Pakai Helm Half Face Buatan Lokal RSV SV300, Presiden Jokowi Kelilingi Sirkuit Mandalika

Jokowi RSV

Kejutan dibuat Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11). Jokowi ternyata menjajal langsung sirkuit yang digunakan untuk balapan WSBK Mandalika pekan depan itu. Ia mengendarai motor modifikasi bergaya bobber yang dimilikinya, Kawasaki W175. Istimewanya juga, ia menggunakan helm buatan lokal, RSV SV300.

Jokowi bahkan sempat mengunggah aksinya di akun twitter. Terdapat tulisan, "Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan hari ini, saya tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor saya. Rupanya begini yang disebut sirkuit balapan itu. Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah. Tapi saya?" tulis di akun tersebut.

Presiden menaiki motor custom garapan Katros Garage berwarna dominan hijau miliknya. Dari garis start/finish, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir tampak memegang bendera kotak-kotak hitam putih atau dikenal sebagai chequered flag seraya mengayunkannya seiring dengan melajunya motor Presiden Jokowi.

Jokowi RSV

Motor yang ditumpangi Presiden adalah Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi. Ada tulisan RI 1 pada bagian fairing dan buntut. Ditambah dengan grafis khas motor balap dan motif Batik Mega Mendung di sisi samping bagian fairing. Motor tersebut sebelumnya pernah dipakai oleh Presiden Jokowi saat menjajal jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Kamis, 19 Desember 2019 lalu.

Berjaket hitam lengkap, sarung tangan dengan warna senada, Presiden Jokowi melintasi aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer. Untuk melengkapi keamanan berkendara saat mengelilingi sekaligus menginspeksi sirkuit, ia menggunakan helm produksi dalam negeri yaitu RSV Helmet. Memakai pelindung kepala berjenis half-face, bukan fullface layaknya pembalap profesional.

Seperti diketahui, Presiden begitu membanggakan produk-produk lokal sebagai bagian dari upayanya untuk mengangkat potensi usaha kecil menengah Indonesia. Untuk melindungi kepalanya, ia memilih RSV Helmet half face seri SV300.

Baca juga: RSV Luncurkan SV300, Helm Half Face Double Visor Seharga Rp600 Ribuan

Jokowi RSV

Richard Ryan Suwu, Executive Director RSV Helmet Indonesia mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan digunakannya salah satu produk RSV oleh orang nomor satu di Tanah Air itu. Ia menegaskan bahwa model RSV Helmet yang digunakan oleh Presiden Jokowi adalah SV300 berkelir hitam glossy. Helm dengan tipe double visor ini baru saja dirilis beberapa waktu lalu.

Jika ditelisik, helm yang dibanderol Rp 610 ribu ini memiliki beberapa fitur menarik, antara lain adanya sun visor berwarna gelap, dan untuk pengaturannya ada di sisi kiri. Sementara untuk visor utamanya berwarna clear (bening) dengan bahan polycarbonate yang juga anti gores (scratch).

Ada pula spoiler yang berfungsi mengalir arah angin. Lalu terdapat lubang ventilasi pada bagian atas untuk mengalirkan arah angin ke dalam. Untuk urusan keamanan, strap SV300 telah menerapkan sistem DD-ring. Tentunya helm ini sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), bahkan bersertifikasi DOT dan ECE.

"Kami mengapresiasi Presiden Jokowi yang menggunakan salah satu model unggulan terbaru kami yaitu SV300 Double Visor. Saya juga kaget tiba-tiba dapat kabar Pak Jokowi mau pake helm RSV untuk peresmian Sirkuit Mandalika. Saya pikir kita patut berbangga mempunyai presiden yang selalu support brand lokal seperti ini. Semoga makin banyak merek dalam negeri yang bisa berjaya, tak hanya di sini tapi juga di luar negeri," kata Richard. (Bgx/Raju)

Foto-Foto: Agus Suparto

Baca juga: RSV Helmet Kenalkan Half Face SV300, Ini 5 Fitur Unggulannya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang