Kinerja pasar otomotif nasional periode Januari–September 2022 membaik. Seluruh anggota Gaikindo catatkan raihan penjualan retail sekitar 732 ribu unit. Angkanya naik sekitar 22 persen dibandingkan periode yang sama 2021 lalu sekitar 600 ribu unit. Astra Daihatsu Motor (ADM) pun alami penjualan positif dalam kurun waktu itu. Jagoan mereka tetap Sigra, kendaraan LCGC 7 penumpang belum tergoyah dari posisi terlaris Daihatsu.
Dari gambaran umum dulu. Pada periode itu, hingga kuartal III, Daihatsu catatkan penjualan retail sebanyak 140.894 unit. Atau naik sekitar 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sejumlah 103.788 unit. Secara persentase, raihan penjualan retail ADM selama sembilan bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, penguasaan market share mereka juga meningkat. Menjadi sebesar 19,2 persen naik sebesar 1,9 persen dibandingkan YTD September 2021 sejumlah 17,3 persen.
Bila dilihat dari jumlah volume dan kontribusi model. Perniagaan retail ADM hingga September 2022 tetap didominasi oleh tiga top model. Posisi puncak ada Sigra sebanyak 35.200 unit. Harganya murah, mesin kecil terhitung irit BBM bikin banyak orang suka. Termasuk banyak pula dipakai sebagai taksi online. Tak ayal kalau mobil LCGC ini sanggup memberi kontribusi sekitar 25 persen.
Baca Juga: Pabrik Daihatsu Indonesia Diperbarui, Turunkan Emisi 20 Persen Setelah Pakai Ini
Posisi kedua ditempati Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 33.360 unit. Masuki segmen mobil niaga ringan. Ia banyak disukai karena mesin bandel, ukuran bak lumayan besar dan suku cadang mudah di dapat. Baik di toko onderdil maupun bengkel resmi Daihatsu. Sehingga mobil mampu menyumbang 23 persen terhadap total penjualan.
Yang ketiga ialah Xenia. Dengan perubahan total (full model change), lumayan mendongkrak penjualan di segmen mobil keluarga Low MPV. Kelebihannya ialah mesin irit, ada opsi transmisi CVT termurah di kelasnya. Belum lagi dengan imbuhan teknologi ASA atau Advanced Safety Assist. Jelas menjadi nilai plus tersendiri. Sehingga saudara kembar Avanza ini sampai ke tangan konsumen sebanyak 18.651 unit (gabungan model lama) selama sembilan bulan. Kontribusinya lumayan, 13 persen. Sisanya ditempati Ayla yang laku 16.283 unit (11,6 persen) dan kelima Terios 15.404 unit (10, 9 persen).
“Astra Daihatsu bersyukur dapat meraih hasil penjualan dengan capaian positif. Raihan hingga kuartal III ini bahkan telah melebihi capaian Daihatsu pada periode yang sama tahun 2019 lalu. Yakni ketika sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Semoga hasil baik ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ucap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam laporan bulanan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Waktunya Daihatsu Ayla dan Toyota Agya Diremajakan, Ini Prediksi Ubahannya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.