REVIEW: All New Yamaha R15, Ini Keunggulannya

Yamaha R15
JAKARTA, Motovagaza.com – Skuter matik boleh saja menjad tren karena kepraktisannya. Tapi motor sport kopling tetap ada peminat dan pasarnya. Di sini, nama Yamaha punya tempat tersendiri. Salah satu andalan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) adalah All New Yamaha R15. Motor ini mampu merayu konsumen Indonesia dengan berbagai keunggulannya. Yamaha R15 merupakan produk unggulan Yamaha di kelas 150 cc. Menjadi salah satu motor sport kelas menengah yang banyak diidolakan oleh pecinta kuda besi full fairing. Secara harga, model ini memang lebih mahal dibandingkan pesaingnya. YIMM menetapkan harga Rp 36,080 untuk versi standar dan Rp 37,685 juta untuk MotoGP Edition. Angka ini lebih tinggi dari Honda CBR150R yang dibanderol mulai Rp 35,3 juta sampai MotoGP Edition ABS seharga 40,2 juta. Bahkan cukup jauh jika dibandingkan Suzuki GSX-R150. Andalan Suzuki ini paling murah ada di angka Rp 30,6 juta sampai versi ABS Rp 34,6 juta. Toh, di luar itu ada faktor plus yang dimiliki Yamaha R15. Bagi Anda yang tertarik untuk memboyongnya, simak dulu lima keunggulan utama R15:

Desain

Tampilan menjadi modal awal bagi semua merek untuk menarik perhatian konsumen. Jika poin ini gagal, sudah pasti orang tidak akan mau mencari info lebih lanjut soal motor tersebut. Yamaha sukses dengan hal ini. Pabrikan garpu tala itu membungkus R15 dengan desain yang lebih segar dan sporty. Beda dengan model terdahulu yang tampak kaku. Model sekarang punya desain headlamp sipit dan sudah dilengkapi teknologi LED. Tampilan depan amat mencerminkan motor full fairing modern. Kesan stylish motor ini terlihat pada penggunaan fairing aerodinamis dengan lekukan lebih halus dan futuristik. Karena memang diadaptasi dari R-series Yamaha yang dipakai di MotoGP. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai ‘Baby R6’, lantaran bentuk lampu utama ganda yang dibuat runcing dan memanjang ke atas. Apalagi di bagian tengahnya dipisahkan oleh semacam Ram Air atau lubang udara, persis desain moge R-Series. Bagian buritan juga dibuat seperti sang kakak. Stop lamp dibentuk sama persis, model coakan di bodi belakang kental aura R6. Cirinya terlihat jelas di sisi kanan-kiri buntut yang terdapat lubang (air-flow). Desainnya mengikuti moge R-series model baru, supaya lebih bersahabat dengan angin, sekaligus mengurangi bobot.

Konstruksi

Pabrikan tetap bertahan dengan penggunaan rangka deltabox. Kontruksi ini terbuat dari bahan alumunium yang ringan dan kuat. Ia bersifat kaku dan memiliki fungsi untuk mendukung tingkat stabilitas berkendara. Distribusi bobot dari sasis model ini diklaim 50:50 antara depan dan belakang. Dimensinya lumayan 1.990 x 725 x 1.135 mm (PxLxT), dengan jarak sumbu roda 1.325 mm dan memiliki bobot 137 Kg. Untuk kapasitas tangki bisa menampung bahan bakar hingga 11 liter. Tinggi jok mencapai 815 mm dan jarak terendah ke tanah 155 mm. Angka itu dinilai cukup sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Sehingga mudah dikendarai tanpa perlu jinjit.

Mesin

Yamaha R15 menggendong mesin 155 cc satu silinder SOHC, 4-stroke, 4 Valve, liquid-cooled dan berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Berkat teknologi andalannya itu, torsinya merata di setiap putaran mesin. Tenaga maksimum hingga 19,3 hp di 10.000 rpm dan torsi mencapai 14,7 Nm di putaran 8500 rpm. Seluruh daya tersalur melalui transmisi manual 6 percepatan. Bagian jeroan juga tak luput dari teknologi canggih. Disematkan Forged Piston dan Diasil (die aluminium silicon) Cylinder. Inovasi ini diklaim lebih kuat, ringan dan durabilitas baik. Karena menggunakan piston yang dibuat dengan sistem tempa, dan diasil dari material alumunium dengan silikon untuk ruang pembakaran. Keunggulan di sektor mesin selanjutnya, Assist & Slipper Clutch. Fungsi utamanya membuat beban kopling berkurang dan mempengaruhi pergantian gigi jadi lebih mudah. Selain itu, perpindahan gear naik maupun turun terasa halus, sehingga akselerasi jadi lebih responsif.

Fitur

Teknologi canggih selanjutnya terdapat pada panel instrumen. Didesain dengan gaya racy dan mewah, karena sudah mengadopsi full digital dan disisipi dengan shift timing light. Isinya pun lengkap, gear position, takometer, petunjuk kecepatan, fuelmeter, odometer, dan tripmeter. Ada juga average fuel economy, setting model dan tentu jam digital. Sementara shift timing light berguna sebagai tanda yang tepat bagi pengendara untuk pindah gigi. Menariknya tersedia tiga pilihan nyala; berkedip cepat, berkedip lambat dan menyala tanpa kedipan. Anda juga bisa menyetel sendiri kapan akan mulai menyala dan kapan harus mati. Ada pula fitur lampu hazard, yang berfungsi sebagai tanda ketika keadaan darurat. Dipakai saat motor berada di tepi jalan, bukan dalam keadaan berjalan ataupun bertemu simpangan.

Kaki-Kaki

R15 termasuk motor sport 150 cc paling komplet. Selain mesin dan fitur, di bagian ini juga unggul dibanding kompetitor. Suspensi depan sudah upside down dan diameternya cukup besar, 37 mm. Penggunaan peranti ini selain menghindari bunyi ‘jedug’ atau bottoming, juga membuat redaman terhadap getaran jadi lebih baik. Belakangnya pakai swing arm alumunium model banana. Lengan ayun ini dikombinaksikan dengan monoshock sistem link. Efek getaran dari jalan tak rata bisa teredam maksimal. Kedua part ini membuatnya kental aura moge. Selain itu, dampak langsung yang bisa dirasakan manuver makin presisi terutama di kecepatan tinggi Apalagi didukung ban lebar, membuat area kontak dengan aspal makin luas, jadi handling lebih stabil. Depan pakai 100/80-17 dan belakang 140/70-17. Kulit bundar itu dipasang pada pelek dengan tapak 2,50 di depan, dan belakang 4,00. Untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju, dipasangkan rem cakram depan maupun belakang. Depan pakai Wide Front Disc Brake berdiameter 282 mm dengan kaliper 2 piston, dan belakang 220 mm yang dijepit 1 kaliper piston. Nah Bagaimana pendapat Anda? Baca Juga: Ini Lima Keunggulan Utama All New Yamaha R15 ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023