Skutik Murah di Bawah Rp20 juta yang Bisa Jadi Pilihan Menarik

Honda Genio 2022 review

 

KEY TAKEAWAYS

  • 5 skuter matik yang paling layak menarik

    Jika dana tak sampai Rp20 juta
  • Dari berbagai jenis motor yang bisa dipakai, skutik menjadi kendaraan yang bisa diandalkan. Kuda besi model ini punya nilai lebih dalam hal kepraktisan. Apalagi ditawarkan dengan banderol terjangkau. Berikut pilihan motor bertransmisi otomatis yang enak buat dipakai harian untuk tunggangan Anda tahun depan.

    Honda Beat Series

    Honda beat 2021

    Opsi skutik murah pertama ada Honda Beat Series. Walau mengandalkan mesin 110 cc, ia hingga saat ini masih menyandang status motor paling laris di Tanah Air. Dirinya sekarang dipasarkan dengan harga Rp17,720 juta (tipe CBS), Rp18,426 juta (CBS ISS), Rp18,572 juta (Deluxe) dan Rp Rp18,376 juta (Street) OTR DKI Jakarta.

    Punya bobot ringan dan bodi ramping, dirinya cocok digunakan untuk rider pemula, pria maupun wanita. Ia juga dikenal sebagai skutik irit dan pas dipakai liburan di dalam maupun luar kota. Beberapa fitur yang ada padanya juga cukup fungsional.

    Dibekali dek pijakan kaki lega, bagasi sebesar 12 liter, dan ada dua rak kecil lagi di bawah stang. Kompartemen sisi kanannya ada power charger 12 W (12V 1A). Tapi hanya tersedia di tipe CBS-ISS dan Deluxe. Lampu utamanya sudah LED, panelmeter menggabungkan digital dengan analog, dan di dalamnya diberikan fitur indikator ECO. Kunci kontak disematkan fitur secure key shutter dan ada tombol pembuka jok di sampingnya.

    Tak lupa juga Combi Brake System (CBS) yang menjadi fitur standar buat Honda Beat termurah. Ada pula Side Stand Switch serta Parking Brake Lock yang berguna saat motor berhenti di tanjakan atau turunan, sehingga lebih aman.

    Sementara Beat Street ditawarkan dengan penggunaan naked Handle Bar. Selain penggunaan setang tanpa cover, deda dengan versi reguler ada di panel meter. Ia sudah full digital, sedang versi standar kombinasi digital dengan analog. Sisanya semua serupa.

    All New Honda Beat series menggendong mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Ia dipercaya mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp di 7.500 rpm dan torsi sebesar 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Mesinnya sudah berteknologi alternating current generator (ACG) starter. Dikombinasikan dengan idling stop system (ISS).

    Pabrikan mengklaim All New Beat Series irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena sudah Euro 3. Pabrikan mengklaim kalau Beat ramah lingkungan karena sudah Euro 3. Dengan fitur ISS dinyalakan, 1 liter bensin mampu membawanya hingga 60,6 km. Karena kapasitas tangkinya 4,2 liter, ia mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

    Untuk tipe CBS tersedia warna Dance White Black, Techno Blue Black, Hard Rock Black dan Funk Red Black. Buat varian CBS-ISS ada Electro Matte Blue dan Garage Matte Black. Masing-masing ditawarkan dengan cat matte. Grafis yang menempel pun lebih atraktif. Terdapat sentuhan aksen pola geometri yang memberikan kesan lebih aktif dan dinamis.

    Buat versi Deluxe punya empat opsi warna. Deluxe Silver, Deluxe Black, Deluxe Brown dan Deluxe Blue. Di All New Beat versi tertinggi ini sekujur bodinya didominasi kelir matte. Keseluruhan pilihan cat spesial ini juga dilengkapi dengan 3D Emblem yang mewah. Khusus untuk Deluxe Silver, disematkan emblem patron merah.

    Honda Genio

    Honda Genio 2022 review

    Bila Anda tidak suka skutik penampilan sporty, Honda Genio bisa jadi pilihan menarik. Saat ini AHM menjual Genio sebesar Rp18,880 juta (CBS) dan Rp19,475 juta (CBS-ISS) OTR DKI Jakarta. Walau harganya di bawah Rp20 juta, fitur yang ada pada dirinya cukup komplet. Cukup mendukung buat rider yang ingin menikmati libur akhir tahun.

    Ada hook atau cantolan kantong belanja di dasbor depan, power outlet di dek sebelah kanan, area pijakan kaki rata, volume bensin berkapasitas 4,2 liter dan bagasi 14 liter. Untuk fitur keamanan ditunjang secure key shutter, brake lock atau rem parkir, combi brake, dan side stand switch yang menjadi fitur standar Honda Genio.

    Teknologi lampu depannya sudah menggunakan LED. Panelmeter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. Sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang menyuguhkan penampilan yang mewah.

    Untuk mesinnya mengandalkan 110 cc, satu silinder, 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dan PGM-FI. Dibenamkan pula teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus. Dan bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Output tenaga Genio sendiri ada diangka 8,9 Hp di 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm.

    Berdasarkan hasil tes internal AHM dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakar Genio menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh.

    Ukuran pelek 12 inci. Modelnya mirip kepunyaan Scoopy versi sebelumnya. Didukung ukuran ban tubeless terbaru yang lebih lebar, depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12. Ketinggian tempat duduknya cuma 774 mm.

    Yamaha Gear 125

    Review yamaha gear 125

    Dari pabrikan Yamaha bisa pilih Yamaha Gear 125. Ia hadir dalam dua tipe, yakni S Version dan Standard Version. Masing-masing dijual Rp18,450 juta buat S Version dan Rp17,735 juta untuk versi standar. Harganya berstatus OTR DKI Jakarta.

    Tak kalah dengan kompetitor, Gear 125 punya beragam fitur yang sangat berguna ketika dipakai buat liburan. Utamanya dek rata yang luas dan ruang penyimpanan di bawah kursi. Kemudian punya double hook, untuk memudahkan membawa barang lebih banyak dan bisa dilipat jika tidak digunakan.

    Ada pula tambahan rak di sisi kiri yang kapasitasnya cukup besar dan dalam, bahkan bisa menyimpan satu botor air ukuran sedang. Di situ tersedia socket pengisan baterai gawai, tapi konsumen harus membeli konektor. Sayang, tempat itu dalam keadaan terbuka. Jika ingin tertutup rapi, Yamaha menawarkan aksesori penutup. Sehingga lebih aman saat menaruh barang.

    Khusus untuk versi termahal disematkan fitur Stop & Start System (SSS). Jika kondisi aktif (posisi On), maka mesin bakal mati otomatis ketika motor idle 3-5 detik. Perangkat penyala mati ini terletak di setang sebelah kanan. Kemudian diberikan remote Answer Back System, membantu mencari motor saat di parkiran.

    Jantung mekanik Gear 125 bermuatan 124,96 cc, SOHC, satu silinder, 4 langkah dengan berpendingin udara serta berteknologi Fuel Injection Blue Core. Tenaga dan torsi yang dihasilkan masing-masing 9,38 Hp di 8.000 rpm dan 9,5 Nm di 5.500 rpm.

    Mesinnya sudah menggunakan Smart Motor Generator (SMG) yang mensenyapkan suara starter. Kemudian tangki bensinnya 4,2 liter. Demi keamanan penggunanya yang terkadang lupa menaikan standar samping, diberikan stand side switch. Kemudian ada Smart lock yang dapat menjaga posisi motor saat berada di tanjakan.

    Gear S Version atau tipe paling tertinggi tersedia Prestige Silver dan Matte Red. Sementara untuk varian Standar hadir dengan Metallic Cyan, Metallic White, Metallic Red, Matte Olive dan Metallic Black.

    Suzuki Nex II

    Suzuki Nex II

    Skutik murah selanjutnya ada Suzuki Nex II. Ia dapat diandalkan buat menempuh perjalanan dalam kota maupun luar kota selama liburan akhir tahun. Konsepnya mirip dengan Honda Beat, penampilan sporty, dimensi kecil dan ramping.

    Banderolnya kini ada diangka Rp18.081 juta buat varian standar dan elegan, Rp18,636 juta untuk versi Elegant Premium dan Rp18,888 juta buat tipe Fancy Dynamic. Masing-masing banderol sudah berstatus OTR Jakarta.

    Ia memiliki bodi kompak dan ramping. Tercatat punya panjang 1.890 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1.045 mm. Bobotnya juga cukup terjangkau bagi siapa saja, cuma 93 kg. Berkat dimensinya yang kecil, dia sangat mudah dikendarai. Keunggulan yang dimilikinya yakni pijakan kaki yang luas dan nyaman. Ukurannya mencapai 168 mm x 413 mm, yang memberi kenyamanan penggunanya.

    Nex II menggendong mesin kecil, cuma 113 cc SOHC dan berteknologi Fuel Injection. Jantung mekanisnya dapat menyemburkan daya sebesar 9,3 hp di 8.000 rpm dan momen puntir 8,5 Nm di 6.000 rpm. Teknologi pengabutan injeksinya di kombinasikan dengan SEP (Suzuki Eco Performance), mampu membuatnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dari berbagai sumber, motor ini memiliki konsumsi BBM menyentuh 49 km per liter dengan volume tangki di 3,6 liter.

    Mesin mudah dinyalakan berkat teknologi Suzuki Easy Start System, yang juga telah digunakan pada model sepeda motor Suzuki lainnya. Kepraktisan ditunjang ruang penyimpanan dual inner pocket besar di bagian kompartemen depan.

    Dirinya sudah dibekali LED headlight, sorot cahayanya lebih terang dibanding jenis bohlam. Lalu disediakan port USB untuk mengisi daya smartphone di kompartemen kiri. Bagian pengereman masih mengandalkan rem cakram di depan dan tromol di belakang. Untuk bagian roda sendiri dibekali dengan ban jenis tubeless.

    Bila bosan dengan skutik sporty, varian Nex juga punya yang berpenampilan tualang. Ada Nex Cross. Harganya Rp19,695 juta OTR DKI Jakarta. Bedanya terlihat di bagian setang. Ia tanpa menggunakan cover. Sisanya semua sama.

    Suzuki Address

    Suzuki Address

    Pilihan selanjutnya ada Suzuki Address. Terdiri dari Address FI dan Playfull. Harganya masing-masing Rp18,913 juta dan Rp19,492 juta OTR DKI Jakarta. Serta Address FI Predator Rp19,341 juta. Semuanya identik, baik dari segi spesifikasi dan fiturnya. Yang membedakan hanya dari sisi visual saja.

    Secara dimensi, Suzuki Address lebih tinggi dari kedua produk Honda dan Yamaha. Ground clearancenya 120 mm dan tinggi tempat duduk 755 mm. Meski lebih tinggi, ia masih mudah dijangkau oleh semua pengendara baik wanita maupun pria. Bobotnya juga cuma 97 kg.

    Area dek atau pijakan motornya luas dan besar. Di bagian atasnya, terdapat hook atau cantolan untuk menunjang kepraktisan jika membawa barang belanjaan. Ia juga punya dua kompartemen di dashboard, bisa dipakai meletakkan botol minum. Ia punya bagasi berkapasitas 20,6 liter. Dapat menyimpan berbagai peralatan, seperti jas hujan serta helm full face jenis tertentu.

    Jantung mekanisnya 113 cc, 4-stroke, satu-silinder, air-cooled, SOHC fuel injection. Daya maksimal yang tercantum dalam laman resminya 9,2 hp. Urusan efisiensi bahan bakar Address mampu menempuh jarak lebih kurang 50 km dengan 1 liter bahan bakar. Kapasitas tangkinya menampung 5,2 liter. Jadi dalam sekali pengisian full, ia bisa menjangkau hingga 260 Km. Tentu hasil yang didapat bisa beda-beda, tergantung karakter pengendaranya.

    Playfull ditawarkan lebih mahal karena ketambahan beberapa aksesori dan punya warna lebih atraktif. Tak tanggung-tanggung ada 10 pilihan warna yang ditawarkan Suzuki Indomobil Sales. Sedang buat varian standar punya 5 warna, dua di antaranya berkelir elegan. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Pilihan Skutik Nyaman untuk Touring Akhir Tahun

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
      Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
      Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
    • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
      Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
      Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
    • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
      Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
      Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
    • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
    • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
      Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
      Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
    • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
      Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
      Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
    • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
      Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
      Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
    • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
      Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
      Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
    • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
    • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
      Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
      Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
    • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
      Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
      Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
    • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
      Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
      Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
    • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
      Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
      Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
    • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
      Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
      Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
    • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
    • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
      First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
      Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
    • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
      Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
      Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023