Pabrik Piaggio Group Diresmikan, Produksi Vespa Dulu

pabrik vespa


Pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia berdiri kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Seluas 55.000 meter persegi dan sudah beroperasi sejak kuartal keempat 2022. Ini merupakan pabrik ketiga yang beroperasi di Asia Pasifik setelah Vinh Phuc di Vietnam dan Foshan di Tiongkok.

KEY TAKEAWAYS

  • Kapasitas produksi mencapai 10.000 per tahun

    Untuk awal, merakit Vespa LX 125 i-get
  • Fasilitas perakitan membutuhkan waktu lebih kurang satu tahun sejak peletakan batu pertama pada November 2021. Pembukaan ini semakin mengukuhkan komitmen Piaggio Group di Indonesia, setelah eksistensinya selama lebih dari 10 tahun.

    pabrik vespa

    Seperti diketahui, Piaggio Indonesia memasarkan beragam model motor mulai skutik hingga motor gede dari merek Aprilia, Vespa, Moto Guzzi, dan Piaggio. Informasi yang diperoleh saat seremoni tahun lalu, Vespa menjadi line up pertama diproduksi di Cikarang.

    Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia mengatakan, pendirian pabrik guna memperkuat ekspansi dan peran strategis Piaggio di kawasan. "Kami optimis pabrik baru Piaggio Group di Indonesia dapat berkontribusi menyediakan solusi mobilitas premium Italia seraya memberikan pengalaman gaya hidup yang unik ke industri otomotif Indonesia," kata Marco di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (23/11).

     

    pabrik vespa

    Seremoni peresmian dihadiri langsung oleh Chief Executive of Product and Global Strategy of Piaggio Group, Michele Colaninno, perwakilan Piaggio Group, Piaggio Asia Pasifik, Piaggio Indonesia, serta Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Duta Besar Italia untuk Indonesia, H.E. Benedetto Latteri.

    “Pembukaan ini merupakan sebuah pernyataan dan acara penting bagi Grup. Hal ini menjadi salah satu tonggak pencapaian dalam melanjutkan visi Piaggio Group dalam memprioritaskan komitmen yang berpusat pada pelanggan di seluruh dunia dan juga di Asia,” ujar Chief Executive of Product and Global Strategy Piaggio Group, Michele Colaninno.

    pabrik vespa

    Pabrik di Cikarang untuk sementara fokus ke merek Vespa. Memiliki kapasitas produksi 10.000 unit per tahun dan untuk perdana hanya memproduksi Vespa LX 125 i-get. Layaknya semua manufaktur Piaggio Group, pabrik baru ini telah memenuhi standarisasi global yang diterapkan di seluruh dunia.

    Marco Noto La Diega, dalam sambutan penutup menyatakan sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia dan jajaran kementerian terkait. “Terima kasih khususnya Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas arahannya dalam melayani pelanggan Indonesia, saat ini maupun di masa mendatang,” ungkapnya.

    Bersamaan dengan peresmian pabrik baru tersebut, Piaggio Group mempersembahkan simbol dedikasi dan komitmen terhadap pasar Indonesia melalui peluncuran Vespa Batik special edition. Vespa Batik mewakili paduan yang membanggakan antara ikon budaya Italia yang terkenal dan warisan kesenian Indonesia. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Vespa Primavera Color Vibe Series Dibalut Warna Istimewa

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Vespa Unggulan

    Artikel Motor Vespa dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test