punya Teknologi TSS
      Anjar Leksana . 27 Mei, 2022
    • Sejak 2009, Toyota Jual 5.800 Unit Mobil Elektrifikasi di Indonesia
      Sejak 2009, Toyota Jual 5.800 Unit Mobil Elektrifikasi di Indonesia
      Eka Zulkarnain H . 01 Apr, 2022

    Artikel Mobil Toyota CHR Hybrid dari Oto

    • Berita
    • Road Test
    • Toyota Perlihatkan Konsep C-HR Prologue, Bentuk Lebih Futuristis
      Toyota Perlihatkan Konsep C-HR Prologue, Bentuk Lebih Futuristis
      Setyo Adi Nugroho . 06 Des, 2022
    • Simulasi Kredit Toyota C-HR Hybrid TSS, Angsuran Per Bulan Rp8 Jutaan
      Simulasi Kredit Toyota C-HR Hybrid TSS, Angsuran Per Bulan Rp8 Jutaan
      Setyo Adi Nugroho . 30 Mei, 2022
    • Toyota C-HR Hybrid Kini dengan Toyota Safety Sense
      Toyota C-HR Hybrid Kini dengan Toyota Safety Sense
      Setyo Adi Nugroho . 27 Mei, 2022
    • Aturan Baru PPnBM Mobil Full Hybrid dan PHEV Lebih Mahal, Ini Kata Toyota
      Aturan Baru PPnBM Mobil Full Hybrid dan PHEV Lebih Mahal, Ini Kata Toyota
      Anjar Leksana . 09 Jul, 2021
    • Tak Mau Kalah dari Pabrikan Lain, Toyota Indonesia Siapkan Mobil Listrik Baru
      Tak Mau Kalah dari Pabrikan Lain, Toyota Indonesia Siapkan Mobil Listrik Baru
      Anjar Leksana . 18 Nov, 2020
    • First Drive Toyota C-HR Hybrid: Efisiensi dalam Keheningan
      First Drive Toyota C-HR Hybrid: Efisiensi dalam Keheningan
      Ivan Hermawan . 24 Apr, 2019