Suzuki Keluarkan Jimny Lite yang Menggiurkan

Suzuki Jimny Lite 2021

Menanggapi antusiasme pasar, Suzuki memperkenalkan varian baru Jimny. Bukan versi lima pintu, tapi varian bawah bernama Jimny Lite. Mobil ini dirakit di pabrik mereka di Jepang dan dipasarkan lebih dulu di Australia sebelum menjamah pasar global.

Seperti yang Anda lihat di foto pada eksterior perbedaan paling kentara adalah penggunaan pelek baja, bukan alloy, warna gelap. Lampu utama tidak lagi mengandalkan proyektor untuk arah pencahyaan dan mengandalkan reflektor biasa. Pendaran LED juga bersalin Halogen. Dihilangkan juga fog lamp (lampu kabut) di pojokan bemper dan spion samping tampil lebih moderat.

Interior Jimny Lite 2021

Pada interior tidak ada fitur layar sentuh untuk infotainment, berganti dengan head unit 2-DIN biasa yang punya kemampuan koneksi Bluetooh. Di bawahnya, kalau Jimny sekarang sudah punya fitur kendali AC digital, Jimny Lite kembali ke analog. Tombol modern berganti kenop putar.

Baca Juga: Awas, beruang ngamuk!

Menurut Suzuki, mesin yang diusung Jimny Lite sama seperti varian diatasnya. Konfigurasi empat silinder dengan kapasitas 1,5 liter. Mampu menghasilkan 101 PS. Mesin ini serupa dengan yang dipakai Ertiga di Inonesia. Gerak empat roda pastinya tetap ada karena ini Jimny, bukan Katana. Yang harus diperhatikan adalah, jangan harap ada transmisi otomatis. Lite hanya hadir dengan transmisi berpedal kopling dan 5-speed.

Suzuki Jimny standar

Nah, dengan segala pengurangan itu apakah Suzuki Jimny varian murah ini justru lebih membosankan? Tidak juga. Bagi mereka yang suka mobil offroad tulen tanpa kosmetik lebay, ini berita bagus. Kedua, untuk mereka yang suka modifikasi simple dan tidak macam-macam tinggal cat peleknya dan ganti ban off-road. Tambah lampu kabut ala mobil rally, selesai.

Bagaimanapun, Jimny Lite sudah punya platform mumpuni untuk jadi 'kanvas kosong' penyuka modifikasi. Terutama mereka yang suka mobil berkemampuan melahap medan non-aspal. Jadi mobil offroad tulen bisa, rally look oke atau offroad polesan yang lebih doyan mejeng di mall juga oke.

Berapa harganya? Suzuki belum merilis. Mereka akan mengumumkannya nanti saat peluncuran ke publik, 1 Agustus 2021. Sekarang mari berharap Suzuki Indomobil mau membawa mobil ini ke tanah air. Penyuka Jimny yang tidak mampu beli sebelumnya pasti akan menyambut dengan antusias, asal harganya masuk. Dan kalau kejadian, semoga saja drama inden Suzuki Jimny yang bikin harganya melambung tidak masuk akal tidak terulang lagi. Jangan lupa juga, Suzuki Jimny sasis panjang bakal diperkenalkan tahun ini. (IND/ID)

Baca Juga: Permintaan tinggi, Toyota Raize 1,2 liter dipercepat kehadirannya

Model Mobil Suzuki

Mobil Suzuki
  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Suzuki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Tren SUV

  • Yang Akan Datang