Toyota Kenalkan 16 Mobil Listrik untuk Rencana sampai 2030

Akio-Toyoda-1

Presiden Toyota, Akio Toyoda, memberi kejutan besar. Saat acara media briefing soal strategi Battery Electric Vehicle (BEV) di Mega Web, Jepang, ia langsung mengenalkan 16 mobil listrik yang akan dipasarkan. Ya, tidak tanggung-tanggung. Sekaligus menjawab rasa skeptis mengenai keseriusan Toyota dalam perkembangan kendaraan listrik dunia.

Faktanya bukan hanya 16 mobil listrik itu saja yang bakal mengaspal. Direncanakan mencapai 30 BEV keluar hingga 2030 dengan target penjualan global mencapai 3,5 juta unit. Fantastis dan sangat menunjukkan kepercayaan diri tinggi. Bahkan Lexus akan memiliki line-up EV di semua segmen dan bakal menjadi merek mobil listrik di Eropa, Amerika Utara dan Tiongkok. Rencana lebih jauh pada 2035, model Lexus semuanya adalah listrik 100%.

Jadi, apa saja 16 model Toyota yang dikenalkan? Toyoda membagi dalam dua kategori kendaraan. Pertama kendaraan pengurang emisi karbon seperti Hybrid dan PHEV, lalu kendaraan netral karbon yaitu BEV dan FCEV. Namun dalam pengenalan 16 mobil konsep bisa dibagi dalam 3 seri lagi. Ada bZ series yang sudah dimulai oleh Toyota bZ4X, deretan konsep listrik Lexus serta aneka mobil listrik jenis sportscar, komersial dan SUV.

 

Toyota bZ Series

Toyota bZ

Presentasi dibuka lewat pengenalan seri bZ (beyond Zero). Disebut sebagai model listrik dengan harga masuk akal, termasuk di dalamnya bZ4X ditambah 4 model konsep anyar. Semua berlandaskan platform e-TNGA dalam jenis berbeda-beda. Ada compact crossover dengan gaya atap coupe (bZ compact SUV), SUV segmen-B (bZ small crossover) yang dirancang untuk pasar Eropa dan Jepang, Sedan (bZ sdn) penantang Tesla dan SUV 3 baris buat keluarga (bZ Large SUV).

Baca Juga: Armada Ramah Lingkungan Terbaru Taksi Blue Bird Pakai Toyota Prius PHEV

 

Line-up Listrik Lexus

Lexus electric model

Setidaknya ada 4 mobil konsep listrik Lexus dikenalkan. Salah satu paling ditunggu adalah Lexus RZ. Dalam acara itu ia tampil perdana di hadapan publik yang direncanakan mendebut pertengahan 2022. RZ tak lain adalah versi produksi dari konsep LF-Z. Meski terlihat banyak kemiripan dengan Toyota bZ4X karena saling berbagi platform e-TNGA, namun bakal ditenagai penggerak listrik berbeda. Dalam emblem jelas tertera RZ 450e yang tentu punya daya lebih besar dari bZ4X.

Lexus turut menyediakan model lain untuk mengisi segmen SUV dan mobil sport. Sebuah sport car mirip GR Supra juga menyita perhatian. Ini akan menjadi mobil sport performa tinggi. Disebutkan akselerasi 0-100 kpj tidak sampai 2 detik dan daya jelajah sanggup melampaui 700 km. Lainnya terpajang SUV besar dan sebuah coupe 2+2.

 

Ragam EV Toyota dari Berbagai Jenis Kendaraan

Toyota EV

Akio Toyoda berfoto di tengah belasan mobil listrik Toyota mendatang. Deret belakang juga tak kalah menarik diulas. Rangkaiannya terdiri dari berbagai jenis kendaraan sesuai line-up sekarang. Ada mobil sport kompak yang ditengarai sebagai penerus Toyota MR2. Paling kiri tampak pikap mirip Tundra dan Tacoma. Paling atraktif tentu SUV mungil berwarna biru yang gayanya terinspirasi FJ Cruiser.

Lainnya berupa small SUV serupa CH-R dengan tampilan lebih modern. Selain itu ada crossover yang sepertinya untuk mengisi segmen C-SUV. Semakin lengkap sebuah van dan bus ditujukan untuk kebutuhan komersial.

Sebuah pertunjukan spektakuler baru saja disajikan Toyota. Inilah jawaban dan gambaran langsung bagaimana rencana jangka pendek untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik dunia. Untuk mencapai itu semua, pabrikan raksasa Jepang berinvestasi hingga $17,6 miliar untuk memproduksi baterai. Opsi kendaraan ramah lingkungan lain juga masuk rencana, seperti fuel cell dan pengguna bahan alternatif. Pokoknya, Toyota dan Lexus ingin netral-karbon pada 2035. (Odi)

 

Baca Juga: Mazda2 Hybrid 2022 Berbasis Toyota Yaris Debut untuk Pasar Eropa

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang