Seluruh varian Toyota Corolla di Jepang dapat pembaruan. Baik Corolla reguler (sedan), Corolla Touring (wagon) maupun Corolla Sport (hatchback) direvisi. Semua dirombak dari segi visual, mekanis dan kelengkapan fitur. Bahkan di tipe tertentu, menggunakan mesin Dynamic Force 2,0 liter berkode M20A-FKS, yang notabene bakal dipakai oleh Innova Zenix 2023 di Indonesia. Mari bedah satu-persatu.
Bicara harga di Jepang, Corolla dijual mulai 1,99 juta yen hingga 2,998 juta yen (Rp210 jutaan - Rp316 jutaan). Sedangkan Corolla Touring dilego mulai 2,07 juta yen hingga 3,048 juta yen (Rp218 jutaan - Rp322 jutaan). Terakhir, Corolla Sport didagang antara 2,2 juta yen sampai 2,89 juta yen (Rp213 jutaan - Rp305 jutaan).
Dari segi powertrain, ketiganya tetap diberikan opsi hybrid. Terpasang mesin Atkinson-cycle 2ZR-FXE 1,8 liter empat silinder yang menghasilkan 98 PS dan torsi 142 Nm. Namun kini ditambah dengan motor listrik 1VM, lebih bertenaga, berkekuatan 95 PS dan 185 Nm (sebelumnya 53 PS dan 163 Nm). Daya disalur pakai e-CVT ke roda depan.
Corolla sedan dan Corolla Touring juga menerima mesin bensin tiga silinder Dynamic Force 1,5 liter yang disedot secara alami. Enjin ini menggantikan unit 2ZR-FAE 1,8 liter NA empat silinder di model sebelumnya. Powertrain tertanam berkode M15A-FKS. Sama persis seperti di Sienta terbaru serta Yaris dan Yaris Cross. Olah piston ganjil menghasilkan tenaga 120 PS dan 145 Nm. Untuk mengimbangi output dan efisiensi, transmisi Super CVT-i ditukar dengan Toyota Direct Shift-CVT.
Baca Juga: Intip Spesifikasi Mesin Dynamic Force yang Digunakan Toyota Innova Zenix dan Hybrid
Lalu Corolla Sport juga mendapatkan mesin Dynamic Force untuk menggantikan 8NR-FTS 1.2 liter turbocharged empat-pot (116 PS dan 185 Nm). Jantung pacu memakai M20A-FKS baru yang sama dengan milik Innova Zenix kelak. Bervolume 2,0 liter empat silinder, ia sanggup menghasilkan 170 PS dan 202 Nm. Padanannya cuma Direct Shift-CVT. Di mesin turbo sebelumnya tersedia Super CVT-i atau transmisi manual 6-speed (iMT).
Mengenai ubahan tampilan luar. Ketiga model kini menggunakan lampu LED daytime running light yang telah direvisi. Corolla dan Corolla Touring memiliki wajah sama dengan Levin di Cina. Sehingga di tengah kisi-kisi tidak lagi memiliki sisipan sarang lebah. Sebagai gantinya, sekarang ada palang dan bilah horizontal, melintasi intake bawah. Walau begitu, mereka tetap memiliki pesona menarik.
Untuk Corolla Sport, ia menerima apron depan kian ekspresif. Lampu kabut tertanam di setiap sudut, dibarengi sentuhan kromium di tepian. Bagian belakang ketiga model tampak cukup identik dengan sebelumnya. Kecuali beberapa potongan trim baru yang dipasang, bergantung pada grade dipilih.
Pindah ke dalam. Tatanan kabin semua varian Corolla tampak tidak berubah. Tetapi Toyota menunjukkan, sistem infotainment tersedia telah ditingkatkan. Khususnya dalam hal perangkat lunak. Pembeli masih mendapatkan dua ukuran layar sebagai opsional, head unit 8 inci atau 10,5 inci. Namun keduanya sekarang memiliki Apple CarPlay, sambungan nirkabel dan dukungan Android Auto. Lantas Toyota Safety Sense turut disempurnakan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Mengulik Rancang Bangun Toyota Innova Zenix yang Sebentar Lagi Meluncur di Indonesia
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.