Safety Riding dan Training Center Terbesar di Asia Tenggara Mulai Dibuka untuk Umum

AHM Safety Riding Park

PT Astra Honda Motor (AHM) lagi gencar mengenalkan Safety Riding dan Training Center (AHMSRTC). Lebih singkat dikenal sebagai Safety Riding Park, merupakan fasilitas Safety Riding Honda terbesar di kawasan Asia Tenggara. Total lahannya mencapai 8,5 hektar dan mampu menampung 15 ribu orang berlatih setiap tahunnya. Lokasi berada di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Selain menargetkan 15 ribu orang dewasa ikut pelatihan setiap tahun, AHM juga membidik usia dini bahkan level anak-anak lewat Kids Traffic Park. Di sini akan dikenalkan rambu-rambu lalu lintas, cara menyeberang yang aman, sampai cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang dihadirkan.

AHM Safety Riding Park

Manager Safety Riding AHM, Johanes Lucky Margo Utomo, nantinya ketika pemotor melakukan safety riding di sini bukan cuma hard skill saja yang diasah, namun kemampuan soft skill juga ditingkatkan. "Saat ini kami memiliki 143 instruktur teruji dan bersertifikasi. Ada pula lebih dari 19 ribu program pelatihan, 940 Honda training tider, dan fasilitas di Deltamas ini menjadi yang kesembilan milik Honda Motor," kata Lucky, saat pengenalan AHMSRTC (30/9).

Selain memiliki fasilitas bangunan lengkapi, arena safety riding course menyesuaikan karakter dan kontur jalan di Indonesia. Baik medan aspal maupun trek off-road. Kurang lebih fasilitas itu berdiri di lahan seluas 4 hektar. Safety riding AHM di Indonesia pun bertambah banyak. Selain di Cikarang Deltamas, mereka sudah lebih dulu membangun di daerah Serang, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan, dan Bandung.

Baca Juga: AHM Beri Penyegaran Honda CB500X, Harga Kini Mendekati Brio RS CVT

 

 

Gratis untuk Masyarakat Umum

AHM Safety Riding Park

Ada 2 cara agar masyarakat bisa berlatih di AHM SRP. Fokus pendaftarannya memang bersifat digital dengan mengunjungi laman resmi  safetyridingpark.astra-honda.com. Pertama menyesuaikan dengan kelas yang sudah disediakan. Di website tersedia jadwal untuk pelatihan. Jika tertarik ikut hanya tinggal menyesuaikan waktu dan kelas mana yang ingin diikuti. Cara kedua bisa dari satu grup atau komunitas mengajukan proposal dan kita buatkan kelas tersendiri. Semua bisa akses lewat website, menghubungi call center, atau langsung datang ke lokasi. Cocok juga untuk sekolah atau instansi.

Menariknya, calon peserta bukan konsumen dari motor Honda bisa tetap ikut pelatihan dan dilayani dengan profesional. Terkait biaya, hingga saat ini masih digratiskan untuk umum sampai waktu yang belum ditentukan. Anda juga tak perlu repot membawa kendaran serta gears yang dibutuhkan. Di sini semua jenis sepeda motor baik matik, kopling, hingga motor berkubikasi mesin besar tersedia. Pun untuk kelengkapan safety riding seperti sepatu, sarung tangan, helm, protektor, dan jaket ada dalam beberapa ukuran.

Ada banyak jenis pelatihan yang ditawarkan berdasarkan situs resmi. Mulai dari kelas pemula pre-ride, kelas pemula pre-clutch, kelas berkendara tingkat umum dasar, dan kelas berkendara umum tingkat menengah, kelas berkendara umum tingkat andal, kelas bigbike tingkat dasar, kelas bigbike tingkat menengah, kelas bigbike tingkat andal, kelas offroad tingkat dasar, kelas offroad tingkat andal, kelas khusus berkendara kelompok, kelas profesi atau perusahaan, kelas khusus persiapan SIM, kelas khusus prediksi bahaya lalu lintas, kelas khusus pengetahuan berkendara secara aman, dan kelas anak.

 

 

Komitmen AHM

AHM Safety Riding Park

Sebagai produsen sepeda motor dengan angka penjualan terbesar di Indonesia, tentu ini jadi salah satu tanggung tanggung jawab moral perusahaan untuk menekan angka kecelakaan yang masih tinggi. Namun akan menjadi percuma jika mereka sudah menyiapkan namun dari sisi masyarakat masih acuh bahkan abai soal keselamatan berkendara.

"Dari program dan infrastruktur yang kita bawa dan sediakan itu jadi wujud komitmen kita. Tapi ini akan jadi sia-sia jika dari sisi sana (pemotor) tidak bisa menerima kita. Namun kami terus akan mengkampanyekan kesadaran dan keselamatan itu sangat penting. Di satu sisi kita bangun fasilitas, si pemotor kita sadarkan untuk mau ikut pelatihan," tutup Lucky. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Honda Modif Contest 2021 Digelar, AHM Ajak 600 Modifikator di Penjuru Tanah Air

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan