REVIEW: Suzuki GSX-R150 ABS, Lengkap Speknya Murah Harganya

JAKARTA, Motovaganza.com -- Suzuki GSX-R150 ABS menjadi varian tertinggi dari keluar GSX-R. Entah kenapa ia seolah kalah pamordibandingkan opsi standar ataupun tipe keyless. Salah satu penyebabnya, tentu saja lantaran harga jualnya yang paling mahal. Padahal jika dilihat, banderol tersebut berselisih jauh dibanding kompetitor. Coba kita bandingkan dengan harga jual Honda CBR150R ABS. PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menjualnya mulai dari Rp 39,3 juta. Belum lagi jika Anda dihadapkan dengan pilihan lain macam Racing Red atau edisi MotoGP, sudah tembus Rp 40 juta. Sementara GSX-R150 ABS hanya dipatok Rp 34,6 juta. Mengenai kelengkapan, kedua brand sudah mengaplikasi pengereman Antilock Braking System itu di kedua roda. Namun, pembeli CBR150 harus merogoh kantong lebih dalam jika ingin mendapatkan varian tertinggi seperti edisi MotoGP. Sementara pada GSX-R150 ABS, versi itu (livery MotoGP Suzuki Ecstar) hadir tanpa selisih harga. Sedikit kelebihan CBR150R, hanya ketambahan fitur ESS (emergency stop signal) saja. Pun bila menyandingkannya dengan Yamaha R15. Dari segi harga, kuda besi garpu tala dibanderol lebih mahal, Rp 36,080 juta. Itupun tanpa keberadaan ABS seperti motor buatan Suzuki Indonesia. Meski begitu, nominalnya masih terbilang wajar lantaran R15 punya fitur Assist & Slipper Clutch (ASC). Dan jangan lupa, kubikasi mesinnya paling besar dari GSX-R150. Baca juga: Menghitung Peluang Suzuki Saluto Diproduksi di Indonesia

Sistem Pengaman

Satu yang perlu diingat, baik R15 maupun CBR150R masih memakai sistem kunci berpengaman magnet. Berbeda dengan GSX-R150 tipe termahal, pengoperasian kontaknya justru sudah keyless. Dan dengan banderol yang lebih bersahabat tadi, pembelinya sudah mendapati tampilan panel meter full digital. Cukup atraktif lewat dominasi penyajian informasi kecepatan, transmisi dan putaran mesin. Ya, penawaran mirip-mirip yang juga diberikan oleh kedua rival. Nilai tambah dari GSX-R150 pun tak lepas dari sektor handling. Dimensi 2.020 x 700 x 1.075 mm (PxLxT), kompak untuk ukuran motor sport. Kelebihan lain dari motor ini adalah jok paling rendah, yaitu 785 mm. Aura racingnya pun tertuang dari posisi setang yang lebih pendek. Buat beberapa orang, mungkin agak mengganggu karena riding position-nya kepalang nungging. Tapi, dengan bobot 131 kg, mestinya menjadi toleransi karena ia tak seberat CBR150R (135 kg) maupun R15 (137 kg). Baca juga: Terinspirasi Kilat, Ini Pemenang Suzuki GSX Series Digital Modifikasi

Spesifikasi Mekanik

Apalagi dengan spesifikasi jantung mekanik. Suzuki GSX-R150 berbekal mesin DOHC satu silinder dengan kapasitas 150 cc. Performa yang dikeluarkan meliputi daya sebesar 18,9 Hp/10.500 rpm dan torsi maksimal 14 Nm/9.000 rpm. Dia pula satu-satunya motor yang punya karakter sport tulen. Terlihat dari racikan mesin overbore (bore stroke: 62 x 48,8 mm). Dengan begitu, GSX-R150 dapat mengail daya di putaran mesin lebih tinggi. Berkat ramuan itu pula catatan tenaganya terpaut sedikit saja dari Yamaha R15 (19 Hp/10.000 rpm), yang notabene punya mesin lebih besar. Kemampuannya juga lebih besar dari CBR150R (16,8 Hp di 9.000 rpm). Namun kelemahan mesin overbore milik GSX-R150, juga mesti mendapat torsi maksimal di rpm tinggi. Berbeda dengan dua pesaing yang sengaja diracik overstroke. torehan momen puntir CBR150R dan R15 dicapai pada putaran mesin lebih rendah dari GSX-R150. Pilihan tentu kembali kepada Anda. Plus-minus GSX-R150 bisa dilihat dari rancang bangun yang dibawa. Mulai dari desain hingga fitur. Tapi lewat perangkat ABS yang ditawarkan dengan harga tak lebih dari Rp 35 juta, jelas menarik bukan? Baca Juga: Mengenal Suzuki GSX-R150 ABS, Varian Tertinggi juga Termurah di Kelasnya ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Vespa Indonesia Meriahkan Jakarta Mods MayDay 2025
    Vespa Indonesia Meriahkan Jakarta Mods MayDay 2025
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Fazzio Modifest 2025 Wadahi Kreativitas Anak Muda Yogyakarta
    Fazzio Modifest 2025 Wadahi Kreativitas Anak Muda Yogyakarta
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • Tracker Luncurkan 2 Jaket Motoran Baru, Cocok Buat Touring dan Harian
    Tracker Luncurkan 2 Jaket Motoran Baru, Cocok Buat Touring dan Harian
    Bangkit Jaya Putra . 28 Mei, 2025
  • Yadea Investasi di Indonesia, Dorong Industri Motor Listrik dan Kerja Sama Tiongkok-RI
    Yadea Investasi di Indonesia, Dorong Industri Motor Listrik dan Kerja Sama Tiongkok-RI
    Zenuar Yoga . 27 Mei, 2025
  • 5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    5 Hal Kenapa Yamaha Gear Ultima Menarik Dijadikan Skutik Cari Cuan
    Bangkit Jaya Putra . 27 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Zenuar Yoga . 09 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025