Perbandingan Performa Nissan Leaf dan Hyundai Ioniq, Mana Lebih Hebat?

Nissan Leaf rear

Hyundai Ioniq sudah punya lawan sepadan. Nissan yang lebih dulu menggemborkan mobil berbasis setrum, nyatanya baru sekarang Leaf resmi mengaspal. Kedatangannya cukup mengejutkan karena ditawarkan dalam harga sangat bersaing. Spesifikasi pun lebih lengkap sedikit dibanding market lain. Kami tergelitik membandingkan performa Leaf dan juga Ioniq. Mana lebih hebat? 

 

Kekuatan Motor

Nissan Leaf

Powertrain dari Hyundai Ioniq menggunakan motor listrik bermagnet permanen, diklaim berefisiensi tinggi. Dorongan dinamo memberi daya sebesar 100 kW (136 PS). Motor mengembangkan torsi masimal 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan. Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam tercatat dalam 9,9 detik. Semua energi dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh.

Sementara Nissan Leaf menggendong jantung setrum AC3 Synchronous. Output maksimal 110 kW (150 PS) dari 3.283 – 9.795 rpm. Sedangkan torsi digapai 320 Nm dari 0 – 3.283 rpm. Untuk mengilat dari diam hingga 100 km/jam hanya perlu 7,9 detik saja. Ia mengandalkan baterai lithium ion 40 kWh 350 V. Bisa Anda lihat sendiri. Besaran tenaga, momen puntir dan akselerasi jauh mengungguli Hyundai Ioniq. Setidaknya ini data di atas kertas dari masing-masing pabrikan.

 

Baca Juga: 5 Mitos Mobil Listrik yang Salah dan Fakta Sebenarnya

Daya Jelajah

Hyundai Ioniq

Jarak tempuh Hyundai Ioniq EV mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km menurut pengujian WLTP dalam sekali pengisian daya. Rentang ini sebetulnya amat cukup jika kendaraan dijadikan mobilitas harian di area Jakarta. Nah, untuk pengisian daya cepat dapat dicapai dalam 54 menit. Yakni dari nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Nissan Leaf pun masih bisa mengimbangi. Dalam metode pengukuran NEDC, jarak tempuh maksimal dalam pengisian penuh mencapai 311 km. Ada tiga level pengecasan baterai. Yang pertama, melalui soket dinding 3 pin 15 amper 240 V Mode 2. Ini paling cocok bagi Anda dengan kebiasaan mengemudi santai. Pengisian cara ini memakan waktu 24 jam.

Cara kedua, dari koneksi Mode 3, butuh waktu 7,5 jam. Sistem cabut pasang ini dapat mengisi daya semalaman. Lalu siap pakai pada keesokan hari. Yang terakhir, fast charging CHAdeMO 50 kWH. Memiliki kemampuan mengisi baterai sejak munculnya peringatan. Sekitar satu jam pengecasan hingga terisi 80 persen. Boleh dibilang kemampuannya agak sama dari Ioniq.

 

Harga

Untuk pasar Indonesia, Nissan melego Leaf Rp649 juta bagi opsi single tone dan Rp651 juta buat two-tone. Sementara Hyundai melepas Ioniq dalam dua varian. Prime dibanderol Rp637 dan Signature dijual Rp677 juta. Semua angka berstatus on the road Jakarta. Semoga data spesifikasi tersaji dapat membantu Anda sebelum menjatuhkan pilihan. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: All-New Nissan Leaf Resmi Meluncur di Indonesia

Nissan Leaf vs Hyundai Ioniq Comparison

Nissan Leaf
  • Rp 738 - 740 Juta
Hyundai Ioniq
  • Rp 682 Juta
Nissan Leaf vs Hyundai Ioniq
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Nissan Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Nissan Leaf dari Carvaganza

  • Generasi Ketiga Nissan Leaf Bakal Jadi SUV, Lawan Kona dan ZS EV
    Generasi Ketiga Nissan Leaf Bakal Jadi SUV, Lawan Kona dan ZS EV
    Alvando Noya . 05 Des, 2023
  • ELECTRIA: Nissan Leaf, Mobil Listrik Berspesifikasi Ideal Untuk Mobilitas Harian
    ELECTRIA: Nissan Leaf, Mobil Listrik Berspesifikasi Ideal Untuk Mobilitas Harian
    Wahyu Hariantono . 26 Jul, 2022
  • Nissan Leaf Eropa Sudah Facelift, Apa Saja yang Berubah?
    Nissan Leaf Eropa Sudah Facelift, Apa Saja yang Berubah?
    Wahyu Hariantono . 24 Feb, 2022
  • Nissan Gandeng PLN Hadirkan Charging Station Mobil Listrik
    Nissan Gandeng PLN Hadirkan Charging Station Mobil Listrik
    Zenuar Yoga . 03 Nov, 2021
  • Di Indonesia Baru Dijual, Nissan Eropa Sudah Siapkan Pengganti Leaf
    Di Indonesia Baru Dijual, Nissan Eropa Sudah Siapkan Pengganti Leaf
    Alvando Noya . 21 Okt, 2021

Artikel Mobil Nissan Leaf dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Tak Dapat Subsidi Mobil Listrik, Nissan Buka Peluang Rakit Leaf EV di Indonesia
    Tak Dapat Subsidi Mobil Listrik, Nissan Buka Peluang Rakit Leaf EV di Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 13 Mar, 2023
  • ELECTRIA: Nissan Leaf, Ideal untuk Mobilitas Harian
    ELECTRIA: Nissan Leaf, Ideal untuk Mobilitas Harian
    Wahyu Hariantono . 27 Jul, 2022
  • GIIAS 2021: Nissan Leaf Sita Perhatian, Pengunjung Pameran Bisa Coba Mobil Listrik
    GIIAS 2021: Nissan Leaf Sita Perhatian, Pengunjung Pameran Bisa Coba Mobil Listrik
    Anjar Leksana . 17 Nov, 2021
  • GIIAS 2021: Cicilan Mobil Listrik Nissan Leaf Mulai Rp 10 Jutaan
    GIIAS 2021: Cicilan Mobil Listrik Nissan Leaf Mulai Rp 10 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 09 Nov, 2021
  • GIIAS 2021: Bisa Tempuh 100 km, Biaya Listrik Nissan Leaf Tak Semahal Segelas Kopi
    GIIAS 2021: Bisa Tempuh 100 km, Biaya Listrik Nissan Leaf Tak Semahal Segelas Kopi
    Anjar Leksana . 09 Nov, 2021
  • 5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    Setyo Adi Nugroho . 02 Sep, 2021
  • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
  • Realita Nissan Leaf Dibawa Pergi Jauh: Mumpuni dan Nikmat Namun Dibatasi Kondisi
    Realita Nissan Leaf Dibawa Pergi Jauh: Mumpuni dan Nikmat Namun Dibatasi Kondisi
    Ahmad Karim . 09 Sep, 2021
  • First Drive Nissan Leaf: Mengendarai Mobil Listrik Itu “Biasa Saja” (Part-2)
    First Drive Nissan Leaf: Mengendarai Mobil Listrik Itu “Biasa Saja” (Part-2)
    Ivan Hermawan . 22 Mar, 2019
  • First Drive Nissan Leaf: Kesan Pertama “Biasa Saja” Terhadap Mobil Listrik (Part-1)
    First Drive Nissan Leaf: Kesan Pertama “Biasa Saja” Terhadap Mobil Listrik (Part-1)
    Ivan Hermawan . 22 Mar, 2019