Setelah 2 Tahun Mengaspal, Moto Guzzi Beri V85 TT Sentuhan Baru

Setelah 2 tahun meluncur secara global, akhirnya Moto Guzzi berikan penyegaran terhadap V85 TT. Fokus ke mesin, fitur dan varian warna. Pihak pabrikan juga mengungkap varian V85 TT Travel sebagai tipe tertinggi. Punya kelengkapan lebih komplet untuk menunjang perjalanan jauh.


Moto Guzzi V85 TT merupakan motor tualang yang tidak hanya mampu melaju di medan off-road. Ia juga cukup tangguh menaklukan jalur on-road. Maka itu pihak pabrikan perlu meracik ulang bagian jantung mekanis. Prioritas yang dilakukan untuk memenuhi standar emisi Euro 5.


Unit Flying V, atau disebut transversal 90° V-twin berkubikasi 853 cc dengan dua katup per silinder tetap bertahan. Namun ada sedikit penyesuaian di pushrod and rockers timing cams. Berkat pembaruan komponen itu, mesin yang sekarang dapat menghasilkan torsi lebih besar pada rpm rendah. Boleh dibilang, akselerasinya lebih baik dibanding model terdahulu. Selanjutnya, sektor electronic engine control juga dirancang ulang agar menghasilkan kinerja lebih bagus.


Moto guzzi V85 TT


Meski detail spesifikasi belum terungkap jelas, bisa dipastikan masih tetap berkarakter overbore. Sehingga tenaga puncaknya ada di angka 80 hp pada putaran mesin 7.750 rpm dan torsi sebesar 80 Nm yang dicapai pada 5.000 rpm. Power segitu dikawinkan gearbox enam kecepatan yang dikirim ke roda belakang melalui penggerak poros, bukan rantai konvensional atau penggerak sabuk. Komponen macam itu tentu saja berdampak positif, karena bisa mengurangi kerugian mekanis, pengiriman daya lebih baik, dan peningkatan efisiensi mesin.


Buat memberikan pengalaman baru para pengendaranya, paket elektronik juga menerima beberapa pembaruan. Ini termasuk dua mode berkendara baru sebagai tambahan dari tiga opsi sebelumnya. Total disediakan lima modus berkendara, yakni Strada (Jalan), Pioggia (Hujan), Off-road, Sport, dan Custom. Sport dan Custom adalah tambahan terbaru.


Motor ini juga dilengkapi dengan throttle Ride-by-Wire, cruise control, kontrol traksi variabel, dan ABS dua channel yang dapat dimatikan. Pengaturan semua paket elektronik itu terdapat di tiap konsol setang, bersama dengan cluster instrumen TFT 4,3 inci yang informatif.


Tak hanya itu, pabrikan juga memberi aksesori pendukung tambahan agar smartphone pengendara bisa terkoneksi dengan motor. Ini akan membantu pengendara untuk mengontrol musik, membuat dan menerima panggilan, menggunakan navigasi, dan lainnya melalui platform multimedia Moto Guzzi MIA. Impresi berkendara jadi menyenangkan.


Moto Guzzi V85 TT


Tugas suspensi pada sepeda motor tualang ini ditangani oleh garpu upside down 41 mm di depan, dan monoshock di belakang. Kedua peredam kejut itu diberikan penyetelan preload dan redaman. Sementara pengereman mengandalkan cakram ganda 320 mm di depan dengan empat kaliper tipe radial. Belakangnya pakai disc brake 260 mm yang dijepit single piston.


Untuk model baru ini, pabrikan turut mengubah rodanya. V85 TT sekarang dilengkapi pelek ruji yang lebih ringan 1,5 Kg dari V85TT lama, dan sudah kompatibel dengan ban tubeless. Ukurannya tetap sama, 17 inci di belakang, dan 19 inci di depan. Grafis juga diperbarui dengan sentuhan akhir seperti dual-tone. Terdapat tiga pilihan warna: Nero Etna black, Giallo Mojave yellow dan Rosso Uluru red.


Dalam perilisan ini, hadir pula opsi baru, yakni Moto Guzzi V85TT Travel. Ia diplot menjadi varian tertinggi dan hanya punya satu pilihan warna (Sabbia Namib). Beda dengan varian standar hanya di kelengkapan. Ia mendapatkan windscreen tinggi untuk kebutuhan turing, side panniers, lampu kabut, sistem pemanas hand grip adjustable dan platform multimedia Moto Guzzi MIA. Dirinya dijual lebih mahal, yaitu $ 13.390 atau sekitar Rp 188 jutaan. Terpaut sekitar $ 400 dari edisi standar (V85TT) yang berbenderol $ 12.990 atau setara Rp 183 jutaan.


Besar kemungkinan Moto Guzzi V85 TT 2021 tersedia di Indonesia, mengingat PT Piaggio Indonesia selaku pemegang merek Moto Guzzi di Tanah Air membawa V85 TT model sebelumnya. Saat ini dirinya dibanderol Rp 650 juta. Dengan penambahan yang ada di produk terkini, tentu harganya bakal terdongkrak. Di pasar global, V85 TT anyar berhadapan langsung dengan generasi baru Yamaha Tracer 700 dan Yamaha Tracer 9. Selain itu, ada pula Benelli TRK 800. (Bgx/Odi)


Sumber: Drives park, Visordown, Moto Guzzi

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Moto Guzzi V85TT

Tampak depan serong Moto Guzzi V85TT
Moto Guzzi V85TT Rp 650 Juta Cicilan Mulai : Rp 14,83 Juta
Lihat Promo