Selamat Tinggal Warna Monoton, Yamaha MT-25 Kini Hanya Hadir Dalam Corak Cerah

Yamaha MT-25 2021

Memasuki awal tahun, Yamaha gencar mengubah tema produk jualannya ke pasar. Sejauh ini, dari pola yang dilihat mereka ingin mengaplikasikan nuansa cerah ke banyak lini. Semisal Yamaha All New Aerox, Fino dan kini giliran naked seperempat liternya, MT-25. Nuansa monoton dihilangkan. Diganti dua kelir baru nan ekspresif.

”MT-25 adalah bagian dari line up MT Series yang telah meramaikan pasar sport Indonesia dengan keunggulannya yang berkelas. Baik itu dari segi desain, fitur dan teknologi modern, performa terbaik di kelasnya, dan ciri khas Master of Torque dengan torsi yang besar. Tampilannya pun kini kian menarik lewat penyegaran yang dilakukan dengan warna terbarunya. Penggunanya bisa lebih mengekspresikan keinginan tampil modern dan sporty saat berkendara dengan naked sport bike terbaik di kelasnya ini,” papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA and Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam rilis.

Warna itu ialah Metallic Dark Grey. Menggantikan kelir putih yang sebelumnya eksis. Mungkin akibat terlalu mirip dengan sang adik, Yamaha memberi identitas tersendiri. Padanan ini menggabungkan abu-abu gelap, serta striping oranye dan biru muda bertumpuk pada tangki. Sebagai aksen kontras. Grafis ini pun ditempel pada sisi buntut, dengan desain baru.

Sisanya diwarnai hitam. Dari mulai blok mesin, rangka, panel samping, jok, serta knalpot. Upside down bertabung besar itu pula dibungkus cover gelap dengan tumpuan silver. Nah, yang tetap jadi ciri khas, pelek palang styish masih dilabur oranye menyala. Kontras ini cukup merepresentasikan gaya sporty.

Tema kedua adalah Metallic Blue. Posisinya menggantikan yang serba hitam di versi lalu. Ya, tampilan sangar dan mengerikan a la Yamaha MT besar milik Paspampres itu kini tak ada lagi. Bagi orang yang suka komposisi satu warna mungkin agak kecewa. Tapi bisa jadi riset pasar mereka lebih banyak menginginkan sesuatu yang cerah.

Metallic Blue, adalah biru khas Yamaha di lini manapun. Agak tua, namun tak terlalu muda. Cat tu diaplikasikan di sebagian besar permukaan tangki. Polos. Tanpa grafis sama sekali. Baru di sayap kecil depan tangki ada striping baru dengan desain minimalis. Dasarnya pun silver, untuk memberikan kontras.

Baca Juga: Yamaha YZF-R25 MY 2021 Malaysia Dipersolek Warna Baru Seperti Versi Jepang

Tema ini, lebih “santai” dari silang warna yang satunya. Sebab sisanya dipadu kelir hitam, serta pelek seirama tangki. Khusus batok lampu dan fender depan juga diberi silver stone, tak telalu mencolok. Perihal harga, MT-25 warna baru Metallic Dark Grey dan Metallic Blue dipasarkan seharga Rp 55.460.000 OTR Jakarta. Dan sudah mulai tersedia di diler.

Belum dilakukan perubahan wujud maupun teknis pada naked seperempat liter ini. Masih menerapkan konsep sama persis dari generasi lalu. Toh umurnya pun boleh dibilang belum lama. Apalagi, hari ini ia boleh dibilang menguasai segmen. Sebab KTM Duke 250 seperti tak ada tajinya, sementara Kawasaki Z250 hilang dari laman resmi, serta Honda tak memiliki rival kuat.

Kalau dilihat sebagai objek tunggal pun, ia cukup menarik. Wajah intimidatif begitu kental terlihat. Berkat masker lampu yang serba gelap. Sekaligus penempatan headlamp cenderung nyeleneh. Namun, hal itu berhasil membuat tatapannya tajam. Sekaligus beda dari yang lain.

Bodinya kekar. Sudut-sudut lancip ada di semua sisi. Berikut lubang udara pada tepian tangki menambah nuansa motor performa. Secara keseluruhan, ukuran motor ini adalah 2.090 X 745 X 1.035 mm (P x L x T) dan memiliki ground clearance minimum 160 mm.

Dipersenjatai mesin 250cc dua silinder DOHC 8 Katup, dengan transimisi enam percepatan. Soal pendingin sudah dilengkapi oleh radiator. Sementara dapur pacu mampu menyemburkan tenaga maksimum 35,5 Hp/12.000 rpm dan torsi maksimum 23,6 Nm/10.000 rpm, menghasilkan akselerasi berkendara yang responsif.

Klaim konsumsi bahan bakar saat itu bisa menyentuh 20-25 kpl. Lumayan bagus buat sebuah motor kencang. Lantas kecepatan puncaknya sanggup menoreh 179 kpj. Sementara area suspensi, diprakarsai upside down bertabung besar serta monoshock di belakang. Tidak hanya membuat tampilannya menjadi lebih gahar, tentunya turut meningkatkan kemampuan handling.

Yamaha MT-25 new color

Jika Budget Terbatas, MT-15 Tetap Opsi Menarik

Angka Rp 50 jutaan mungkin bukan yang terbaik bagi konsumen Indonesia. Daya belinya boleh jadi tak sebesar motor Rp 30 jutaan. Dan tak perlu khawatir, jika ingin mengejar tampilan senada, Yamaha turut memiliki MT-15 alias versi kecilnya. Dengan nilai jual Rp 36,9 juta OTR Jakarta.

Bicara segmen naked bike 150 cc, MT-15 memiliki kelengkapan serta performa paling baik. Walaupun Suzuki dengan GSX-S150 mengekor dekat, berikut harganya jauh di bawah. Tapi mana lagi yang menyediakan fitur assist dan slipper clutch? Dua perangkat ini cukup berpengaruh terhadap pengendaraan. Selain tuas kopling lebih halus, perpindahan gigi - terutama down shifting - bakal menghilangkan gejala ban terkunci.

Perbedaan output dengan GSX pun lebih besar meski tak signifikan. Dapur pacu 155 cc SOHC empat katup berhasil menorah angka 18,7 Hp/10.000 rpm serta torsi 14,7 Nm/8.500 rpm. Ia juga dibekali teknologi Variable Valve Actuation (VVA), untuk distribusi tenaga tepat guna serta merata. Cukup terdepan.

Rancang bangun konstruksi tak kalah serius. Rangka Delta Box dipadukan tipe fork upside down untuk mengoptimalisasi pengendalian. Tentunya selain memberi dampak pada akurasi di tikungan, berpengaruh pula terhadap tampilan. Rasanya siapapun setuju tampangnya bengis dan kekar bukan? Sementara penopang belakang, memakai model suspensi tunggal, bersangga ke swing arm aluminium.

Baca Juga: Yamaha R15 Kian Ekspresif dengan Kelir Baru, Harga Tetap

Fitur? Tak perlu ditanya lagi. Instrumen digital senantiasa menunjukan semua data fundamental. Tak hanya kecepatan, putaran mesin, posisi gear, serta penunjuk waktu. Disiapkan dua data trip meter, lengkap dengan catatan konsumsi bahan bakar, baik rata-rata maupun real time. Bahkan average speed bakal terekam juga di layar biru negative display.

Pencahayaannya tentu optimal. Lampu utama sudah LED, dipancarkan lensa proyektor. Selain hemat daya dan terang, model begini lebih fokus menentukan arah cahaya. Dioda turut digunakan juga pada tail light. Satu hal saja yang disayangkan, belum ada opsi ABS, serta sistem keyless. Sisanya boleh dibilang memuaskan.

Menilai desain, kami rasa MT-15 begitu mudah disukai. Terutama jika dilihat dari depan, menunjukkan kesan bengisnya. Rumah lampu utama bak topeng itu rasanya berhasil menarik perhatian. Apalagi dijejali tabung suspense besar tadi.

Dari sisi dan belakang juga enak dilihat. Guratnya merepresentasikan keluarga MT: Tajam, maskulin dan sporty. Ukuran ban lebar di depan dan belakang pun tampak proporsional, apalagi disediakan pelek palang beropsi warna cerah. Sementara kelir tubuhnya dibagi tiga pilihan: Matte Grey, Metallic Black, serta Matte Blue. Masing-masing dikombinasikan tema warna roda berbeda, tinggal sesuaikan dengan selera.

Masih belum cukup? Boleh cek unit bekasnya. Hasil pencarian di portal jual beli sebetulnya tak begitu banyak. Wajar saja usianya baru mau menginjak dua tahun. Para pemilik mungkin masih getol-getolnya menikmati motor impian mereka. Belum rela menyerahkan ke tangan ke orang lain. Karena itu, Anda perlu cermat memilih, lantaran opsinya sedikit.

Terlepas itu, nominal yang ditawarkan serba menarik. Untuk filterisasi Kota Jakarta misalnya, hampir tak ada yang menjual lebih dari Rp 30 juta. Rata-rata mulai Rp 25 sampai Rp 28 juta. Itupun masih bisa dinegosiasi.

Lain cerita di luar Jabodetabek, terutama Jawa Tengah, Timur, Kalimantan, serta Sumatra. Kebanyakan masih menjual di Rp 30 jutaan. Kemungkinan besar disebabkan perbedaan harga saat masih baru. Lumrah terjadi di setiap merek.

Namun tetap saja menarik. Selisihnya lumayan ketimbang menebus dari diler. Lagipula kondisinya masih gres. Usianya baru sebentar, minim risiko mendapat unit mengenaskan. Paling-paling butuh perhatian di area bodi. Kita tahu, seapik-apiknya memelihara, kadang ada saja kerusakan disebabkan orang lain. Entah ditabrak, atau tersenggol di area parkir.

Urusan teknis mestinya dapat berjalan normal. Namun perlu diingat, khusus yang memilih keluaran awal hingga pertengahan 2019, fasilitas servis gratis biasanya mulai habis. Komponen fast moving yang krusial juga boleh jadi sudah aus. Perlu diremajakan.

Paling tidak siapkan dana tambahan untuk penggantian oli, servis rutin, serta pengecekan menyeluruh. Ada baiknya saringan udara, busi, injector, sampai area penggerak turut diperiksa. Bengkel resmi Yamaha tentu masih menyediakan pelayanan beserta spare part lengkap. Tak perlu khawatir. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Melanjutkan Penyegaran Fino Premium, Yamaha Turut Kemas Varian Sporty dalam Kelir Anyar

Jelajahi Yamaha MT-25

  • Tampak belakang serong Yamaha MT-25
  • Tangki BBM Yamaha MT-25
  • Mesin Yamaha MT-25
  • Ban depan Yamaha MT-25
  • Lampu depan Yamaha MT-25
  • Jok Yamaha MT-25
  • sandaran jok Yamaha MT-25
  • Lampu belakang Yamaha MT-25
  • ban belakang Yamaha MT-25
Yamaha MT-25
Rp 55,46 Juta Cicilan : Rp 1,27 Juta

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha R15
    Yamaha R15
  • Yamaha Aerox 155VVA
    Yamaha Aerox 155VVA
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang