Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu Sebelum Upgrade Busi

Busi NGK

Busi berperan penting sebagai alat untuk menghidupkan mesin kendaraan. Bertugas menghasilkan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar.

Terdapat tiga elemen utama agar mesin bensin beroperasi dengan baik: campuran kualitas bahan bakar dan rasio udara yang tepat, kompresi, serta percikan api dari busi. Jika ketiga elemen ini terpenuhi, maka performa mesin akan optimal.

Beberapa produsen motor memilih busi dengan elektroda dari Nickel sebagai standar. Namun, untuk meningkatkan performa mesin, Anda dapat mengganti atau meningkatkan busi standar ke versi yang lebih canggih.

NGK menyediakan berbagai varian busi, dari tipe standar (OEM) hingga varian upgrade dengan fitur yang lebih unggul. Fitur-fitur yang membedakan antara lain adalah bentuk Ground Electrode, Central Electrode, dan penggunaan material Logam Mulia pada setiap produknya.

“Untuk pengguna motor harian tapi mau upgrade ke busi yang lebih baik, bisa beralih menggunakan G-Power. Central electrode-nya berbeda dengan busi standard, G-Power terbuat dari bahan platinum,” kata Diko Oktaviano, Aftermarket Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), (19/6).

Ukuran elektroda tengah G-Power memiliki diameter 0,6 mm, lebih kecil dari busi standar yang berdiameter 2,0 mm. Elektroda tanahnya berbentuk trapesium, yang berfungsi mengurangi resistensi percikan api, mempercepat pembesaran inti api dan memfokuskan nya.

Dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari busi OEM, pengguna G-Power dapat menikmati beberapa keuntungan seperti pengapian yang lebih optimal, peningkatan efisiensi bahan bakar, dan masa pakai yang lebih panjang.

G-Power tidak hanya untuk pengguna motor sehari-hari, tetapi juga cocok untuk kegiatan berat seperti ojek online yang setiap hari menempuh jarak hingga 200 km. Penggemar kecepatan pun dapat memanfaatkan busi G-Power.

Selain itu, pengguna motor dapat meningkatkan kinerja dengan beralih ke NGK Iridium IX. Dari segi spesifikasi, Iridium IX menawarkan performa yang lebih unggul dibandingkan G-Power dan busi standar OEM.

Keunggulan busi Iridium IX terasa karena elektroda tengahnya yang lebih pipih, menghasilkan percikan api yang konsisten, terfokus pada satu titik, stabil, dan lebih besar. Ini mengoptimalkan proses pembakaran dan membuat mesin motor lebih responsif.

Busi iridium juga lebih tahan terhadap kompresi dan panas mesin yang tinggi. Hal itu membuat usia pakai busi jadi lebih panjang.

“Namun semua itu tidak bakal kita rasakan kalau mesin atau komponen mesin ada masalah. Penggunaan busi aftermarket harus didukung dengan kualitas mesin dan komponen lainnya. Selain itu, minimal kalau mau pakai tipe iridium dan ingin merasakan efeknya, gunakan bahan bakar berkualitas,” jelas Diko.

Busi NGK yang dijual di Indonesia itu ada beberapa jenis. Mulai dari tipe standar OEM (nickel alloy), G-Power, Iridium IX, Laser Iridium dan Laser Platinum, Moto DX, IRI Series dan Racing Competition. (Bgx)

Baca Juga: Panduan Balik Nama Mobil dengan Biayanya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa Officina 8 Resmi Hadir di Indonesia, Kini Dipamerkan di PIM 2
    Vespa Officina 8 Resmi Hadir di Indonesia, Kini Dipamerkan di PIM 2
    Ardiantomi . 08 Okt, 2025
  • Suzuki Indonesia Sediakan Burgman Street 125EX Chrome Edition dan Warna Baru
    Suzuki Indonesia Sediakan Burgman Street 125EX Chrome Edition dan Warna Baru
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • FIFGROUP Kantongi Total Transaksi Rp7,9 Miliar di IMOS 2025
    FIFGROUP Kantongi Total Transaksi Rp7,9 Miliar di IMOS 2025
    Anjar Leksana . 07 Okt, 2025
  • Aprilia Racing dan SC-Project Lanjutkan Kerja Sama Hingga MotoGP 2026
    Aprilia Racing dan SC-Project Lanjutkan Kerja Sama Hingga MotoGP 2026
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2025
  • Motul Luncurkan Pelumas Mesin 2-Tak Berperforma Tinggi
    Motul Luncurkan Pelumas Mesin 2-Tak Berperforma Tinggi
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Drive Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Drive Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025