Honda HR-V membawa teknologi elektrifikasi yang lebih efisien, menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat serta performa lebih responsif. Dengan tiga varian hybrid yang tersedia, yaitu e:HEV sebagai varian dasar yang menggantikan SE, e:HEV Modulo dengan tampilan lebih sporty, serta RS e:HEV sebagai varian tertinggi dengan fitur paling lengkap, Honda memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan.
Honda HR-V e:HEV mengandalkan mesin bensin Atkinson Cycle 1.5-liter DOHC i-VTEC, yang mampu menghasilkan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.500-5.000 rpm. Mesin ini tidak hanya berfungsi sebagai penggerak roda, tetapi juga sebagai pengisi daya baterai untuk sistem hybrid.
Sistem hybrid HR-V e:HEV terdiri dari dua motor listrik terpisah, yaitu motor traksi dan motor generator. Motor traksi bertugas menyalurkan tenaga ke roda serta menjadi sumber pengisian energi selama deselerasi, sementara motor generator terhubung langsung ke mesin bensin dan bekerja sebagai pembangkit listrik tambahan.
Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan tenaga 131 PS pada 4.000-8.000 rpm, dengan torsi puncak 253 Nm yang tersedia sejak kecepatan nol hingga 3.500 rpm. Kombinasi ini memberikan akselerasi yang lebih spontan, sangat berguna untuk berkendara di perkotaan dengan lalu lintas padat maupun perjalanan luar kota yang membutuhkan tenaga lebih besar.
Honda HR-V e:HEV menggunakan konsep electric-first, yang berarti mobil ini lebih sering mengandalkan tenaga listrik, terutama saat melaju dengan kecepatan rendah. Mesin bensin hanya akan aktif saat diperlukan, seperti mengisi ulang baterai atau memberikan tenaga tambahan saat melaju di kecepatan tinggi.
Teknologi hybrid ini didukung oleh baterai lithium-ion, yang memungkinkan efisiensi konsumsi bahan bakar mencapai 25,51 km per liter. Honda mengklaim bahwa HR-V e:HEV dapat menempuh jarak sekitar 1.000 km hanya dengan satu kali pengisian bahan bakar, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan kendaraan hemat energi tanpa mengorbankan performa.
Untuk pengiriman tenaga ke roda depan, Honda menggunakan Electrical Continuously Variable Transmission (E-CVT), yang dirancang khusus untuk mengakomodasi kombinasi output dari mesin bensin dan motor listrik secara optimal. Transmisi ini memberikan perpindahan yang lebih halus dan efisien, memastikan pengalaman berkendara yang nyaman.
HR-V e:HEV juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yaitu Normal, ECON, dan Sport. Mode ECON memberikan efisiensi bahan bakar tertinggi, sementara mode Sport mengoptimalkan tenaga dari motor listrik dan mesin bensin untuk pengalaman berkendara yang lebih dinamis.
Teknologi hybrid pada HR-V e:HEV juga dilengkapi dengan kemampuan regenerative braking, yang memungkinkan mobil mengisi ulang baterai saat deselerasi. Pengemudi dapat mengatur tingkat regenerasi energi menggunakan Deceleration Paddle Selector, yang tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga membuat pengendaraan lebih praktis dan nyaman.
Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan HR-V e:HEV dengan harga yang cukup kompetitif, mengikuti tren pasar saat ini. Berikut daftar harga resmi untuk varian hybrid HR-V di Indonesia (OTR Jakarta):
Dengan kombinasi teknologi hybrid yang lebih efisien, performa yang lebih responsif, serta fitur-fitur modern, Honda HR-V e:HEV menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang ingin beralih ke kendaraan elektrifikasi tanpa kehilangan sensasi berkendara yang menyenangkan. (Hfd)
Baca Juga: Honda HR-V e:HEV Meluncur di Indonesia, Jawaban atas Tren SUV Hybrid
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.