SYM Jet X 150 Rilis di Malaysia, Cocok Bertarung Lawan Yamaha NMax

SYM Jet X 150

SYM meluncurkan Jet X 150 untuk pasar di Malaysia. Skutik gambot yang dilengkapi segudang fitur dengan gaya sporty dan agresif. Ada dua versi yang ditawarkan yakni Jet X 150 Edisi Standar seharga RM8.888 atau sekitar Rp30 jutaan, sedangkan Edisi Khusus senilai RM9 188 atau sekitar Rp31,8 juta. Bila masuk Indonesia, ia bisa menjadi penantang Yamaha NMax dan Honda PCX 160.

Jet X 150 menawarkan gaya futuristik. Desainnya pun mencerminkan skutik premium. Di beberapa sektor bodi dibumbui sentuhan garis tegas dengan siku tajam. Bagian depan terdapat windshield tinggi nan besar, seperti yang diterapkan pada PCX 160. Di bawahnya terdapat headlamp yang terpisah menjadi dua bagian. Bentuknya mirip kepunyaan Yamaha R25, membuatnya terlihat agresif. Di tiap sisi tameng depan disematkan lampu sein tipis.

Di balik tameng depan terdapat panel instrumen full digital. Beragam informasi dimunculkan dengan varian warna. Begitu juga dengan beberapa lampu indikator. Menariknya, skutik ini sudah ada takometer. Setangnya pakai model telanjang, mirip Honda PCX. Bagian tengah ala maxi scooter, kanan untuk rumah kunci dan sebelah kiri untuk kompartemen. Bila dilihat dari gambar yang berbeda, sebelah kanan sudah mengusung teknologi keyless alias tanpa anak kunci. Pakai model knob standar seperti kepunyaan Vario 150.

Baca Juga: Yamaha XSR 125 Meluncur di Eropa, Lengkapi Line-up Sport Heritage

SYM Jet X 150

Sekilas kalau dari samping, dek tengah mirip dengan campuran Honda ADV 150 dengan PCX 160. Bahan kasar warna hitamnya itu dibuat besar. Bahkan pijakan kaki pengendara dari depan hingga belakang dibikin persis. Sedang footpeg untuk pengendara dirancang bisa dilipat. Secara estetika jadi terlihat rapi. Dan lagi-lagi, komponen itu mengikuti yang diterapkan Honda pada skutik premiumnya. Sedang kursinya pakai model menyatu dengan desain stepped up, dan ketinggian jok tidak terlalu tinggi, yaitu 780 mm.

Buritan mengikuti kontur bagian depan. Dibuat sporty dengan tarikan garis nan tajam. Dibuat terpisah menjadi dua bagian. Masing-masing memakai reflektor bening dengan model serbatajam. Diberikan pula sepatbor kolong untuk menahan cipratan air ke bagian mesin. Knalpot juga dipasangkan cover, menariknya pakai model dual tone.

Untuk jantung pacunya menggendong mesin 149,6 cc berpendingin cairan, dengan injeksi bahan bakar dan pendingin cairan serta sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Dirinya mampu menghasilkan 12,3 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 12 Nm pada 6.000 rpm.

Dari sisi kenyamanan, SYM Jet X 150 dipasangkan shockbreaker teleskopik di bagian depan dan peredam kejut ganda di belakang. Penunjang selanjutnya dibekali dengan sepasang roda berukuran 100/90 ring 14 di depan, dan 110/80 ring 14 belakang. Buat keamanan berkendara, memakai piringan cakram berdiameter 260 di depan yang dijepit dua kaliper dan 220 mm belakang dengan satu kaliper. Menariknya mengadopsi pengereman ganda atau Combi Brake System (CBS), biasanya identik dengan motor besutan dari Honda.

Dalam hal kepraktisan, ia sudah didukung penyimpanan di bawah jok sebesar 18 liter. Bisa memuat helm model half face. Ada pula kompartemen depan sebelah kiri dan tangki bahan bakarnya berkapasitas 7 liter.

Baca Juga: Selain Vespa, Apa Saja Pilihan Produk Piaggio di Indonesia?

SYM Jet X 150

SYM Jet X 150 tipe standar tersedia dengan tiga pilihan warna, yakni kuning, merah dan abu-abu. Untuk Jet X 150 special edition, hanya Chameleon Blue. Kelir ini merupakan andalannya, karena jika terkena sinar matahari, memberikan efek gradasi yang menyenangkan.

Andai SYM Jet X 150 ini masuk Indonesia, bisa dibilang ia merupakan rival terdekat dari Yamaha NMax dan Honda PCX 160. Meski pada akhirnya dia menjadi yang terkecil karena kedua lawannya itu menggendong mesin 155 cc dan 160 cc. Namun kalau dari segi harga, mereka masih terpaut tipis. Yamaha NMax harganya Rp29,8 juta sampai Rp33,8 juta dan Honda PCX 160 Rp30,7 juta hingga Rp34,3 juta. Sedang produk dari Taiwan Rp30,7 juta sampai Rp31,8 juta. Sayangnya belum ada kabar pasti, apakah skutik premium SYM ini bakal masuk ke tanah air atau tidak.

Sedikit informasi, seluruh produk SYM di Indonesia dijual melalui distributor utama atau Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) PT MForce Indonesia. Unit yang telah mengaspal di sini sudah ada Attila Venus 125 cc, Jet 14 168 cc, Joyride 200 cc, GTS New 200 cc, Maxsym 400 dan 600 cc serta Cruisym 300 cc. (Bgx/Odi)

Sumber : Paultan, Ride Apart

Baca Juga: Rumor Yamaha X-Ride Naik Kelas Saingi Honda ADV 150, Seberapa Masuk Akal?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor SYM Unggulan