TIPS: Periksa Busi Motor Anda Selama #DiRumahAja

JAKARTA, Motovaganza.com – Selama lebih dua pekan, sebagian besar dari kita bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk mendukung usaha pemerintah mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di lingkungan sekitar. Bagi pecinta otomotif tentu hal ini membuat jari jari kita lebih cepat gatal, karena praktis kegiatan touring, ngoprek dan kumpul komunitas menjadi tertunda.

Oke, boleh saja Anda bersabar dulu karena kegiatan itu tak bisa dilakukan sementara. Tapi bukan berarti selama #workfromhome atau #DiRumahAja tidak ada kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan. Anda masih bisa ngebengkel di rumah. Paling tidak untuk merawat motor kesayangan Anda. Tak butuh peralatan banyak.

Salah satu yang cukup penting untuk diperiksa adalah busi. Bagi pengguna motor tentu relatif lebih mudah karena tidak banyak compartment yang harus dibuka dibandingkan dengan mobil yang lebih banyak extra job.

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka compartment, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat seberapa kerusakan busi kita.

Baca juga: TIPS: Bersih-Bersih Helm Sendiri a la RSV Helmet


Cek Gejala


Busi yang sudah dibuka segera dilakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya. Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa kita lihat secara jelas.

Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi. Kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternative pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya.

Untuk proses membersihkannya juga perlu diperhatikan beberapa hal. Kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja, kemudian di bersihkan menggunakan kain. Jangan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat. Tidak disarankan.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru. Penggunaan busi baru akan membantu kita mengembalikan performa motor. Ujung-ujungnya adalah kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin.

Nah, jaga kesehatan Anda dan selamat mencoba…

Baca juga: TIPS: Lakukan 5 Hal ini untuk Motor yang Lama Tak Terpakai

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda