Triumph Luncurkan Scrambler 1200 Edisi James Bond

LONDON, Motovaganza.com – Agen rahasia James Bond selama ini terkenal dengan tunggangan roda empat. Tapi di film terbarunya “No Time To Die”, Agen 007 itu juga beraksi dengan sepeda motor. Kali ini, bintang utama Daniel Craig (pemeran James Bond) mengendarai Triumph Motorcycles. Untuk merayakannya, pabrikan asal Inggris itu mengeluarkan edisi khusus.

Model yang dilansir adalah Triumph Scrambler 1200. Kali ini motor jangkung itu diberikan sentuhan spesial. Berbeda dari edisi standar, si kuda besi dibubuhi identitas sang agen rahasia. Pengaplikasiannya pun terlihat jelas lantaran angka sekaligus ikon itu, menempati area pada bagian panel bodi samping kiri dan cover knalpot. Kode serupa juga bakal muncul secara digital lewat layar TFT, ketika kontak diputar ke posisi ON.

Tulisan "Bond Edition" dan 007 ditempatkan di beberapa bagian. Sebut saja taper setang dan cover knalpot. Sedangkan pada area buritan jok kulit, ditranslasikan melalui jahitan. Sekilas cuma itu saja sematan khusus pada Triumph Scrambler 1200 Bond Edition. Walau kenyataannya, ada beberapa terapan lain sebagai penunjang kemewahan.

Dimulai dengan pemilihan kelir bodi Sappire Black. Penyelarasan lantas dilakukan lewat pewarnaan senada pada item seperti sepatbor, fork depan, skid plate, grab rail (pegangan jok belakang) hingga swingarm. Tak lupa pengaplikasian unsur gold pada logo Triumph, terutama di mesin. Sedangkan lambang pabrikan lainnya terpampang jelas pada tangki bensin.

Baca juga: Triumph Street Triple R Dapat Update, Dijual Lebih Murah


Mesin


Di bagian itupun terdapat nuansa emas pada list decal penyangga dengkul. Meski tak memiliki porsi banyak, kesan mewahnya cukup proporsional. Terlebih dengan adanya suspensi belakang Ohlins yang jua punya kelir emas. Sementara untuk menggambarkan ketangguhan sang tokoh, dipasangi pula knalpot ganda Arrow dengan kelengkapan caps berbahan karbon fiber.

Ya, diferensiasi tadi cuma terjadi pada area fisik semata. Pasalnya, tak ada ubahan rancang bangun. Semisal sasis, tetap menggunakan model tubular. Termasuk spesifikasi mesin injeksi yang disanggah, berjenis SOHC dua silinder berkapasitas 1.200 cc. Dengan transmisi 6-percepatan, Scrambler 1200 mampu menghasilkan daya 88,7 Hp @7.400 rpm dan torsi maksimal 110 Nm di putaran 3.950 rpm.

Baca juga: Ini Keistimewaan Triumph Tiger 900 Terbaru yang Perlu Anda Ketahui


Suspensi


Tenaganya diimbangi dengan kemampuannya dalam sisi pengendalian. Terlihat dari penggunaan peredam kejut depan milik Showa. Selain berdiameter besar (47 mm), travel suspension-nya juga tinggi, 250 mm. Berpadu apik dengan spesifikasi suspensi belakang Ohlins yang memiliki sistem penyetelan lewat piggy back. Walhasil, motor ini memiliki kapabilitas untuk diajak menerjang medan non-aspal sekalipun.

Sisi teknis memang tak ada ubahan. Meski demikian, Triumph Scrambler 1200 Bond Edition  layak dipinang. Pasalnya, pihak produsen hanya menelurkan sebanyak 250 unit untuk seluruh dunia. Konon, beberapa sumber menyebutkan edisi terbatas ini sudah habis terjual. Padahal harganya mencapai £ 18,500 atau setara Rp 333,6 jutaan. Terpaut lebih dari Rp 100 juta ketimbang Triumph Scrambler 1200 XE dengan banderol £12,300 (sekitar Rp 222 jutaan) di Inggris sana. Sedangkan di Indonesia sendiri varian paling atas Scrambler ini dipatok Rp 545 juta.



Sumber: Triumph Motorcycles

Baca juga OTO: Triumph Scrambler 1200 Edisi James Bond Dirilis Terbatas, Hanya 250 Unit

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda