Pilihan Skutik 150 - 160 cc, Didominasi Yamaha dan Honda

Yamaha Lexi LX 155

Pilihan skutik dengan mesin berkapasitas 150-160 cc kian beragam, menarik minat konsumen dengan keunggulannya. Dari inovasi mesin, fitur-fitur canggih, teknologi terkini, hingga desain yang modern. Bagi Anda yang berencana membeli skutik di segmen ini, berikut rangkuman spesifikasi lengkap dan informasi terbaru mengenai harga per Juli 2024.

Yamaha Lexi LX155 Series

Yamaha Lexi LX 155

Seri Lexi LX 155 dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc terbaru. Dengan struktur satu silinder SOHC, empat langkah, empat katup, dan pendingin cairan, seri ini juga mempertahankan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Varian tertinggi dan versi S telah dilengkapi dengan sistem kunci tanpa kunci (smart key) yang termasuk Answer Back System. Terdapat juga tombol untuk membuka tangki bensin dan bagasi di rumah kenop. Untuk tipe tertinggi, fitur konektivitas telah terintegrasi melalui aplikasi Y-Connect.

Semua varian menggunakan lampu depan LED dengan Daytime Running Light (DRL) berlensa biru berbentuk V-Line dan stoplamp dengan teknologi diode. Speedometer digital lengkap dengan tampilan negatif, Smart Motor Generator (SMG), dan Stop & Start System (SSS).

Fitur tambahan termasuk Handlebar Switch Control, bagasi di bawah jok, ban tanpa ban dalam, jok yang lebar dan panjang, soket listrik, lampu hazard, dan lantai datar. Suspensi depan menggunakan teleskopik standar, sementara suspensi belakang pada varian Lexi LX155 Connected/ABS menggunakan Sub-tank.

Motor ini tersedia dalam tiga varian. Varian Lexi LX155 Connected/ABS sebagai model paling atas tersedia dalam warna Magma Black dengan harga Rp30,2 juta. Versi S hadir dalam warna Magma Black, Elixir Dark Silver, dan Matte Red dengan harga Rp27,150 juta. Sedangkan versi Standar tersedia dalam warna Metallic Black, Matte Grey, dan Metallic Red dengan harga Rp25,650 juta. Semua harga tersebut adalah On The Road untuk DKI Jakarta.

Yamaha All New Aerox 155 Series

Yamaha Aerox 2022

Tersedia dalam tiga varian: Connected/ABS yang ditawarkan seharga Rp31,560 juta dengan pilihan warna Prestige Silver dan Maxi Signature; Cybercity seharga Rp27,975 juta; dan Standard seharga Rp27,575 juta dengan opsi warna Dull Blue Orange, Silver Cyan, Metallic Red, dan Black Grey. Semua harga tersebut adalah On The Road (OTR) untuk DKI Jakarta. Fitur dan desain motif pada panel bodi membedakan ketiga varian ini.

Setiap varian dilengkapi dengan mesin Total New Engine Blue Core 155 cc, SOHC, berpendingin cairan, dan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang menyediakan torsi yang merata di setiap putaran mesin.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Dengan performa tersebut, skutik ini memiliki Power to Weight Ratio (PWR) terbaik di kelasnya.

Fitur yang membedakan varian bawah dari varian tinggi meliputi sistem ABS, Smart Key System & Answer Back System, Y-Connect, dan suspensi belakang bertabung. Fitur lainnya sama untuk semua varian, termasuk lampu depan & belakang LED, Hazard Lamp, speedometer digital lengkap dengan Multi Information Display (MID), Stop & Start System (SSS), Smart Motor Generation (SMG), kontrol saklar di handelbar, soket listrik, bagasi yang luas, ban tubeless yang lebar, dan Stand side switch.

Yamaha All New Nmax Series

Yamaha Nmax

Nmax menawarkan tiga varian: Connected/ABS, S Version, dan Standard. Harga OTR DKI Jakarta untuk masing-masing adalah Rp36,3 juta, Rp33,175 juta, dan Rp32,175 juta. Fitur yang disertakan membedakan setiap varian.

Varian Connected/ABS tersedia dalam warna Prestige Silver, Matte Green, dan Maxi Signature. S Version ditawarkan dalam Metallic Red, Matte Green, Prestige Silver, dan Maxi Signature. Sedangkan Standard hadir dalam Metallic Blue, Matte Green, Metallic Red, dan Maxi Signature.

All New NMax 155 series dilengkapi dengan mesin 155cc SOHC, Liquid Cooled 4-stroke. Teknologi unggulannya adalah Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA), yang tidak hanya meningkatkan kekuatan tapi juga efisiensi bahan bakar, serta menyediakan torsi yang konsisten di setiap putaran mesin. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 15,1 hp pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Untuk fitur, varian tertinggi All New Nmax dilengkapi dengan Traction Control System, ABS dua channel, dan Y-Connect. Semua varian memiliki power charger, headlight dan tail light full LED, posisi berkendara yang rileks, lampu hazard, bagasi 24 liter, sub tank suspension, dan side stand switch. Terdapat juga Stop & Start System (SSS) yang dipadukan dengan Smart Motor Generator (SMG).

Yamaha Nmax “Turbo” Series

Yamaha Nmax Turbo

Dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, Nmax "Turbo" tersedia dalam lima varian. Varian pertama adalah Nmax Neo, yang menawarkan fitur Y-Connect dan Electric Power Outlet. Selanjutnya, Nmax Neo S menambahkan Smart Key System pada fitur sebelumnya.

Nmax Turbo dilengkapi dengan Y-Connect, Electric Power Outlet, Smart Key System, dan Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), yang menggantikan sistem CVT konvensional. Dengan teknologi ini, Nmax Turbo dilengkapi dengan Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara: T-Mode untuk berkendara di kota dan S-Mode untuk touring sport.

Nmax Turbo juga dilengkapi dengan Y-Shift, yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dengan kemampuan untuk melakukan akselerasi dan deselerasi secara instan. Fitur ini memiliki tiga tingkat: Low (1), Medium (2), dan High (3).

Nmax "Turbo" Tech Max menawarkan fitur yang lebih lengkap, termasuk Y-Connect with linkcard SCCU, Electric Power Outlet tipe C, Smart Key System, YECVT, Dual channel ABS, Multi Infotainment Display, TFT Navigation System, Special TechMax Seat, Traction Control System, Rear Sub Tank Suspension, dan ban tubeless lebar.

Multi Infotainment Display dirancang mirip dengan Yamaha Xmax, memungkinkan pengendara mengontrol musik dari smartphone, mendapatkan informasi cuaca, menggunakan fungsi riding mode, serta melihat indikator Y-shift, dan lain-lain. Untuk kemudahan touring dan eksplorasi tempat baru, motor ini juga dilengkapi dengan Navigation System dari Garmin Street Cross yang menampilkan peta digital dan petunjuk arah di layar Infotainment.

Varian terakhir adalah Nmax Turbo TechMax Ultimate, yang memiliki semua fitur dan teknologi dari Nmax Turbo TechMax ditambah dengan komponen khusus yang tidak tersedia pada varian lain, yaitu Performance Damper yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas serta handling saat berkendara.

Varian warna Neo tediri dari Dull Blue, Red, Black, White (Rp32,7 juta), Neo S: Dull Blue, Red, Black, White (Rp33,7 juta), “Turbo”: Magma Black, Elixir Dark Silver (Rp37,750 juta), “Turbo” TechMax: Magma Black (Rp43,250 juta) dan “Turbo” TechMax Ultimate: Magma Black (Rp45,250 juta).

Honda Vario 160

Vario 160 Grande Matte Blue (1)

Tersedia dalam dua tipe, ABS dan CBS, dengan varian CBS terbagi menjadi Active dan Grande. Versi termahal, ABS, dijual seharga Rp30,230 juta, sementara CBS Active dipasarkan dengan harga Rp27,350 juta dan CBS Grande Rp27,6 juta.

Untuk ABS, tersedia dalam warna Grande Matte Blue, Grande Matte White, dan Grande Matte Black. Sedangkan CBS memiliki varian Grande Matte Black dan Grande Matte White, serta CBS Active Matte Blue, Active Matte Black, dan Active Matte Red.

Honda Vario 160 dilengkapi dengan mesin 160 cc 4 katup eSP+ yang berpendingin cairan, dengan kemampuan menghasilkan tenaga maksimal 15,3 Hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Mesin ini juga terintegrasi dengan Alternating Current Generator (ACG starter), yang membuat suara mesin lebih halus saat dihidupkan dan mendukung fitur Idling Stop System (ISS).

Dengan lampu LED untuk semua sistem pencahayaan, panel meter digital lengkap, kapasitas bagasi 18 liter, dan desain flat deck, model ini mendukung aktivitas sehari-hari pengendara. Selain itu, dilengkapi dengan USB charger tipe A.

Fitur keselamatan meliputi Honda Smart Key System dengan alarm dan answer back system, serta tipe ABS yang sudah dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System dan rem belakang dengan rear disc brake.

Honda Stylo 160

Honda Stylo 160

Honda Stylo 160 muncul sebagai skuter matik yang fashionable. Desainnya merupakan perpaduan antara estetika modern dan nuansa klasik. Walaupun berdesain retro, ia memiliki mesin yang cukup bertenaga, serupa dengan Vario 160.

Tersedia dalam dua varian, yaitu CBS dan ABS. Varian CBS ditawarkan dengan harga Rp28,045 juta dan hadir dalam tiga pilihan warna: Glam Red, Glam Black, dan Glam Beige.

Sementara itu, varian ABS dihargai Rp31,035 juta dan juga tersedia dalam tiga warna: Royal Green, Royal Matte Black, dan Royal Matte White. Harga yang ditampilkan adalah On The Road (OTR) untuk wilayah DKI Jakarta.

Dalam segmen skuter matik modern retro, Honda Stylo bisa dibilang yang terbesar di kelasnya. Ditenagai oleh mesin 160 cc eSP+ dengan pendingin cairan, empat katup, satu silinder, dan sistem injeksi. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 15,3 Hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Fitur-fiturnya termasuk lampu depan LED dengan daytime running light (DRL), lampu belakang dan lampu sein berteknologi LED. Lantai rata, kotak penyimpanan di kedua sisi depan, kompartemen bawah jok berkapasitas 16,5 liter, pengisi daya USB tipe A dengan penutup, dan kait yang bisa dilipat.

Panel instrumen digitalnya memiliki layar negatif, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) untuk varian tertinggi, dan Combi Brake System (CBS) untuk varian standar, serta Honda Smart Key dengan Alarm System.

Honda PCX160

New Honda PCX160

Honda PCX tersedia dalam dua varian: CBS dan ABS, yang dijual dengan harga Rp33,4 juta dan Rp36,905 juta OTR DKI Jakarta. Varian tertinggi menawarkan jok two-tone, emblem PCX berwarna emas, dan pelek berwarna Burnt Titanium.

Varian CBS hadir dalam warna Marvelous Matte Silver, Magnificent Red, Royal Matte Blue, Wonderful White, dan Brilliant Black. Sementara varian ABS tersedia dalam Ultimate Matte Brown, Imperial Matte Blue, Wonderful White, Majestic Matte Red, dan Glorious Matte Black.

Motor ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 157 cc, empat klep, sistem SOHC, dan Smart Power Plus (eSP+). PCX 160 dapat menghasilkan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 16 PS pada 8.500 rpm.

Fitur modern meliputi pencahayaan LED, smart key system dengan Immobilizer, Answer Back, dan Alarm anti-theft. Terdapat juga bagasi 30 liter, tangki bahan bakar 8,1 liter, kompartemen 1,7 liter di dek kiri, power charger type A, Idling Stop System (ISS), Emergency Stop Signal (ESS), dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) untuk varian tertinggi.

Untuk kenyamanan berkendara, Honda menyediakan jok yang lebar dan empuk, step floor yang luas, serta Rubber Mount Structure Handle Holder yang dapat mengurangi getaran pada setang, memberikan kenyamanan ekstra bagi pengendara.

Honda ADV160

adv 160

Honda ADV160 tersedia dalam dua varian, CBS dan ABS. Varian CBS dijual dengan harga Rp36,565 juta, sementara varian ABS dihargai Rp39,610 juta OTR Jakarta. Pilihan warna untuk CBS meliputi Dynamic Gray, Dynamic White, Dynamic Red, dan Dynamic Black. Sedangkan untuk varian ABS, tersedia dalam Tough Matte Brown, Tough Matte Red, Tough Matte Black, dan Tough Matte White.

ADV160 ditenagai oleh mesin 156,9cc (dibulatkan menjadi 160cc), empat katup, dengan sistem pendinginan cairan, dan teknologi injeksi eSP+ (enhanced Smart Power plus). Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,8 kW atau 15,8 Hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Varian tertinggi dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) dan HSTC (Honda Selectable Torque Control) untuk kontrol traksi. Fitur lainnya termasuk penerangan full LED (depan, belakang, sein), DRL, lampu hazard, ESS (Emergency Stop Signal), setang handlebar, wavy disk, bagasi berkapasitas 30 liter, Side Stand Switch, sistem Keyless dengan alarm keamanan, serta port pengisian USB tipe A.

Di samping bagasi, terdapat ruang tambahan di area dashboard yang cocok untuk menyimpan perangkat elektronik dan dapat ditutup, sehingga tampilan lebih rapi. Windscreen yang dapat diatur ketinggiannya meningkatkan aerodinamika dan perlindungan dari angin, dengan kemudahan penyesuaian pada dua tingkat ketinggian tanpa perlu alat bantu.

Panel meter digital lengkap dengan desain modern. Informasi yang ditampilkan meliputi indikator Smart Key, indikator HSTC, indikator penggantian oli, indikator baterai, indikator Idling Stop, Trip Meter, indikator konsumsi bahan bakar, RPM, durasi perjalanan, jam digital, dan indikator ABS. (Bgx)

Baca Juga: Dana Yamaha Nmax "Turbo" Termahal, Bisa Dapat Motor Bekas Lebih Berkelas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Scomadi Perkenalkan Skuter Limited Edition dan Versi HUT Kemerdekaan
    Scomadi Perkenalkan Skuter Limited Edition dan Versi HUT Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 20 Jul, 2024
  • Diluncurkan di GIIAS 2024, Intip Spesifikasi Royal Enfield Himalayan 450
    Diluncurkan di GIIAS 2024, Intip Spesifikasi Royal Enfield Himalayan 450
    Zenuar Yoga . 20 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Royal Enfield Indonesia Luncurkan Himalayan 450 dan Shotgun 650
    GIIAS 2024: Royal Enfield Indonesia Luncurkan Himalayan 450 dan Shotgun 650
    Zenuar Yoga . 19 Jul, 2024
  • Berhasil Jual Motor Listrik 15 Ribu Unit, Polytron Laporkan Pemangkasan Karbon Dioksida
    Berhasil Jual Motor Listrik 15 Ribu Unit, Polytron Laporkan Pemangkasan Karbon Dioksida
    Ardiantomi . 19 Jul, 2024
  • Harley-Davidson Luncurkan Hydra Glide Revival di GIIAS 2024
    Harley-Davidson Luncurkan Hydra Glide Revival di GIIAS 2024
    Zenuar Yoga . 19 Jul, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Cari Skutik 150-160 cc, Simak Update Harga dan Spesifikasinya
    Cari Skutik 150-160 cc, Simak Update Harga dan Spesifikasinya
    Zenuar Yoga . 08 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Pilihan Motor Sport Seharga Yamaha Nmax “Turbo”
    Pilihan Motor Sport Seharga Yamaha Nmax “Turbo”
    Zenuar Yoga . 26 Jun, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024