Intip Spesifikasi Mesin Dynamic Force yang Digunakan Toyota Innova Zenix dan Hybrid

dynamic force engine

 

KEY TAKEAWAYS

  • Innova Zenix akan memakai mesin M20A-FKS yang juga dipakai Voxy

    Prediksi tenaga untuk non-hybrid sebesar 172 PS dan torsi 205 Nm
  • Generasi terbaru Toyota Innova segera mendebut di Indonesia. Lantaran ia bakal menggunakan platform terbaru TNGA-C. Dipastikan sektor jantung pacu ikut berubah. Tidak lagi mengusung enjin 1TR-FE. Berdasar informasi yang didapat, bagian penunjang performa memakai kode M20A-FKS berkubikasi 1.986 cc. Atau kalau secara global disebut juga sebagai Toyota Dynamic Force engine, seperti milik Voxy.

    Sekadar perbandingan mekanis di model eksis. Medium MPV tujuh kursi ini mengusung 4 silinder 1TR-FE 2,0 liter naturally-aspirated. Mesin mampu menyemburkan tenaga 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi 183 Nm di 4.000 rpm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi otomatis enam kecepatan dengan tipe sekuensial.

    Nah, kalau buat Innova Zenix reguler, mesin pakai M20A-FKS 1.986 cc, 4 silinder, 16 valve, DOHC. Tiap satu silinder disuplai oleh dua injektor. Lewat formulasi baru, terjadi peningkatan tenaga signifikan dibanding model lawas. Kalau mengacu pada mesin itu, rasio kompresi 1:13. Kemudian resultan pembakaran empat piston memberi dorongan torsi puncak sebesar 205 Nm di 4.800 rpm. Sedangkan lonjakan daya tersalur 126 kW (172 PS) sejak 6.600 rpm. Efisiensi termal mencapai 40 persen. Diyakini output tenaga tak berbeda jauh-jauh dari angka tertera. Lantas bagaimana dengan varian hybrid?

    Baca Juga: Mengulik Rancang Bangun Toyota Innova Zenix yang Sebentar Lagi Meluncur di Indonesia

     

    Toyota Innova Zenix

    Masih sama pakai mesin Dynamic Force seri M20A, namun formulasi sedikit berbeda. Volume ruang bakar 1.986 cc, ukuran bore x stroke pun tak beda 80,5 mm x 97,6 mm. Tapi rasio kompresi menjadi 1:14. Lewat sistem pengabutan D-4S, tenaga dihasilkan dari mesin bensin di Innova Zenix Hybrid mungkin berkisar 107 kW (146 PS di 6.000 rpm). Momen puntir maksimal diraih 180 Nm pada 4.400 rpm. Efisiensi termal 41 persen. Ini spesifikasi berdasar Toyota global.

    Distribusi tenaga di seluruh varian, tidak lagi pakai transmisi matik biasa, melainkan CVT ke roda depan alias FWD. Sehingga, meski lebih bertenaga, mesin baru plus struktur rangka TNGA bisa bikin mobil menjadi lebih efisien. Berkaca dari Voxy, konsumsi bensin kombinasi berada di level 15 kilometer/liter. Seharusnya Toyota Innova Zenix (reguler) bisa mengikuti langkah ini. Sebagai catatan tambahan, generasi baru tidak lagi menawarkan transmisi manual lima percepatan. Hanya otomatis semata.

    Pembaruan info lanjutan. Toyota Innova Zenix punya kans besar memakai platform TNGA sama seperti milik Voxy, bukan Corolla Cross. Sehingga jarak sumbu roda semakin panjang, menjadi sekitar 2.850 mm. Banyak faedah punya wheelbase seukuran ini. Sebelumnya Zigwheels sudah menyajikan artikel yang mengulas mengenai rancang bangun kendaraan. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Toyota Innova Zenix Berbasis TNGA Penggerak FWD dan Tanpa Mesin Diesel

    Jelajahi Toyota Kijang Innova

    • Tampak Depan Bawah Toyota Kijang Innova
    • Tampak samping Kijang Innova
    • Lampu depan Kijang Innova
    • lampu belakang Kijang Innova
    • Pelek Kijang Innova
    • Tampak depan medum angle Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
    Rp 369,6 - 471.9 Juta Cicilan : Rp 8,43 Juta

    Model Mobil Toyota

    Mobil Toyota
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Agya
      Toyota Agya

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova dari Carvaganza

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test