Royal Enfield Scram 411 Siap Dirilis Tahun Ini

royal enfield scram 411

Scram 411 salah satu produk ambisius yang bakal dijalankan oleh Royal Enfield. Sebelumnya perusahaan telah memperluas platform 350 dan 650 untuk beberapa tahun ke depan. Namun model baru ini tampaknya akan menjadi spin-off pertama dari mesin 411 Himalayan. Scram 411 akan dirilis pada awal 2022.

Kemunculannya memang sudah ramai dibicarakan sejak tahun lalu. Namun informasi paling mengejutkan dari tersebarnya foto Royal Enfield Scram 411. Model gres itu telah terlihat sedang uji jalan di India. Gambar spy shot yang tersiar tampak jelas, berjenis scrambler yang didasarkan pada platform Royal Enfield Himalayan. Produk baru ini dikabarkan bakal dirilis pada semester pertama tahun ini.

Dinamakan Scram 411 karena modelnya mengambil unsur sepeda motor jenis Scrambler. Bodinya dari Himalayan asli, sedikit dipangkas agar terlihat chunky dan bermanfaat menjadi profil yang lebih ramping, tetapi tetap kokoh.

Gambar yang tersiar menunjukkan Scram 411 mempertahankan bingkai Himalayan dan tangki bahan bakar. Penampung bensin diberikan warna merah tua dengan kombinasi aksen hitam, termasuk panel kecil di sekitar bagian depan tangki. Bezel lampu depan memiliki tampilan aluminium yang menarik. Meski begitu, ini memberikan sedikit karakter yang berbeda pada bagian depan motor jika dibandingkan dengan tampilan chrome dan hitam dari Himalayan.

Baca Juga: Royal Enfield Patenkan Nama Scram, The Twins Versi Scrambler?

 

Di bawah tangki ada mesin 411 cc satu silinder yang sama dengan Himalayan. Menghasilkan tenaga 24 hp dan torsi 32 Nm. Ia terlihat bertenaga tapi model ini lebih ditujukan untuk perkotaan, bukan seperti saudaranya yang lebih adventure. Menariknya, model uji terlihat dari pelek wire-spoke. Namun bisa saja saat diluncurkan nanti ada varian yang menggunakan cast wheels. Sementara roda depan berukuran 18 inci, bukan 21 inci seperti yang dipakai Himalayan.

Posisi rider terlihat ergonomis, tegak dan nyaman. Pijakan kaki dipasang lurus ke bawah dari sadel dalam posisi tengah. Setang berkontribusi pada posisi berkendara yang tegak, dengan sepasang kaca spion bundar khas Enfield yang memberikan visibilitas.

 

Langkah Royal Enfield

Royal Enfield telah berhasil mendobrak perusahaan India lainnya dengan melakukan ekspansi di luar batas domestiknya. Semua dilakukan untuk menemukan pasar global yang reseptif untuk sepeda motor klasik, bernilai baik, dan tanpa basa-basi.

Royal Enfield Interceptor 650 boleh dibilang masuk dalam lima besar sepeda motor terlaris (non-skuter) untuk 2021. Sedangkan Royal Enfield Meteor 350 mungkin akan bergabung jika dijual awal tahun ini. Peningkatan citra inilah yang ingin dimanfaatkan Royal Enfield pada 2022 dengan sebanyak tujuh model baru yang berpotensi dalam pengembangan.

Selain Scram 411, line up mesin 650 juga bakal dijabarkan tahun ini. Salah satunya yang berpotensi yaitu jenis cruiser Super Meteor 650 dan versi produksi dari konsep SG650, yang dikenal sebagai Shotgun 650. Sementara itu, Classic 350 yang baru saja diluncurkan bakal menelurkan versi Bobber. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Royal Enfield Rilis SG650 Concept, Begini Jadinya Kalau Bikin Bobber

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Royal Enfield Unggulan